Comscore Tracker

5 Hal yang Membuat Hubungan Berakhir Tanpa Adanya Penyesalan

Yang penting kamu sudah berusaha mempertahankannya

Kalau memang perpisahan itu tidak bisa dihindari, mau tak mau hubungan harus berakhir demi kebaikan bersama. Dan gak semua hubungan yang berakhir ini meninggalkan luka besar berupa penyesalan, kok. Kenapa bisa seperti itu? Nah, lima hal di bawah inilah yang membuat suatu hubungan bisa berakhir tanpa adanya penyesalan. Simak pembahasannya kalau kamu penasaran, ya! 

1. Hubungan berakhir dengan alasan yang jelas

5 Hal yang Membuat Hubungan Berakhir Tanpa Adanya Penyesalanilustrasi pasangan (pexels.com/RODNAE Productions)

Suatu hubungan bisa saja berakhir tanpa adanya penyesalan jika dilandasi dengan alasan yang jelas. Maksudnya jelas di sini ialah penyebab berakhirnya hubungan tersebut memang benar-benar fatal dan jelas letak masalahnya di mana. 

Karena yang biasanya bikin menyesal itu kalau hubungan berakhir disebabkan kesalahpahaman, atau termakan emosi padahal gak tahu letak masalah utamanya apa. Tapi kalau memang penyebabnya jelas dan memang hubungan tersebut harus diakhiri, rasanya tidak akan ada penyesalan setelah itu. 

2. Kamu telah berjuang maksimal untuk mempertahankannya

5 Hal yang Membuat Hubungan Berakhir Tanpa Adanya Penyesalanilustrasi pasangan (pexels.com/Alex Green)

Hal lainnya yang membuat suatu hubungan berakhir tanpa adanya penyesalan ialah jika kamu telah berjuang semaksimal mungkin untuk mempertahankannya. Dengan kata lain kamu sudah berusaha bersikap dewasa dan mencoba berkompromi dengan permasalahan yang ada, akan tetapi keputusan terbaik memang harus putus. 

Kalau seperti itu kejadiannya tentu tidak ada yang perlu disesali. Karena kamu sudah berjuang dan melakukan apa yang kamu bisa untuk menyelamatkan hubungan yang ada. Sehingga ketika hubungan itu berakhir kamu hanya akan merasa lega dan mengikhlaskan kepergiannya. 

Baca Juga: Jangan Putus Asa, Lakukan 5 Hal Ini saat Hubungan Bertahun-tahun Putus

3. Memang tidak ditakdirkan untuk berjodoh

5 Hal yang Membuat Hubungan Berakhir Tanpa Adanya Penyesalanilustrasi pasangan (pexels.com/Ron Lach)

Berakhirnya sebuah hubungan tidak hanya dikarenakan permasalahan internal saja, akan tetapi juga bisa karena takdir yang tidak mempersatukan. Contohnya seperti adanya perbedaan agama, status terlarang, atau hal-hal yang memang tidak bisa dilanggar dan memang jalan terbaiknya adalah perpisahan. 

Meski rasanya sedih harus berpisah dengan orang yang disayang, tapi dengan penghalang besar yang tidak menakdirkan kalian untuk bersama tentu tidak boleh ada penyesalan di sana. Masing-masing hanya harus move on dan menjalani takdir yang ada dan mengikhlaskan perpisahan tersebut. Karena yang namanya hubungan kan memang tidak bisa dipaksakan. 

4. Kamu sudah berusaha menjadi pasangan terbaik

5 Hal yang Membuat Hubungan Berakhir Tanpa Adanya Penyesalanilustrasi pasangan (pexels.com/Katerina Holmes)

Hal keempat yang membuat suatu hubungan berakhir dengan tanpa adanya penyesalan ialah jika selama hubungan berjalan kamu sudah berusaha menjadi pasangan terbaik. Berusaha mengalah, mengerti keadaan satu sama lain, terbuka, jujur dan setia. 

Kalau kamu sudah sebaik itu namun hubungan tetap berakhir putus maka tidak ada yang perlu disesalkan sebab bukan salahmu dia pergi. Justru jadinya bersyukur karena kamu jadi bisa mencari pasangan yang lebih baik dan membina hubungan dengan dia yang bersyukur memilikimu sebagai pasangan terbaiknya. 

5. Semua perasaan sudah diungkapkan sebelum benar-benar berpisah

5 Hal yang Membuat Hubungan Berakhir Tanpa Adanya Penyesalanilustrasi bicara (pexels.com/Keira Burton)

Tidak bakal ada penyesalan ketika putus hubungan kalau baik kamu maupun dia sama-sama mengungkapkan perasaan sebelum benar-benar putus. Perasaan terdalam tentang kekecewaan, sakit hati, emosi yang terpendam, hingga sedalam apa kalian saling mencintai. 

Putus hubungan dengan keadaan sama-sama terbuka seperti itu membuat perasaan jadi lebih lega dan mudah untuk menerima kenyataan kalau hubungan yang dijalani berakhir. Sehingga mudah juga untuk move on dan menjalani kehidupan masing-masing tanpa membawa penyesalan apa pun dalam hati. 

Satu tanda kedewasaan yang bisa dirasakan adalah dengan tidak adanya penyesalan berarti setelah hubunganmu usai dengan jelas. Tidak ada kebencian dan sama-sama ikhlas. Apakah kamu pernah mengalaminya? 

Baca Juga: Meski Sudah Putus, Tetap Hargai Mantanmu dengan 5 Sikap Ini 

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya