Comscore Tracker

5 Kesalahan Komunikasi yang Buat Pernikahan Jadi Terasa Membosankan

Terlalu kaku dan gak nyambung satu sama lain

Bisa dibilang, hal utama dari suatu hubungan terletak pada komunikasi. Kalau komunikasinya baik dan tepat, maka hubungan pun bakal terasa menyenangkan dan hidup. Sebaliknya, kalau komunikasi dengan pasangan buruk maka hubungan akan terasa membosankan. 

Hubungan pernikahan pun juga bisa terasa boring kalau komunikasi dengan pasangan gak dilakukan dengan tepat, lho. Terutama kalau melakukan kesalahan-kesalahan yang membuat komunikasi dengan pasangan jadi kaku dan membosankan, seperti pada lima poin berikut ini.

1. Berkomunikasi hanya untuk membicarakan hal-hal penting saja

5 Kesalahan Komunikasi yang Buat Pernikahan Jadi Terasa Membosankanilustrasi pasangan mengobrol (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Kesalahan pertama yang buat komunikasi dalam pernikahan terasa membosankan ialah kalau kamu dan pasangan hanya berbicara untuk hal yang penting saja. Misalnya, kalian akan saling berkomunikasi jika menyangkut masalah keuangan, pekerjaan, atau bahkan urusan terkait anak. 

Cara berkomunikasi yang seperti ini membuat hubungan jadi terasa kaku dan terkesan formal. Itulah kenapa akibatnya lama-kelamaan pasti bakal merasa bosan pada satu sama lain. 

2. Sama-sama cuek dan gak suka berinisiatif memulai pembicaraan

5 Kesalahan Komunikasi yang Buat Pernikahan Jadi Terasa Membosankanilustrasi pasangan saling cuek (pexels.com/Cottonbro)

Kesalahan kedua dalam komunikasi yang juga membuat pernikahan jadi terasa membosankan adalah kalau baik kamu dan juga pasangan sama-sama cuek. Gak sekedar cuek saja, tapi juga terkesan acuh dan malas berinisiatif memulai pembicaraan. 

Biasanya, hal ini terjadi ketika suami dan istri sama-sama memiliki kesibukan masing-masing yang padat. Jadi gak heran kalau untuk ngobrol saja mungkin gak ada waktu, dan kalau di rumah hanya sibuk sendiri-sendiri tanpa adanya komunikasi yang hangat. 

Baca Juga: 5 Tips Lindungi Hubungan dari Perselingkuhan Hati, Bangun Komunikasi!

3. Cara berkomunikasinya gak nyambung

5 Kesalahan Komunikasi yang Buat Pernikahan Jadi Terasa Membosankanilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Vera Arsic)

Kesalahan komunikasi yang ketiga adalah antara kamu dan pasangan komunikasinya gak nyambung. Entah itu karena tingkat wawasannya yang berbeda atau memang gak bisa membangun komunikasi yang baik satu sama lain. 

Jadinya, ruang lingkup komunikasi dalam pernikahan pun jadi terbatas dan membosankan. Misalnya, dia ingin membicarakan topik terkait pekerjaannya, tapi kamunya gak paham dan gak nyambung dengan pembahasan itu. Begitu juga denganmu yang ketika ingin membahas sesuatu, tapi pasanganmu gak ngerti sama apa yang kamu bahas. Alhasil, kalian pun jadi sama-sama memendam itu sendirian.

4. Terlalu sering melakukan silent treatment kalau ada masalah

5 Kesalahan Komunikasi yang Buat Pernikahan Jadi Terasa Membosankanilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/RODNAE Productions)

Entah sadar atau tidak, silent treatment itu perlakuan yang sangat kejam karena menyiksa batin orang dengan mendiamkannya. Hal inii bisa membuat komunikasi dalam pernikahan jadi rusak dan lama kelamaan membosankan. 

Sebab sering melakukan silent treatment kalau lagi bad mood atau ada masalah, baik kamu dan dia jadi terbiasa saling mendiamkan satu sama lain. Logikanya, kalau sudah seperti itu rasanya mustahil mau membangun komunikasi yang sehat dan menyenangkan. 

5. Terlalu memaksakan diri untuk asyik justru jadinya garing

5 Kesalahan Komunikasi yang Buat Pernikahan Jadi Terasa Membosankanilustrasi pasangan ngobrol (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Terakhir, kesalahan komunikasi yang kelima adalah kalau baik kamu maupun pasangan terlalu memaksakan diri untuk bisa ngobrol asyik. Padahal segala suatu hal yang dipaksakan itu pasti gak baik, begitu juga dengan obrolan yang bukannya asyik, tapi malah jadi "garing". 

Kalau kesannya sudah garing dan membosankan, rasanya pasti malas untuk melanjutkan pembicaraan lebih panjang. Pernikahan yang seperti ini bisa dibilang cukup jenuh untuk dijalani karena terasa kosong dengan komunikasi sekedarnya. 

Itulah lima kesalahan komunikasi yang bikin pernikahan jadi terasa membosankan. Jadi kalau gak mau pasanganmu jenuh, hindari melakukan lima kesalahan tadi, ya. 

Baca Juga: 5 Tanda Kurangnya Komunikasi dalam Hubungan, Cepat Perbaiki!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya