Comscore Tracker

5 Risiko Pacaran dengan Pasangan Rendah Diri, Batinmu Bisa Lelah

Dia tetap saja insecure dan pesimis walaupun kamu support

Rendah diri adalah perasaan di mana seseorang kehilangan kepercayaan dirinya dan cenderung merendahkan diri sendiri atas apapun yang ia miliki dan lakukan. Bahkan memberikan dukungan dan pujian tidak lantas bisa menghilangkan rendah diri seseorang. 

Lalu bagaimana jika kamu menjalin hubungan dengan seseorang yang rendah diri? Terlepas dari cintamu padanya, menghadapi pasangan yang rendah diri mungkin akan terasa melelahkan terutama secara batin. Dan berikut ini adalah beberapa risiko yang mungkin kamu alami dalam hubungan. 

Baca Juga: 5 Risiko Memiliki Kemampuan Problem Solving yang Rendah

1. Selalu insecure dan membandingkan dirimu dengan dia

5 Risiko Pacaran dengan Pasangan Rendah Diri, Batinmu Bisa Lelahilustrasi argumen (pexels.com/Budgeron Bach)

Salah satu risiko pacaran dengan pasangan rendah diri ialah harus menghadapi kepercayaan dirinya yang minim. Yang mana hal itu bisa membuatnya selalu merasa insecure dan mungkin sering membandingkan dirinya denganmu. 

Bukan karena dia membencimu dan ingin kamu menurunkan kualitas diri, tapi hal itu karena rendah dirinya yang membuatnya jadi iri dengan orang lain. Dia bangga memilikimu, tapi juga tidak bisa menahan rasa insecure-nya terhadap diri sendiri. 

2. Dimotivasi ngeyel dan pesimis

5 Risiko Pacaran dengan Pasangan Rendah Diri, Batinmu Bisa Lelahilustrasi argumen (pexels.com/Cottonbro)

Risiko lainnya saat berhubungan dengan pasangan rendah diri ialah harus tahan menghadapinya yang keras kepala. Keras kepala dalam artian selalu "ngeyel" kalau disemangati, dan akibatnya tak bisa lepas dari sifat pesimis. 

Seseorang merasa rendah diri karena tidak ada bagian dari dirinya yang membuatnya bangga, alias minim apresiasi. Itulah kenapa saat kamu semangati dan beri motivasi pun tidak membuatnya bangkit, karena di pikirannya sudah melekat bahwa dirinya tidak bisa apa-apa atau tidak berguna. 

Baca Juga: 5 Risiko Memiliki Harga Diri Rendah, Rentan Stres

3. Pikirannya dipenuhi kecurigaan dan prasangka buruk

5 Risiko Pacaran dengan Pasangan Rendah Diri, Batinmu Bisa Lelahilustrasi pasangan (pexels.com/RODNAE Productions)

Orang yang rendah diri itu umumnya tidak percaya diri, dan dampak dari insecure adalah memancing timbulnya pikiran negatif. Jadi kamu yang pasangannya rendah diri, Siap-siap menghadapinya yang mungkin sering curiga dan berprasangka. 

Ketika kamu sibuk dan tidak bisa mengabarinya, atau ketika kamu dekat dengan lawan jenis lain, mungkin dia akan berprasangka buruk padamu. Dan jika orang rendah diri seperti itu, biasanya bakal lebih sulit untuk diyakinkan kalau prasangka dan kecurigaannya itu salah. 

4. Cemburu buta kalau kamu interaksi dengan lawan jenis lain

5 Risiko Pacaran dengan Pasangan Rendah Diri, Batinmu Bisa Lelahilustrasi pasangan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Risiko lainnya kalau pacaran dengan seseorang yang rendah diri ialah kamu harus jaga jarak dengan teman lawan jenis. Karena dia akan lebih mudah insecure dan berpikiran macam-macam ketika melihat perhatianmu teralihkan pada orang lain. 

Karena dasarnya rendah diri, dia jadi selalu merasa tersaingi dan tidak cukup baik untukmu. Sehingga melihatmu dekat dengan yang lain dia jadi takut dirinya tergantikan, dan tentu saja hal itu jadi membuatnya cemburu buta dengan siapa saja. 

5. Menyangkal pujian yang kamu beri

5 Risiko Pacaran dengan Pasangan Rendah Diri, Batinmu Bisa Lelahilustrasi pasangan bicara (pexels.com/SHVETS production)

Orang yang paling sulit menerima pujian dan apresiasi adalah orang yang rendah diri. Yang mana karena dia tidak bangga atas dirinya dan cenderung selalu merasa kurang, dia jadi sulit menerima pujian dari orang lain. 

Hal ini mungkin membuat batinmu lelah, yang mana meskipun niatmu tulus dan benar-benar memujinya, tapi malah menyangkal seolah-olah hal yang kamu kagumi dari dirinya itu salah. Padahal sebagai pasangan tentu kamu ingin memuji dan mengapresiasi pencapaian serta kerja kerasnya, kan. 

Intinya, kamu harus bisa sabar dan tahan batin jika menjalin hubungan dengan pasangan yang rendah diri. Jadilah pasangan yang suportif dan membuat kepercayaan dirinya meningkat sedikit demi sedikit, walaupun mungkin tidak akan mudah untuk itu. 

Baca Juga: 4 Fakta Soal Tembakau Dipanaskan yang Diklaim Rendah Risiko

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya