Comscore Tracker

5 Sikap Childish yang Pantang Dilakukan Saat LDR, Bikin Cepat Putus

Pasanganmu gak bakal betah kalau kamu gak bisa dewasa

Dibanding hubungan yang biasa, hubungan jarak jauh lebih sulit dijalani karena saling berjauhan. Kedua belah pihak harus bisa dewasa dalam menyikapi berbagai hal bersama, atau hubungan akan cepat retak dan putus jika ada salah satu yang childish.

Pokoknya sebisa mungkin jauhi sikap childih saat LDR dengan pasangan, seperti banyak menuntut, drama, silent treatment saat marah dan lain-lannya. Untuk lebih jelasnya simak lima poin di bawah ini tentang sikap childish yang pantang dilakukan saat LDR. 

1. Minta selalu dikabari setiap waktu

5 Sikap Childish yang Pantang Dilakukan Saat LDR, Bikin Cepat Putusilustrasi marah (pexels.com/Alex Green)

Sikap childish pertama yang pantang dilakukan saat LDR ialah kalau minta selalu dikabari setiap waktu. Memang benar bahwa komunikasi dan memberi kabar itu sangat penting ketika menjalin hubungan jarak jauh, tapi bukan berarti dituntut mengabari sepanjang waktu juga.

Karena kita semua tahu kalau baik kamu dan juga pasangan sejatinya sama-sama punya kesibukan. Jadi gak dewasa banget kalau menuntut dikabari setiap waktu, mengganggu pekerjaan dan bikin pasangan lama-lama capek. 

2. Mancing drama setiap kali ada celah atau masalah

5 Sikap Childish yang Pantang Dilakukan Saat LDR, Bikin Cepat Putusilustrasi video call (pexels.com/Alex Green)

Sikap childish lainnya yang pantang dilakukan saat LDR dengan ialah kerap memancing drama setiap kali ada celah ataupun masalah. Pokoknya mau itu masalah kecil ataupun besar selalu kamu perpanjang sampai jadi drama.

Kamu harus sadar kalau hubungan di dunia nyata itu berbeda dengan di film, yang mana kalau kita kebanyakan drama yang ada malah ditinggal karena bikin pasangan capek. Makanya childish banget kalau ada celah sedikit malah memancing timbul drama. 

Baca Juga: 5 Cara Bersikap Dewasa Saat LDR dengan Pasangan, Support Kariernya!

3. Jadi pihak pasif yang menuntut pasangan untuk effort

5 Sikap Childish yang Pantang Dilakukan Saat LDR, Bikin Cepat Putusilustrasi pria (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Hubungan sejatinya dijalani oleh dua orang, jadi sudah semestinya yang berjuang juga dua orang. Sehingga termasuk sikap kekanakan kalau kamu menuntut pasangan berusaha sendirian sedangkan kamu sendiri menjadi pihak pasif.

Misalnya, kamu menuntut dia yang harus datang ke tempatmu karena kalian LDR, mengumpulkan uang sendiri untuk biaya nikah, harus selalu mengerti dan hal-hal lainnya. Tuntutan seperti ini tidak akan membuat hubungan jarak jauh bertahan lama, karena ketika yang effort cuma satu pihak lama-lama jadi toxic dan bikin capek dirinya sendiri. 

4. Melakukan silent treatment setiap kali ada masalah atau kesalahan

5 Sikap Childish yang Pantang Dilakukan Saat LDR, Bikin Cepat Putusilustrasi sedih (pexels.com/Karolina Grabowska)

Melakukan silent treatment setiap kali ada masalah dan kesalahan juga termasuk sikap kekanakan yang pantang dilakukan saat LDR. Kenapa? Karena ketika kalian berjauhan dan kamu sengaja mendiamkannya, yang ada malah komunikasi kalian terhenti dan menimbulkan salah paham.

Janganlah kekanakan seperti itu, bicarakan saja semua hal yang dirasa mengganjal di hati agar clear bagi kedua belah pihak. Karena sudah meluruskannya kalau menjalani hubungan LDR, lama-lama bisa bikin dia hambar kalau kamu kebanyakan diam saat ada masalah. 

5. Sering mengeluh

5 Sikap Childish yang Pantang Dilakukan Saat LDR, Bikin Cepat Putusilustrasi pria menelepon (pexels.com/RODNAE Productions)

Pasanganmu bukanlah orangtua yang bisa sabar mendengarkan semua keluhanmu, sehingga menjadi salah kalau kamu sering dan banyak mengeluh pada pasangan saat LDR. Meskipun mencintaimu, tapi dia juga punya hidupnya sendiri dan tidak bisa selalu mendengarkan keluhanmu tentang setiap harinya.

Selain itu suasana dalam hubungan juga bakal jadi gak nyaman kalau kamunya banyak mengeluh. Yang tadinya bisa berbagi cerita lucu dan pengalaman sehari-hari, malah jadi harus selalu menyemangatimu yang suka mengeluh.

Intinya kalau mau bertahan lama menjalani LDR jangan melakukan sikap kekanakan seperti tadi. Karena yang ada malah bikin hubungan terasa tidak nyaman, capek, dan penuh drama. 

Baca Juga: 7 Ide Menjadikan LDR Tetap Asyik, Jarak Bukan Masalah Berat!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya