Comscore Tracker

5 Tanda Pasangan Belum Benar-benar Nyaman untuk Terbuka Denganmu

Biasanya terjadi saat awal-awal pacaran

Menjalin hubungan dan memiliki pasangan berarti kamu punya teman untuk berbagi cerita dan peneman untuk melawati hari-hari dengan kehadirannya di sisimu. Bahkan pasangan kerap menjadi teman curhat favorit bagi sebagian besar orang, bercerita tentang apa saja sampai ke hal sepele sekalipun.

Namun tidak semua orang bisa langsung terbuka pada pasangannya, ada yang butuh waktu, ada juga yang memang belum benar-benar nyaman untuk membuka diri. Kalau pasanganmu termasuk tipe yang kedua, maka ketidak nyamanannya itu sebenarnya bakal terlihat dari sikapnya ketika bersamamu. Yang mana lima tanda di antaranya ada di bawah ini, jadi perhatikan baik-baik, ya.

1. Dia enggan membahas masalahnya denganmu

5 Tanda Pasangan Belum Benar-benar Nyaman untuk Terbuka Denganmuilustrasi pasangan (pexels.com/Keira Burton)

Ketidak nyamanan pasangan untuk terbuka padamu bisa dilihat dari bagaimana dia enggan untuk membahas masalahnya denganmu. Kamu tahu dia sedang ada masalah ketika terlihat murung dan melamunkan sesuatu, namun ketika dia berat saat diminta untuk cerita padamu tentang hal itu maka bisa dibilang dia belum nyaman untuk terbuka sepenuhnya padamu.

Bukannya gak sayang, akan tetapi dia butuh waktu untuk merasa aman dan nyaman denganmu, karena sebagian orang menetapkan batas untuk privasi kehidupan pribadinya dan menghilangkan itu butuh waktu.

2. Ada batasan besar yang ia terapkan ketika resmi pacaran

5 Tanda Pasangan Belum Benar-benar Nyaman untuk Terbuka Denganmuilustrasi pasangan (pexels.com/Alex Green)

Tanda lainnya bahwa pasanganmu belum benar-benar nyaman untuk terbuka ialah jika ia menetapkan batasan yang besar di antara kalian ketika resmi pacaran. Mungkin dia tipe orang yang tertutup, atau memang tidak terbiasa dan tidak suka jika urusan hidupnya diikut campuri.

Kalau pasanganmu seperti ini sebenarnya masih bisa ditangani dengan membicarakannya baik-baik serta sabar menunggunya untuk mau tebruka padamu.

Baca Juga: 5 Alasan Pasangan yang Tak Percaya Diri Justru Cemburuan dan Posesif

3. Selalu meminta waktu untuk sendiri ketika mengalami kesulitan

5 Tanda Pasangan Belum Benar-benar Nyaman untuk Terbuka Denganmuilustrasi murung (pexels.com/Liza Summer)

Ketika pasangan selalu meminta waktu untuk sendiri ketika mengalami kesulitan atau masalah, hal itu bisa jadi karena dia lagi butuh tenang, tapi di sisi lain bisa menunjukkan kalau dia memang belum nyaman saja untuk terbuka padamu.

Karena kalaupun bercerita padamu dia tidak yakin merasa tenang dan lega, intinya kamu belum menjadi tempat ternyamannya untuk berkeluh kesah. Hal ini biasa terjadi di awal hubungan dimana antara satu sama lain masih saling menyesuaikan diri dan belum bisa sepenuhnya terbuka.

4. Lebih bebas berdiskusi berbagai hal dengan orang lain

5 Tanda Pasangan Belum Benar-benar Nyaman untuk Terbuka Denganmuilustrasi bicara (pexels.com/SHVETS Productions)

Kalau pasanganmu merasa lebih bebas berdiskusi berbagai hal dengan orang lain maka itu juga merupakan tanda kalau dia sebenarnya belum benar-benar terbuka padamu. Karena masih ada rasa segan dan tidak mau terlalu mengekspos dirinya di depanmu, mungkin maksudnya jaga image atau memang sudah terbiasa ngobrol banyak dengan orang lain.

Namun, kalau memang seperti ini masih bisa ditangani yaitu dengan mengajaknya bicara secara mendalam tentang keinginanmu untuk dia yang lebih terbuka, jadi dia pun tahu jika kamu mau menjaid teman bicaranya.

5. Jarang menceritakan tentang kehidupan pribadinya padamu

5 Tanda Pasangan Belum Benar-benar Nyaman untuk Terbuka Denganmuilustrasi pasangan menatap (pexels.com/Katerina Holmes)

Tandanya yang terakhir ialah jika sejak awal menjalin hubungan sampai dengan sekarang dia jarang banget menceritakan tentang kehidupan pribadinya padamu. Mungkin baginya hal itu tidak begitu penting untuk dibahas, sudah terbiasa tertutup, tidak mau menambah beban pikiranmu, atau belum nyaman untuk bebas bercerita tentang apa saja.

Kalau pasanganmu seperti ini jangan banyak menuntutnya, ya. Beri dia waktu untuk nyaman dengan kehadiranmu di hidupnya dan dia pun pasti akan terbuka dengan sendirinya nanti.

Ada banyak sekali tanda dan alasan kenapa pasanganmu belum merasa nyaman untuk terbuka. Tapi terlepas dari bagaimanapun sikapnya, kamu harus sabar dan cobalah bicarakan baik-baik dengannya, ya. Supaya dia tidak takut dan bisa merasa bebas untuk terbuka tentang apa saja padamu.

Baca Juga: 5 Sikap Tunjukkan Kamu Sudah Gak Percaya Lagi pada Pasangan, Evaluasi!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya