Comscore Tracker

5 Tanda Pasanganmu Berpotensi Abusive, Kasar dan Temperamental

Lebih baik putusin demi menjaga dirimu sendiri!

Pasangan abusive adalah tipe pasangan toxic yang harus dihindari dalam menjalin hubungan. Tidak hanya kasar pada perkataan dan sikapnya, tipe pasangan seperti ini juga biasanya melakukan kekerasan yang menyerang fisik dan mental. 

Tidak hanya mendominasi sepenuhnya di dalam hubungan, kamu juga tidak akan pernah tenang dan merasa aman ketika berada di dekatnya terasa seperti ancaman. Ada beberapa tanda yang bisa kamu lihat untuk mengenali pasangan yang berpotensi abusive, dan berikut ini adalah lima tanda di antaranya. Simak baik-baik, ya! 

1. Terlalu dominan terhadapmu dalam hubungan

5 Tanda Pasanganmu Berpotensi Abusive, Kasar dan Temperamentalilustrasi bertengkar (pexels.com/Timur Weber)

Tandanya yang pertama kalau pasanganmu berpotensi abusive ialah dirinya terlalu dominan dalam hubungan. Yang mana saking dominannya, dia juga yang memegang kuasa penuh atas segala keputusan dan mengatur hidupmu. 

Dominasi yang tinggi adalah karakteristik dari seorang yang biasa ditunjukkan seorang abusive, karena dia ingin menaklukkan orang lain dan berkuasa. Kamu harus hati-hati dan jangan pasrah saja ketika didominasi olehnya. 

2. Tak pernah memikirkan perasaan dan kesehatanmu

5 Tanda Pasanganmu Berpotensi Abusive, Kasar dan Temperamentalilustrasi sedih (pexels.com/Gustavo Fring)

Tanda kedua kalau pasanganmu berpotensi abusive ialah jika dia tidak pernah memikirkan perasaan dan kesehatanmu. Yang mana hal ini terlihat ketika dia tidak peduli ketika kamu sedih dan sedang emosional, pun juga acuh ketika kamu mengeluh sakit. 

Kenapa hal ini menjadi tanda dari pasangan yang abusive? Karena orang yang kasar dan suka menyiksa orang umumnya tak peduli akan perasaan dan kondisi korbannya. Bisa dibilang sebagai cikal bakal untuk menjadi seorang yang kasar ke depannya. 

Baca Juga: 5 Cara Melepaskan Diri dari Pasangan Abusive, Kuatkan Mentalmu 

3. Kalau bertengkar perkataan dan sikapnya cenderung kasar

5 Tanda Pasanganmu Berpotensi Abusive, Kasar dan Temperamentalilustrasi kekerasan (pexels.com/MART PRODUCTION)

Hal yang sudah pasti menjadi tanda kalau pasanganmu berpotensi abusive ialah sikap dan perkataannya cenderung kasar. Mulai dari memaki, menyudutkan, menghakimi, hingga melakukan tindakan kasar seperti mendorong atau kekerasan kecil lainnya. 

Meskipun yang dilakukannya saat ini mungkin tidak terlalu menyakitimu, tapi jangan anggap sepele. Karena kekerasan fatal bisa saja berawal dari kekerasan dan sikap kasar yang ringan pada awalnya. 

4. Memiliki emosi terlalu temperamental

5 Tanda Pasanganmu Berpotensi Abusive, Kasar dan Temperamentalilustrasi emosi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kalau sejak awal pacaran sudah kelihatan kalau dia cenderung temperamental ketika sedang emosi, maka itu juga tanda adanya potensi untuk jadi abusive. Karena perilaku kasar dengan melakukan kekerasan biasanya dipicu emosi yang tak stabil. 

Yang mana ada kesalahan sedikit dia langsung marah, bertindak impulsif melampiaskan emosinya, hingga merusak barang-barang. Hanya menunggu waktu hingga tindakan kasarnya itu berkembang menjadi kekerasan terhadap pasangan. 

5. Memperlakukan lawan jenis lain dengan buruk

5 Tanda Pasanganmu Berpotensi Abusive, Kasar dan Temperamentalilustrasi stres kerja (pexels.com/Yan Krukov)

Kalau kamu pernah dengar dari orang sekitarnya tentang dia yang memperlakukan lawan jenis lain dengan buruk, maka itu juga salah satu pertanda. Misalnya saja dia kasar terhadap teman lawan jenisnya, rekan kerja, atau bahkan orang asing. 

Orang yang memang pribadinya baik tidak akan bertindak seperti itu, yang mana itu berarti sudah menjadi bawaan dirinya untuk bersikap kasar. Dan jika pada orang lain saja dia sanggup bersikap seperti itu, apalagi padamu suatu saat nanti jika dia mungkin merasa muak dan marah. 

 

Menjalin hubungan dengan pasangan abusive adalah mimpi buruk, karena fisik dan mentalmu bakal tersiksa. Maka dari itu jika melihat tanda-tandanya, segera putus hubunganmu! 

Baca Juga: 5 Penyebab Orang Sulit Keluar dari Hubungan yang Abusive, Kenali!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya