Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kita Harus Berani Berkata "Tidak" pada Orang Lain

Memprioritaskan diri sendiri bukanlah sebuah tindakan egois

Di antara kita, pasti ada yang punya sifat tidak tega untuk menolak sesuatu karena takut menyakiti. Namun, kadang hal seperti itu malah berdampak negatif kepada diri kita sendiri, lho. Kadang, kamu pun perlu memprioritaskan diri sendiri ketimbang orang lain.

Lalu, apa saja alasan mengapa kita harus berani berkata "tidak" kepada orang lain? Yuk, simak artikel di bawah ini!

1. Pembagian waktumu kurang baik

5 Alasan Mengapa Kita Harus Berani Berkata Tidak pada Orang Lainpexels/Canva Studio

Mengatakan "tidak" artinya kita mengetahui batasan kita sampai mana. Di saat memenuhi keinginan orang lain, kadang membuat kita mesti memberikan sebagian waktu kita.

Memang, tidak ada salahnya kita membantu orang lain. Namun, kadang pembagian waktu yang kita buat tidak berjalan dengan baik, bahkan lebih banyak waktu untuk membantu orang lain ketimbang untuk diri sendiri.

2. Hasil pekerjaan tidak maksimal

5 Alasan Mengapa Kita Harus Berani Berkata Tidak pada Orang Lainpexels/energepic

Memenuhi permintaan orang bisa berdampak pada kualitas pekerjaan diri kita sendiri, lho! Itu karena pembagian waktu yang tidak seimbang. Jika terus-menerus tidak maksimal dalam suatu pekerjaan, kita akan dicap sebagai orang yang tidak konsisten dan kompeten.

Baca Juga: Ingin Dianggap Dewasa? Jangan Pelihara 5 Sifat Buruk Ini Lagi!

3. Kita berhak untuk memprioritaskan diri sendiri

5 Alasan Mengapa Kita Harus Berani Berkata Tidak pada Orang Lainpexels/bruce mars

Semua orang pasti memiliki target pencapaian. Tidak ada yang salah untuk memperjuangkan hal tersebut. Ketika seseorang meminta kita berkorban, bahkan menghambat target pencapaian, kita berhak untuk menolaknya. Dengan berkata "tidak", kita sudah berkonsentrasi pada hal yang benar-benar penting.

4. Tidak semua orang meminta bantuan dengan niat yang baik

5 Alasan Mengapa Kita Harus Berani Berkata Tidak pada Orang Lainpexels/Nathan Cowley

Mereka yang sepanjang waktu memaksa kita untuk berkata "ya" bukanlah sosok yang tepat untuk kita bantu keinginannya. Kita semua pasti pernah merasakan hanya dimanfaatkan dan akhirnya menyisakan penyesalan dan amarah.

Cobalah katakan "tidak" untuk hal-hal berisiko yang membuat kita tidak bahagia dan nantinya hanya akan menyiksa diri sendiri.

5. Tidak konsistensi terhadap prioritas

5 Alasan Mengapa Kita Harus Berani Berkata Tidak pada Orang Lainidealintroductions.com.au

Saat terlalu banyak berkata "ya" pada permintaan orang lain, kita bisa saja tidak akan dipercayai lagi oleh orang lain karena tidak maksimal dalam menjalani sesuatu. Oleh karena itu, kita mesti memprioritaskan sesuatu agar tidak ada tumpang tindih dalam kegiatan yang kita jalani.

Itulah dampak negatif yang bisa dijadikan alasan untuk kita berkata "tidak" pada orang lain. Hal ini dapat membangun karakter kita dan juga untuk meminimalkan sifat tidak tegaan yang kita miliki.

Baca Juga: Hati-hati, Bangga Berlebihan Bikin Kamu Punya 5 Sifat Buruk Ini

Ahsan Nurrijal Photo Community Writer Ahsan Nurrijal

Writer from Universitas Padjadjaran, IG: ahsan_nurrijal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You