Comscore Tracker

5 Tips Jitu Mempertahankan Pertemanan yang Langgeng dan Sehat

Jadwalkan pertemuan rutin dan jangan suka dramatis guys

Pertemanan yang sehat termasuk salah satu aset berharga yang harus kamu jaga keberadaannya. Karena tipe pertemanan yang seperti ini bukan hanya menghibur hati dengan canda tawa, tapi juga bisa melengkapi hidup agar lebih bermakna. 

Kamu yang sudah beruntung memiliki pertemanan yang sehat patut bangga dan bertekad untuk terus menjaganya. Berikut ini lima tips jitu mempertahankan pertemanan yang langgeng dan sehat!

1. Mengadakan pertemuan rutin

5 Tips Jitu Mempertahankan Pertemanan yang Langgeng dan Sehatunsplash.com/@austindistel

Pertemuan akan selamanya menjadi pengerat hubungan pertemanan. Gak akan seru cerita tanpa pertemuan langsung. Maka dari itu penting hukumnya mengadakan pertemuan rutin pada setiap jadwal yang telah ditentukan bersama. Bisa setiap beberapa minggu sekali atau beberapa bulan jika terlalu sibuk dan berada di lokasi yang berbeda-beda.

2. Sesekali liburan bersama

5 Tips Jitu Mempertahankan Pertemanan yang Langgeng dan Sehatunsplash.com/@tonywang7

Setelah sibuk dengan urusan masing-masing pertemuan bareng teman rasanya gak cukup cuma beberapa jam saja. Untuk memuaskan rasa ingin bercerita dan mengukir memori baru, sesekali kamu dan teman-teman perlu pergi liburan bersama. Rencanakan waktu liburan dari jauh-jauh hari agar bisa menabung dan gak cuma sekadar wacana.

Baca Juga: Ternyata, Ini 5 Efek Berteman dengan Lawan Jenis hingga Level Nyaman 

3. Menyempatkan waktu berkomunikasi

5 Tips Jitu Mempertahankan Pertemanan yang Langgeng dan Sehatunsplash.com/@anthonytran

Berkomunikasi juga termasuk cara mengeratkan hubungan pertemanan yang langgeng dan sehat. Ini akan mengantisipasi masalah yang terlanjur parah karena lupa dibahas. Sempatkan untuk bisa chatting, telfon atau videocall bersama teman-teman minimal seminggu atau dua minggu sekali ya.

4. Menghindari memendam dan mengungkit masalah

5 Tips Jitu Mempertahankan Pertemanan yang Langgeng dan Sehatunsplash.com/@priscilladupreez

Pertemanan yang langgeng dan sehat tidak akan terwujud bila masih ada kebiasan memendam dan mengungkit masalah. Dua hal ini merupakan kebiasaan buruk yang secara tidak disadari ampuh merusak pertemanan. Pilihannya hanya dua, melupakan dan mengikhlaskan atau membicarakannya secara baik-baik tanpa memancing keributan.

5. Gak bersikap drama dan meributkan hal yang gak penting

5 Tips Jitu Mempertahankan Pertemanan yang Langgeng dan Sehatunsplash.com/@kylielugo

Pertemananmu akan berubah jadi toksik jika membiarkan salah satu atau beberapa orang di dalamnya bersikap drama dan suka meributkan hal yang gak penting. Jika memang ada dan susah diberi tahu untuk tidak bersikap seperti itu, maka yang lain harus bisa mengimbangi dan menganggap wajar bila ada hal yang kurang menyenangkan. 

Pertemanan yang langgeng dan sehat gak cuma jadi pendamping lika-liku kehidupanmu, tapi juga menjadi bagian penting yang membawa cerita dan kekuatan untuk menjalani kesulitan yang dialami. Setuju gak nih?

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Memiliki Circle Pertemanan yang Produktif

Alee Shaby Photo Verified Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya