TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Mengatasi Kecurigaan yang Berlebih pada Teman Terbaikmu

Jangan dianggap remeh, lho!

Pexels.com/Trung Nguyen

Dalam ruang lingkup pertemanan, mencurigai satu sama lain bukan hal baru lagi dan bahkan terbilang wajar. Kecurigaan timbul akibat dari kurangnya kepercayaan satu sama lain antar pertemanan itu sendiri.

Meski tergolong wajar, paling tidak kita harus meminimalisir adanya kecurigaan yang bisa berakibat buruk. Makanya, kamu harus tahu sedikitnya lima cara mengatasi kecurigaan yang berlebih pada teman terbaikmu. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Tanyakan secara langsung apa yang sebenarnya kamu curigai

Pexels.com/Elijah O'Donnell

Secara garis besar, rasa curiga biasanya didasari pada rasa penasaran yang cukup tinggi. Tidak tahu akan kebenaran yang sebenar-benarnya, pada akhirnya mencurigai sesuatu yang kenyataannya masih samar-samar.

Untuk kasus mencurigai teman sendiri, cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan menanyakannya secara langsung tentang apa yang sebenarnya kamu curigai. Dengan begitu, kamu akan tahu faktanya dan kecurigaan tersebut akan berhenti pada saat itu juga.

Baca Juga: 5 Ciri Pertemanan Kamu sudah Berada di Tingkat 'Teman Terbaik'

2. Percaya bahwa kecurigaan berlebih hanya akan membuat pertemananmu hancur

Pexels.com/Armin Rimoldi

Pada dasarnya, kecurigaan berawal dari tidak adanya kepercayaan pada teman sendiri. Pada akhirnya, kamu menaruh rasa curiga akibat dari minimnya kepercayaan sekalipun itu teman terbaikmu.

Untuk mengatasi hal ini, cara terbaik yang bisa kamu lakukan hanyalah sadar akan dampak dari kecurigaan itu sendiri. Tidak adanya kepercayaan bisa menyinggung teman sendiri, rasa curiga bisa membuat pertemananmu hancur begitu saja 

3. Sadar bahwa perbuatan buruk akan mendapatkan balasan yang buruk pula

Pexels.com/Tobi

Sebenarnya, apa yang kita harapkan dari rasa mencurigai teman sendiri? Pada akhirnya, hal itu hanya akan membuat segalanya menjadi bermasalah sekalipun kecurigaan kamu benar adanya.

Demi mengatasi hal ini, cobalah untuk lebih sadar bahwa perbuatan buruk akan mendapatkan balasan yang buruk pula. Kita tidak perlu terlalu banyak mencurigai, toh juga kita tidak pantas untuk menghakimi seseorang.

4. Lebih fokus pada kekurangan dan kepentingan diri sendiri

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Ketika kita memiliki banyak waktu luang untuk sekadar mencurigai teman sendiri, bukankah itu terkesan membuang banyak waktu? Padahal, masih banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan hal tersebut.

Salah satu contohnya memfokuskan kamu pada kekurangan dan kepentingan diri sendiri. Daripada harus mengurusi orang lain, lebih baik memperbaiki diri agar tidak terjerumus pada keburukan yang sama.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Membangun Pertemanan yang Awet sampai Tua Itu Sulit

Verified Writer

Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya