TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Sebab Masalah yang Sama Terus Berulang dalam Hubungan, Gak Bosan?

Sama-sama mengutamakan ego!

pexels.com/Polina Zimmerman

Munculnya masalah dalam hubungan tentunya sudah lumrah dan wajar terjadi. Semua pasangan pasti pernah mengalami hal ini dan punya caranya masing-masing dalam mencari jalan keluar yang paling tepat. Karena, bagaimanapun juga, kalianlah yang paling mengenali pasangan kalian sendiri.

Namun, seperti apapun kita berusaha menyelesaikan masalah yang ada, seringkali masih ada satu atau dua permasalahan yang seolah belum selesai. Masalah semacam ini akan terus terasa menggantung dan entah kenapa bisa muncul kembali ketika konflik terjadi. Nah, agar bisa diselesaikan, cari tahu dulu sebab kenapa masalah yang sama terus berulang dalam hubunganmu berikut ini nih. 

1. Gak pernah dibicarakan hingga tuntas

unsplash/sergio.souza

Seolah menghindar, salah satu pihak atau justru kamu dan pasangan sama-sama enggan membicarakan masalah ini hingga tuntas. Itulah kenapa masalah ini masih terus berulang dan susah dicari penyelesaiannya. Untuk alasan apapun, gak ada baiknya membiarkan sebuah masalah terus dibiarkan tanpa dituntaskan, lho.

Baca Juga: 6 Tanda Kamu Dianggap Gak Penting olehnya, Hubungan Sebatas Status

2. Salah satu pihak bersikap pasif

pexels/Alex Green

Penyebab lainnya juga bisa dikarenakan salah satu pihak bersikap pasif dan enggan membahas masalah tersebut lebih lanjut. Jika hanya satu pihak aja yang ingin menyelesaikan permasalahan, tentu gak akan ada perubahan berarti yang bisa terjadi. Keduanya harus sama-sama saling berusaha agar masalah yang sama gak lagi terulang. 

3. Pura-pura baik-baik aja dan membiarkan masalah itu tetap ada

pexels/ROMAN ODINTSOV

Sikap berpura-pura bahwa semuanya baik-baik aja dalam hubungan itu perlu dihentikan, guys. Selain bikin masalah tetap ada dan beranak-pinak, kamu pun jadi memendam semuanya seorang diri dan ini gak baik untuk kesehatan mentalmu. Biasakanlah untuk membicarakan apapun yang mengganggu pikiranmu kepada pasangan. 

4. Enggan meminta maaf

pexels.com/fauxels

Meminta maaf adalah perbuatan sepele yang bisa berdampak besar namun sering diabaikan oleh kebanyakan orang. Masalah yang sama terus berulang dalam hubungan juga bisa disebabkan oleh keengganan untuk meminta maaf ini, lho. Kamu atau pasanganmu akan merasa masih ada yang belum selesai hanya karena belum adanya permintaan maaf yang dikatakan secara langsung. 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu dan Pasangan Punya Ikatan Hubungan yang Kuat

Verified Writer

Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya