TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pertanyaan Bantu Kenali Kualitas Hubungan, Kalian Sudah Selaras?

Komunikasi adalah kunci kualitas hubungan sehat

Pexels/Smoke Weddings

Dalam sebuah hubungan, komunikasi memiliki peran penting untuk membawamu dan pasangan berada pada halaman yang sama. Dimana hal ini, sangat diperlukan agar bisa saling memahami dan mendapatkan sesuai yang diekspektasi masing-masing.

Kita tidak bisa menganggap bahwa apa yang diinginkan pasangan adalah sama dengan keinginan kita. Mentalitas membaca pikiran ini hanya akan membawamu pada kecemasan dan stres ketika mengetahui apa yang kita lakukan justru tidak sesuai keinginan pasangan.

Nah, jika kamu mengalami kesulitan dalam memahami hubungan, berikut adalah pertanyaan yang bisa membantu identifikasi nilai – nilai inti pada hubunganmu. Simak yuk!

1. Bagaimana menurutmu sebuah hubungan yang hebat?

Pixabay/3194556

Terdengar cukup kritis, namun pertanyaan ini bisa membuka lebih banyak jawaban tentang apa yang harus ada dan tidak dalam sebuah hubungan. Apa yang harus dipertahankan atau justru diubah dalam hubungan. Atau bahkan akan memunculkan kecakapan baru yang harus dipelajari bersama.

Kamu dan pasangan mungkin memiliki pengalaman yang berbeda dalam hubungan. Oleh karena itu, penting untuk mendiskusikan hal ini untuk menetapkan batasan memulai suatu hubungan.

2. Apa yang kamu sukai dalam hubungan ini?

Pixabay/5688709

Dua orang dalam sebuah hubungan, dapat memiliki versi yang berbeda mendefinisikan perasaan. Meminta pasangan untuk menjelaskan apa yang mereka rasakan, adalah sebuah taktik praktis untuk mengenal lebih dalam apa yang diinginkan pasangan.

Mengajukan pertanyaan ini dapat membantu mengetahui apa yang sudah dilakukan berjalan dengan baik, atau ada sesuatu yang harus diperbaiki? Pertanyaan ini akan membantu mengetahui semuanya dan akan terasa menyenangkan jika ternyata yang disukai pasanganmu adalah hal yang kamu inginkan juga.

Baca Juga: 6 Kunci Hubungan Langgeng, Bahagia Tanpa Banyak Drama

3. Apa 3 hal yang paling membuatmu merasa dicintai?

Pixabay/StockSnap

Cara seseorang menunjukkan cinta kadang hanya berakhir pada apa yang mereka suka menerimanya, yang belum tentu bisa diterima juga oleh pasangan. Jika kamu merasa sulit mengidentifikasi nilai-nilai kecil dalam hubunganmu, pertanyaan “tiga besar” adalah pertanyaan yang bagus untuk memulai.

Satu pasangan mungkin menerima cinta dengan cara pujian, pemberian bunga, pelukan, atau justru ketika pasangan membantunya dalam pekerjaan rumah. Keistimewaan pasanganmu ini hanya akan diketahui jika pasangan saling terbuka dan jujur menanggapai pertanyaan tersebut.

Menanyakan hal ini, menunjukkan bahwa kamu sangat mencintai pasanganmu dan ingin memberikan yang terbaik. Selain itu, juga lebih mudah menavigasi konflik karena sudah saling memahami satu sama lain.

4. Bagaimana seharusnya menyelesaikan konflik dalam hubungan?

Pixabay/CHENA

Sangat penting mengetahui bagaimana sikap pasangan ketika menghadapi situasi sulit, seperti saat terjadi konflik dalam hubungan. Hal ini dapat mengidentifikasi bagaimana pasangan mengatasi masalah. Apakah menghindarinya, menyerang atau justru mempunyai sikap keterbukaan tentang masalah tersebut? 

Tidak masalah untuk menjadi tidak sepaham dengan pasangan. Menjadi pasangan juga tidak harus setuju sepanjang waktu. Namun bagaimana cara kamu mengatasi masalah, menentukan kualitas hubungan ke depannya.

Baca Juga: 5 Cara Menyelesaikan Konflik dalam Hubungan dengan Penuh Hormat

Verified Writer

Dwi wahyu intani

@intanio99

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya