TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Miliki Karakter Dewasa dalam Hubungan Asmara, Saling Percaya

Biar gak memicu kandasnya jalinan cinta

ilustrasi hubungan cinta yang dewasa (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menjalani sebuah hubungan asmara, tentu memerlukan karakter yang dewasa dari masing-masing pihak. Kedewasaan karakter atau sifat seseorang dalam merajut asmara itu perlu dimiliki dan ditingkatkan terus setiap harinya. Semakin kamu dan pasangan menjalani hubungan cinta yang penuh kedewasaan, maka hubungan yang dijalani dapat terhindarkan dari pertengkaran dan konflik yang besar.

Perbedaan pendapat atau sedikit berselisih paham, itu adalah hal yang normal dan wajar terjadi dalam sebuah hubungan. Namun, jika kamu gak memiliki karakter dewasa, maka segala permasalahan yang terjadi, gak akan bisa terselesaikan dengan baik. Justru malah sebaliknya, dapat memicu kandasnya jalinan cinta. Nah, supaya kisah cintamu baik-baik saja. Yuk, belajar lima tips berikut ini.

1. Saling mengurangi sifat egois dalam diri 

ilustrasi bersikap egois (pexels.com/Keira Burton)

Karakter dewasa dalam hubungan asmara yang pertama perlu kamu pelajari dan miliki yaitu, gak bersifat egois. Salah satu syarat mempunyai hubungan cinta yang harmonis, langgeng dan bahagia adalah kemampuan dalam menekan sifat egois diri sendiri. Masing-masing harus bisa mengurangi egonya, jika kalian ingin memiliki hubungan yang membahagiakan.

Hal ini penting karena dalam sebuah hubungan terdapat dua orang yang saling mencintai, tapi tetap saja kalian memiliki keinginan masing-masing. Nah, di sinilah diperlukan karakter dewasa, agar bisa saling berkomunikasi secara baik dan efektif, serta gak mengikuti maunya sendiri.

Baca Juga: 5 Tanda Karier mulai Mengganggu Hubungan Asmara

2. Saling menghargai kehidupan pribadi pasangan 

Ilustrasi saling menghargai (pexels.com/mentatdgt)

Meskipun, kalian menjalin sebuah hubungan asmara dan menyatu dalam ikatan cinta. Namun, tetap saja kalian harus memiliki kehidupan sendiri juga. Ada sebuah privasi yang memang harus dijaga. Gak semua hal yang dijalani pasangan, itu harus kamu ketahui. Pada tips ini dibutuhkan karakter dewasa seperti saling menghargai privasi masing-masing.

Satu sama lain harus bisa menghargai kehidupan pasangannya. Bukan berarti mengajarkan kalian untuk saling menutupi, tapi ada hal-hal yang gak bisa kamu lakukan dengan sembarangan mengenai sesuatu yang menyangkut pasangan. Misalnya, selalu mengecek isi ponsel pasangan, gak memberi izin pasangan untuk bertemu dengan teman-temannya, gak menyukai jika pasangan melakukan sesuatu yang menjadi hobinya, dan sebagainya.

3. Memiliki sikap tanggung jawab jika melakukan kesalahan 

ilustrasi orang bertanggung jawab (pexels.com/Royal Anwar)

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan, baik itu disengaja atau enggak. Kamu dan pasangan juga pasti pernah berbuat salah dalam menjalani kisah asmara. Milikilah karakter dewasa seperti berani bertanggung jawab, jika kalian berbuat salah. Jangan pernah merasa gengsi atau malu untuk mengakui kesalahanmu.

Setelah kamu berani mengakui kesalahanmu, maka langkah berikutnya adalah bertanggung jawablah untuk memperbaikinya. Bersikap dewasalah dalam menyikapi sesuatu, termasuk ketika kamu berbuat salah. Tumbuhkanlah karakter ini dalam diri kalian saat menjalani hubungan, supaya kalian bisa saling membentuk diri menjadi lebih dewasa lagi.

4. Saling percaya dan menghormati 

ilustrasi saling percaya (pexels.com/Djordje Petrovic)

Rasa percaya dan hormat merupakan aspek penting untuk mendapatkan keharmonisan hubungan asmara. Jika kamu dan pasangan mampu saling mempercayai dan menghormati, maka karakter dewasa pun akan semakin tertanam kuat dalam diri masing-masing, dan pastinya akan bermanfaat baik bagi hubungan asmara yang kalian jalani.

Jangan terlalu mengekang pasangan, saling memberi kepercayaan saja. Jika terjadi kesalahpahaman juga sebaiknya jangan menuduhnya tanpa alasan yang kuat. Berdiskusilah dan selesaikan segala permasalahan yang terjadi secara tuntas, agar kalian bisa saling menghormati dan menyayangi kembali.

Baca Juga: 5 Cara Atasi Anxious Attachment dalam Hubungan Asmara, Cegah Insecure!

Verified Writer

Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya