TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal yang Kamu Lakukan saat Temanmu jadi Korban Ghosting

Ghosting memang menyakitkan, bantu temanmu melaluinya!

ilustrasi wanita sedih (pexels.com/@pixabay)

Sudah terlanjur jatuh hati tapi orang yang kita sukai pergi begitu saja tanpa penjelasan rasanya memang sangat menyakitkan. Apalagi kalau ini dialami temanmu sendiri, kamu tentu harus melakukan sesuatu agar temanmu tidak larut dalam kesedihan. Berikut ini beberapa cara efektif yang bisa kamu lakukan untuk membantu temanmu melewati efek ghosting. Yuk disimak!

1. Cobalah memahami perasaannya

ilustrasi menghibur sahabat (pexels.com/@shvets-production)

Gunakan kata-kata yang menunjukkan kamu memahami perasaan sakit yang temanmu rasakan seperti "itu pasti sangat buruk" atau "ini tidak adil bagimu". Jangan ucapkan kata-kata yang terkesan meremehkan perasaan mereka serta jangan sekali-kali membuat asumsi tentang perasaan yang dirasakan temanmu.

Baca Juga: Kenali 5 Tanda Pacar Bakal Ghosting, Cuek dan Sering Hilang Kabar

2. Tanyakan bagaimana ia akan mengatasinya dan dengarkan baik-baik

ilustrasi persahabatan (pexels.com/@bahaa-a-shawqi-164375)

Duduklah di sampingnya dan dengarkan cerita temanmu tanpa menyela. Orang yang patah hati biasanya hanya ingin didengar dan dimengerti. Tunjukkan kepadanya kalau kamu ingin lebih memahami perasaannya dan hindari untuk terburu-buru menyimpulkan cerita temanmu.

3. Beri waktu temanmu untuk berpikir tanpa langsung memberikan saran

ilustra memikirkan sesuatu (pexels.com/@marcelochagas)

Melihat temanmu bimbang antara menghubungi terlebih dulu orang yang dia suka atau membiarkannya begitu saja tentu kita akan langsung memberitahunya untuk jangan menghubungi pelaku ghosting itu lagi.

Namun sebaiknya hal ini tidak kamu lakukan. Cukup berikan temanmu waktu untuk berpikir. Apabila sudah ada solusi yang dapatkan, kamu bisa berbagi pandanganmu berdasarkan pengalamanmu sendiri.

4. Beri sebuah pelukan hangat

ilustrasi pelukan sahabat (pexels.com/@shvetsa)

Beri temanmu hadiah-hadiah kecil seperti pelukan, membelikannya makanan, atau tiket konser berdua agar membuatnya nyaman. Rasa nyaman akan membuat hatinya berangsur pulih dan melupakan kesedihannya.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Ingat Jika Berkali-kali Jadi Korban Ghosting

Writer

Meinka Dinda

Mahasiswa yang hobi menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya