TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jangan Stagnan, 5 Hal Ini Harus Berubah saat Sudah Punya Pasangan 

Kehidupanmu gak akan sama lagi

pexels.com/Tirachard Kumtanom

Saat memutuskan untuk mulai menjalin hubungan, kita pasti akan mengalami beberapa perubahan. Sebagian besar perubahan tersebut adalah perubahan positif. Misalnya kamu jadi selalu punya orang yang bisa diajak berbagi kasih sayang. Kamu juga akan dapat perhatian dan dukungan dalam setiap kegiatanmu sehari-hari.

Tapi perubahan yang terjadi tentu gak hanya hal-hal seperti itu. Untuk bisa terus merasakan kesenangan dalam hubungan, ada beberapa hal lain dalam hidupmu yang juga akan berubah, bahkan harus berubah. Apa saja itu? Ini dia lima di antaranya.

1. Tidak lagi akrab dengan lawan jenis lain 

pexels.com/jopwell

Pertama tentu saja soal hubunganmu dengan lawan jenis. Semasa menjomblo, gak ada masalah kalau kamu akrab dengan lawan jenis manapun. Tapi setelah berhubungan, hal itu harus berubah. Mulailah membatasi interaksimu dengan teman-teman lawan jenis.

Kenapa? Bukan hanya perkara supaya pasanganmu gak cemburu. Itu juga akan mencegah timbulnya perasaan romantis dalam hatimu. Setelah punya pasangan, perasaan itu hanya boleh kamu miliki terhadap pasanganmu. Jadi lebih baik mencegah hal itu dengan membatasi keakraban dengan lawan jenis lain.

Baca Juga: 5 Tanda Pasangan Sudah Tidak Percaya Lagi Padamu, Ayo Cek!

2. Menyisihkan sumber daya untuk pasangan 

Unsplash/stefan stefancik

Setelah punya pasangan, kamu juga harus belajar menyisihkan sumber dayamu untuk pasangan. Itu mencakup waktu, tenaga, pikiran, dan bahkan uang. Kalau dulu semua hal itu hanya perlu kamu atur untuk diri sendiri, keluarga, dan teman-teman, sekarang kamu harus menyisihkannya untuk satu orang lagi yaitu pasangan.

Menyisihkan hal-hal itu gak hanya perlu dilakukan saat kencan. Dalam keseharian pun kamu bisa mengorbankan beberapa sumber daya, misalnya menyisihkan waktu untuk memberi kabar saat kamu mau pergi. Hal-hal kecil seperti itu justru bisa sangat berarti dan vital bagi kelangsungan hubungan.

3. Memikirkan efek keputusan untuk pasangan 

pexels.com/Vlada Karpovich

Setiap keputusan yang kita ambil tentu harus dipikirkan baik buruknya, terutama keputusan besar misalnya soal pekerjaan. Itu karena keputusan yang kamu ambil akan berdampak tak hanya bagimu tapi juga bagi orang-orang sekitarmu. Nah, setelah punya pasangan, kamu juga perlu memikirkan efeknya bagi pasanganmu pula.

Artinya, punya pasangan seharusnya membuatmu jadi semakin berhati-hati dan bijaksana dalam membuat keputusan. Kalau dulu kamu mungkin masih sering membuat keputusan secara terburu-buru dan hanya memikirkan diri sendiri, sekarang hal itu harus berubah. Kalau tidak, keputusan yang kamu buat malah bisa membuat hubunganmu merenggang atau bahkan rusak.

4. Menyesuaikan diri dengan pasangan 

pexels.com/ketut subiyanto

Memiliki pasangan juga bisa cukup berpengaruh ke kepribadianmu. Kamu dan pasangan tentu memiliki kepribadian masing-masing, mungkin ada banyak kesamaan atau justru lebih banyak perbedaannya. Tapi yang jelas, kalian perlu saling menyesuaikan diri supaya bisa cocok dan harmonis.

Menyesuaikan diri bukan berarti kepribadianmu ada yang salah. Misalnya kamu orang yang pendiam, sementara pasanganmu lebih banyak bicara. Kedua sifat itu sama-sama gak salah, tapi kalian perlu saling menyesuaikan diri. Jangan terlalu bersikeras untuk mempertahankan kepribadianmu karena itu bisa menimbulkan konflik yang tidak perlu.

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Pasangan yang Populer dan Punya Banyak Penggemar 

Verified Writer

Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya