Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Dilakukan saat Terjadi Kesalahpahaman dalam Hubungan

Jangan asal sembarang bertindak?

Salah paham dalam hubungan dasarnya merupakan hal biasa dan wajar terjadi, kadang kala kita terlalu cepat menyimpulkan sesuatu hanya karena emosi dan perasaan curiga yang berlebihan.

Namun, keberadaan salah paham ini bisa berakibat buruk, bahkan bisa membuat hubunganmu jadi berantakan. Makanya, di bawah ini sedikitnya ada lima hal yang perlu dilakukan saat terjadi kesalahpahaman dalam hubunganmu. Biar tahu lebih lengkapnya, keep reading.

1. Menjelaskannya secara rinci agar tidak berdampak lebih besar

5 Hal yang Perlu Dilakukan saat Terjadi Kesalahpahaman dalam Hubunganilustrasi sepasang kekasih sedang bersama (pexels.com/Tima Miroshnichenk)

Kesalahpahaman bisa terjadi karena minimnya keterbukaan antara kamu dengannya, pasanganmu jadi salah tanggap dan membuat segalanya menjadi buruk. Ada kesalahpahaman karena tidak adanya keterbukaan.

Pada akhirnya, kamu harus menjelaskannya secara rinci agar tidak berdampak lebih besar. Kesalahpahaman bisa membawa keburukan yang berkepanjangan dan melebar ke mana-mana, jangan abai akan hal ini.

2. Tidak membuatmu menyalahkan pasangan hanya karena terjadi kesalahpahaman

5 Hal yang Perlu Dilakukan saat Terjadi Kesalahpahaman dalam Hubunganilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Ron Lach)

Di saat ada kesalahpahaman dalam hubungan, tentu kamu sendiri merasa hubungan tersebut sudah berjalan di luar ekspektasi selama ini. Bahkan, bukan tidak mungkin jika kamu akan menyalahkan pasangan akibat dari kesalahpahaman tersebut.

Padahal, kesalahpahaman terjadi karena ketidaktahuan fakta yang sebenar-benarnya. Kamu gak boleh sampai menyalahkan pasangan atas alasan apa pun itu, atau hal tersebut akan menjadi permasalahan yang jauh lebih buruk.

Baca Juga: Kenali 5 Bahasa Cinta Pasangan ke Kamu, Biar Gak Salah Paham!

3. Selalu bersabar di saat hubunganmu masih ada selisih paham

5 Hal yang Perlu Dilakukan saat Terjadi Kesalahpahaman dalam Hubunganilustrasi sepasang kekasih membawa makanan ringan (pexels.com/cottonbro)

Kita tidak bisa membantah betapa menjengkelkannya keberadaan selisih paham dalam hubungan, yang mana segala sesuatu yang benar sekalipun dianggap sebagai sebuah kesalahan.

Pada akhirnya, kamu harus selalu bersabar dalam menghadapi ujian semacam ini. Jangan biarkan kontrol emosimu begitu buruk, selisih paham bisa membawa kehancuran dalam hubungan jika tidak diatasi dengan baik.

4. Bersikaplah lebih serius dan jangan terkesan main-main

5 Hal yang Perlu Dilakukan saat Terjadi Kesalahpahaman dalam Hubunganilustrasi sepasang kekasih (pexels.com/Anna Pou)

Kesalahpahaman berawal dari adanya rasa tidak percaya pasangan terhadap dirimu, makanya dia menyimpulkan sesuatu seorang diri dan membuat semuanya seakan serba salah dan penuh dengan keburukan.

Untuk mengatasi hal ini, tentu kamu harus bisa membuat dia percaya padamu. Salah satunya dengan cara bersikap lebih serius dan juga tidak terkesan main-main, ini akan membuatmu lebih di percaya atas segala ucapan yang telah dilontarkan.

5. Memisahkan antara kesalahpahaman dengan permasalahan yang lainnya

5 Hal yang Perlu Dilakukan saat Terjadi Kesalahpahaman dalam Hubunganilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Pada dasarnya, kita bisa menyelesaikan sebuah selisih paham dengan cara yang baik-baik. Tentu kamu harus bisa menghindari tindakan yang dapat memperkeruh suasana, salah satunya dengan memisahkan antara kesalahpahaman dengan permasalahan yang lainnya.

Takutnya, emosi yang membara membuatmu membawa masalah lain yang jauh lebih serius. Jika hal ini terjadi, kesalahpahamanmu dengan pasangan menjadi pemicu timbulnya pertengkaran hebat yang bisa berakhir perpisahan.

 

Kita tidak bisa menyangkal betapa sulitnya mengatasi kesalahpahaman dalam hubungan, apalagi hal tersebut sudah kian membesar. Namun, kelima poin di atas diharapkan bisa membantumu menyelesaikan selisih paham tersebut dengan cara yang baik-baik.

Baca Juga: Agar Tidak Sering Salah Paham, Lakukan 5 Hal Ini saat Bersama Pasangan

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya