Comscore Tracker

5 Hal Paling Menyebalkan dari Sahabat yang Egois, Bikin Kesel Mulu!

Bisa merugikan diri sendiri, lho

Pernahkah kamu memiliki sahabat yang sangat egois? Mungkin semua orang pernah mengalaminya, karena pada dasarnya tiap orang memiliki sifat egoisnya masing-masing meskipun tingkat keegoisannya berbeda-beda.

Namun kamu pasti pernah memiliki sahabat yang memiliki tingkat keegoisan sangat tinggi, dia benar-benar hanya mementingkan diri sendiri dan tidak memedulikan penderitaan sahabatnya sendiri.

Berikut ini ada lima hal paling menyebalkan dari sahabat yang egois, memang selalu bikin kesal, sih!

1. Dia tidak tahu arti persahabatan yang sesungguhnya

5 Hal Paling Menyebalkan dari Sahabat yang Egois, Bikin Kesel Mulu!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Persahabatan sangat berbeda dengan pertemanan biasa, menjalin suatu hubungan pertemanan di tingkat paling atas harus didasari dengan pemahaman tentang makna dari persahabatan yang sesungguhnya.

Jika tidak, persahabatan tersebut menjadi tidak berguna karena inti dari persahabatan adalah kebersamaan. Jika tidak satu pemikiran, persahabatan tersebut akan dipenuhi dengan keegoisan.

Makanya seseorang yang tidak mengerti arti dari persahabatan yang sesungguhnya cenderung bersikap egois, dia akan mementingkan diri sendiri dan tidak memperdulikan orang di sekitar. Maka dari itu, sangat menyebalkan jika ada sahabat yang tidak tahu arti dari persahabatan itu sendiri.

2. Tidak pernah mau membantu sahabatnya yang sedang kesusahan

5 Hal Paling Menyebalkan dari Sahabat yang Egois, Bikin Kesel Mulu!Pexels.com/Samantha Garrote

Saling membantu sahabat yang sedang kesusahan sudah menjadi kewajiban dalam lingkaran persahabatan, sikap saling membantu akan menyelesaikan suatu masalah dengan cepat dan tepat.

Masalahnya tidak semua sahabat selalu berpikiran seperti itu, ada beberapa yang hanya mementingkan diri sendiri dan bersikap egois layaknya tidak ada permasalahan sama sekali.

Sahabat yang seperti itu cukup menyebalkan untuk didiamkan begitu saja, harusnya semua orang berkontribusi untuk membantu satu sama lain agar semuanya bisa selesai jauh lebih mudah.

Baca Juga: 5 Tanda Ini Bukti kalau Sahabat Sedang Jengkel dengan Sikap Burukmu

3. Tidak tahu terima kasih setelah kebaikan yang diberikan sahabatnya sendiri

5 Hal Paling Menyebalkan dari Sahabat yang Egois, Bikin Kesel Mulu!Pexels.com/mentatdgt

Dalam lingkaran persahabatan, berbuat baik pada sahabat sendiri sudah menjadi suatu kewajiban. Bahkan terkadang mereka tidak perlu balas Budi dari sahabatnya, karena itu dilakukan dengan sangat ikhlas.

Namun beda cerita jika ada seorang sahabat yang bersikap egois, berbuat sesuatu yang merugikan sahabat yang lainnya sudah menjadi tindakan yang tidak tahu terima kasih.

Padahal sahabat yang lain sering membantu, sedangkan dia tidak pernah berbuat baik dan malah melakukan suatu kejahatan pada sahabatnya sendiri. Tentu itu merupakan tindakan yang menyebalkan, siapapun akan merasa kesal atas perbuatannya.

4. Tidak pernah mengucapkan kata maaf sekalipun dirinya terbukti bersalah

5 Hal Paling Menyebalkan dari Sahabat yang Egois, Bikin Kesel Mulu!Pexels.com/mentatdgt

Masalah dalam lingkaran persahabatan terkadang tidak berbeda jauh dengan dunia percintaan, ada begitu banyak masalah dari yang melakukan kesalahan secara sengaja maupun tidak.

Hanya saja tidak semuanya mau meminta maaf atas kesalahannya, terkadang ada sahabat yang bersikap egois dan menyalahkan sahabat yang lain meskipun dirinya terbukti bersalah secara sepihak.

Tentu sahabat seperti ini akan membawa sesuatu yang buruk kedepannya, apalagi sampai tidak mau meminta maaf atas perbuatan yang merugikan orang lain terutama secara finansial.

5. Selalu menolak kritikan sahabatnya karena orang egois selalu merasa benar

5 Hal Paling Menyebalkan dari Sahabat yang Egois, Bikin Kesel Mulu!Pexels.com/Huy ProShoot

Saling mengkritik satu sama lain di lingkaran persahabatan bukan sesuatu yang memalukan, bahkan hal tersebut sangat baik untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Namun terkadang ada sahabat yang selalu merasa benar atas setiap perbuatannya, bahkan dia selalu membantah ketika mendapat kritik dengan respon yang tidak baik.

Tentu ini sangat menyebalkan dan bukan sesuatu yang harus kita tiru, tiap orang pernah melakukan kesalahan dan kritik yang membangun adalah teguran yang paling halus.

Bersahabat dengan orang lain memang penuh suka dan duka, termasuk sahabat yang menyebalkan karena sifat egoisnya. Kamu hanya perlu mengarahkan dia pada jalan yang benar, persahabatan kalian tidak boleh hancur begitu saja.

Baca Juga: Meski Bikin Jengkel, 5 Sikap Ini Justru Membuktikan Dia Sahabat Sejati

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Blogger Brebes Selatan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya