Comscore Tracker

5 Tips Buatmu yang Kesulitan Mengkomunikasikan Sesuatu dengan Pasangan

Biar gak ada mis komunikasi yang merugikan? 

Komunikasi menjadi bagian yang paling penting dalam hubungan percintaan, kita tahu itu. Namun, sebagian besar orang sangat kesulitan dalam mengkomunikasikan segala sesuatu yang sifatnya sangat personal. 

Karena sifatnya teramat sangat krusial, jangan pernah meremehkan hal ini. Maka dari itu, di bawah ini sedikitnya ada lima tips buat kamu yang kesulitan mengkomunikasikan sesuatu dengan pasangan. Biar gak ada salah tanggap, baca sampai habis yuk. 

1. Latih terus cara kamu berkomunikasi dengan pasangan

5 Tips Buatmu yang Kesulitan Mengkomunikasikan Sesuatu dengan Pasanganilustrasi pasangan berkomunikasi (pexels.com/Dimitri Kuliuk)

Kita semua bisa melakukan sesuatu karena terbiasa, apa yang dilakukan sudah tidak ada rasa canggung sama sekali. Sama halnya dengan mengkomunikasikan sesuatu dengan pasangan, kamu harus bisa membiasakan hal ini. 

Jika sudah terbiasa, cara kamu berkomunikasi pun akan jauh lebih lancar. Hal ini dikarenakan tidak adanya rasa malu atau sebatas ragu lagi, semuanya mengalir begitu saja. 

2. Buat diri kamu senyaman mungkin dengan pasangan

5 Tips Buatmu yang Kesulitan Mengkomunikasikan Sesuatu dengan Pasanganilustrasi rasa nyaman (unsplash.com/David Núñez)

Komunikasi yang lancar biasanya berawal dari kenyamanan itu sendiri. Rasa nyaman membuat kamu lebih leluasa dalam memberikan pertanyaan maupun pernyataan yang sifatnya personal terhadap pasangan. 

Pada akhirnya, kamu harus bisa memposisikan dirimu senyaman mungkin dengan pasangan tanpa ada paksaan sedikit pun. Tujuannya sangat jelas, tidak lagi membuat dirimu ragu untuk sekedar mengkomunikasikan sesuatu pada pasangan. 

3. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti sekalipun dalam bentuk yang lebih formal

5 Tips Buatmu yang Kesulitan Mengkomunikasikan Sesuatu dengan Pasanganilustrasi sepasang kekasih berbincang (pexels.com/Ba Tik)

Dalam hubungan percintaan, ada berbagai macam kalimat mesra yang mungkin akan canggung jika diutarakan secara langsung. Ala hasil, cara kamu mengkomunikasikannya sangat buruk atau bahkan enggan melakukannya lagi. 

Padahal, kamu bisa menggunakan bahasa yang mudah dimengerti sekalipun dalam bentuk yang lebih formal. Sebagai permulaan sebenarnya tidak masalah, bahkan sangat bagus untuk jangka panjang. 

Baca Juga: Jangan Dipendam, 5 Alasan Pentingnya Komunikasi dengan Pasangan

4. Tanam dalam diri bahwa komunikasi dengan pasangan itu teramat sangat penting 

5 Tips Buatmu yang Kesulitan Mengkomunikasikan Sesuatu dengan Pasanganilustrasi sepasang kekasih (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sulit mengkomunikasikan sesuatu dengan pasangan biasanya terjadi karena rasa malu atau tidak ada kepercayaan diri. Ala hasil, kamu selalu mengurungkan niatmu sekalipun ingin sekali mengutarakan nya. 

Namun, kamu harus bisa melawan itu semua. Cobalah untuk tanam dalam diri bahwasanya komunikasi dengan pasangan itu teramat sangat penting, bahkan perannya bisa sangat krusial dari apa yang kamu bayangkan sebelumnya. 

5. Jangan biarkan pasanganmu mendominasi hubungan tersebut

5 Tips Buatmu yang Kesulitan Mengkomunikasikan Sesuatu dengan Pasanganilustrasi sepasang kekasih (pexels.com/lucas souza)

Kita sering kali menemukan suatu hubungan yang hanya di dominasi salah satu pihak saja, bahkan terlihat sangat jelas perbedaan dari kedua sepasang kekasih tersebut. 

Jika kamu sendiri mengalami hal semacam itu, cara kamu dalam mengkomunikasikan sesuatu akan sangat buruk. Makanya, jangan pernah membiarkan pasanganmu mendominasi hubungan tersebut, atau kamu sendiri yang akan kesulitan. 

Peran komunikasi dengan pasangan sangatlah penting, bahkan tidak bisa digantikan dengan yang lainnya. Lima tips di atas diharapkan bisa membantu kamu dalam berkomunikasi, terutama mengkomunikasikan sesuatu yang sifatnya sangat pribadi. 

Baca Juga: 5 Zodiak yang Dikenal Gak Suka Diatur dan Dikekang oleh Pasangan 

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya