Comscore Tracker

5 Hal Ini Membuat Hubungan Tambah Rumit jika Dilakukan Saat Bertengkar

Masalah itu diselesaikan bukan dihindari!

Setiap hubungan akan mengalami pasang surut, kadang bertengkar, baikan trus berantem lagi. Ya, itulah roda kehidupan yang terus berputar, kita tidak pernah tahu hal apa yang akan terjadi ke depannya, semuanya masih menjadi misteri ilahi. Sekecil dan sebesar apapun pertengkaranmu dengan pasangan, usahakan jangan sampai berujung pada perpisahahan.

Saat berantem dengan pasangan, seringkali terjadi adu argumen, bahkan bisa saling melukai fisik. Hal ini membuat hubungan semakin rumuti saja. Untuk meminimalisir terjadinya konflik yang semakin besar, sebaiknya jangan lakukan lima hal ini saat sedang bertengkar dengan pasangan ya!

1. Tidak mau berdiskusi dengan pasangan

5 Hal Ini Membuat Hubungan Tambah Rumit jika Dilakukan Saat BertengkarIlustrasi pasangan cuek ( unsplash.com/ayo)

Saat sedang bertengkar, usahakan untuk bisa duduk  dan mulai diskusikan masalah, yang sedang dihadapi bersama dengan pasangan. Hal ini akan membantu kalian mencari jalan keluar yang terbaik.

Namun pada kenyataannya justru, banyak pasangan yang tidak mau berdiskusi dengan pasangannya. Menolak diajak diskusi membuat hubungan semakin rumit dan sulit mencari solusi dalam menyelesaikan permasalah yang terjadi.

2. Menghindari pasangan

5 Hal Ini Membuat Hubungan Tambah Rumit jika Dilakukan Saat BertengkarIlustrasi pasangan (unsplash.com/Rayul)

Jangan jadi pengecut yang lari dari masalah! Ingat apapun masalahmu pasti akan ada jalan keluarnya. Jadi lari dari masalah bukanlah cara yang bijak untuk dilakukan.

Menghindari pasangan, saat sedang bertengkar dengannya, membuat hubungan semakin tambah rumit saja. Harusnya kalian mampu bersikap dewasa, selesaikan masalahmu dengan pasangan, cari sulusinya, bukan menghindarinya ya!

Baca Juga: 5 Cara Membangun Komunikasi Efektif Setelah Bertengkar dengan Pasangan

3. Tidak mau mendengarkan pembicaraan pasangan

5 Hal Ini Membuat Hubungan Tambah Rumit jika Dilakukan Saat BertengkarIlustrasi pasangan cuek (unsplash.com/jd mason)

Saat bertengkar memang akan sulit untuk mendengarkan apa yang dikatakan pasangan, karena hati dan pikiran ditutupi oleh amarah.Tidak mau mendengarkan pembicaraan pasangan, menjadikan hubungan semakin rumit saja.

Belajarlah menurunkan ego, dengarkan apa yang dikatakan pacar. Dengan begitu pertengkaran akan mereda dan bisa sama-sama mencari jalan keluarnya.

4. Mengedepankan emosi

5 Hal Ini Membuat Hubungan Tambah Rumit jika Dilakukan Saat BertengkarIlustrasi frustasi ( unsplash.com/ Usman)

Ingat emosi itu tidak akan menyelesaikan masalahmu! Mengedepankan emosi, hanya akan membuat hubunganmu semakin rumit. Saat bertengkar kalian tidak bisa berpikir jernih, semuanya dilakukan dengan emosi, yang ada nantinya kalian akan, menyakiti dirimu sendiri dan juga pasangan.

Belajarlah mengontrol emosi, supaya kalian bisa menyelesaikan setiap permasalahan dengan kepala dingin. Bukannya saling menyakiti satu sama lain.

5. Saling menyalahkan satu sama lain

5 Hal Ini Membuat Hubungan Tambah Rumit jika Dilakukan Saat BertengkarIlustrasi pasangan ( unsplash.com/ Clem)

Sewaktu masih kecil, kita sering banget bertengkar dengan teman-teman, hal yang sering kali kita lakukan yaitu saling menyalahkan satu sama lain, bukan? Apa kebiasaan seperti ini, akan terus berlanjut sampai kalian memiliki pasangan? Tidak malu dengan sikap kekanak-kanakan seperti ini, ayolah mulai diubah!

Stop saling menyalahkan, karena hal ini tidak ada habisnya untuk dibicarakan, yang ada membuat masalah semakin tambah rumit saja. Mulailah mencari solusinya, dengan begitu masalah yang dihadapi akan cepat terselesaikan.

Bertengkar itu akan terjadi pada setiap pasangan, tapi sikapilah secara lebih dewasa, bertindaklah lebih bijak lagi, hindari lima hal di atas, supaya hubungan tidak semakin rumit lagi ya!

Baca Juga: Jangan Lakukan 5 Hal ini saat Sedang Bertengkar dengan Pasanganmu

Andri Wiyatno Photo Verified Writer Andri Wiyatno

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya