Comscore Tracker

6 Hal Receh tapi Penting yang Sering Terlupakan Saat Kencan Pertama

Jangan sampai lupa lagi, ya!

Kencan pertama bisa jadi momen yang sudah lama kamu tunggu-tunggu. Setelah sebulan pendekatan, pada akhirnya kamu berhasil mengajak gebetan pergi kencan berdua saja. Nah, tentunya bakal ada persiapan khusus dong untuk menyambut hari istimewa ini. Mulai dari memilih pakaian sampai menyiapkan obrolan supaya semua berjalan lancar. 

Tapi tahukah kamu bahwa kadang ada beberapa hal yang dianggap remeh dan dilewatkan saat kencan pertama, namun ternyata itu gak kalah pentingnya seperti enam hal receh di bawah ini, nih?

Kelihatannya sih sepele. Tetapi jika diabaikan bisa saja membawa kesan buruk untuk first date-mu nanti, lho. Lantas apa saja keenam hal yang dimaksud? Berikut daftarnya yang harus kamu catat baik-baik.

1. Memastikan tidak ada bau badan dan bau mulut bukan cuma sekadar wangi saja

6 Hal Receh tapi Penting yang Sering Terlupakan Saat Kencan Pertamailustrasi orang berkencan (pexels.com/Katerina Holmes)

Memang kamu sudah mempersiapkan diri dengan matang. Dari ujung kaki sampai ke ujung rambut, semua terlihat rapi dan wangi.

Tetapi terkadang bau nafas dan bau badan malah terlewatkan. Kamu merasa dengan mandi, mengosok gigi dan memakai parfum di baju saja sudah cukup. Ternyata tidak. 

Makanya, pastikan lagi tidak ada aroma kurang sedap yang keluar dari ketiak atau mulutmu, ya. Selain pakai parfum kamu juga bisa mengoleskan deodoran di ketiak. Juga berkumur dengan antiseptik setelah gosok gigi. Jangan sampai karena bau badan dan mulut jadi mengganggu acara romantismu nanti.

Gak mau kan gebetan terlihat kurang nyaman di dekatmu?

2. Beri tahu kamu mau mengajak dia nongkrong di mana dan jemputnya naik apa biar gebetan gak salah kostum

6 Hal Receh tapi Penting yang Sering Terlupakan Saat Kencan Pertamailustrasi orang berkencan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sebagai pihak yang mengajak kencan, sudah pasti kamu harus menjemputnya juga. Apalagi posisinya kamu adalah seorang pria. Masa iya, tega menyuruh doi berangkat sendiri naik kendaraan umum, sih?

Nah, sebelum menjemput gebetan ke rumahnya ada baiknya kamu bilang dulu kalian mau pergi ke mana. Kalau memang ingin kasih kejutan, ya gak usah kasih tahu secara detail lokasinya, kok. Cukup katakan kalian mau nongkrong di cafe dan kamu menjemput doi naik sepeda motor.

Bukan apa-apa, ini perlu disampaikan supaya gebetanmu gak salah kostum. Kan, ribet kalau tiba-tiba dia pakai rok mini sementara kamu memboncengnya naik motor. Mending pakai celana panjang asalkan pantas dikenakan untuk masuk ke cafe mewah yang kamu maksud.

3. Mematikan nada dering ponsel selama berkencan

6 Hal Receh tapi Penting yang Sering Terlupakan Saat Kencan Pertamailustrasi orang berkencan (pexels.com/Mike Jones)

Sepele banget sih soal nada dering ponsel yang kamu bawa. Tetapi bayangkan jika di tengah obrolan yang menyenangkan dan mulai hangat, ada pesan masuk di handphone-mu. Bisa-bisa itu jadi merusak momen romantis kalian, lho. Apalagi itu terjadi di saat gebetanmu lagi bicara serius soal perasaannya. Jadi hilang deh mood-nya. 

Jadi jangan ambil risiko dan menyelepekan hal ini, ya. Lebih baik mengalah dengan mematikan nada dering sementara waktu. Toh, kalian juga gak pergi kencan seharian penuh, kan?

Nanti jika ada sela waktu seperti ketika doi pergi ke kamar mandi, kamu bisa mengecek panggilan atau pesan yang masuk ke ponselmu. 

Baca Juga: 7 Tips Kencan Pertama Anti Grogi, Perhatikan Bro!

4. Menyiapkan uang cash yang cukup dan uang receh di dompet untuk bayar parkir

6 Hal Receh tapi Penting yang Sering Terlupakan Saat Kencan Pertamailustrasi orang berkencan (pexels.com/cottonbro)

Sekali lagi karena kamu yang mengajak doi berkencan, ada baiknya kamu pula yang membayar tagihan makanan kalian. Oleh karena itu, sebaiknya siapkan dulu uangnya dari rumah.

Memang gak ada yang melarangmu memakai kartu kredit atau debit. Tapi jaga-jaga saja, siapa tahu ada kejadian tak terduga seperti kartu kreditmu tidak terbaca atau tempat yang dituju hanya menerima uang cash.

Jadi lebih baik siapkan uang tunai secukupnya. Jangan sampai gebetanmu harus turun tangan membayar tagihan makan kalian dan membuatmu malu sendiri.

Selain itu, kamu juga harus siap uang receh di dompet untuk membayar parkir. Buatlah kesan baik di depan doi, ya supaya dia melihat bahwa kamu tuh orangnya bertanggung jawab.

5. Tak lupa ucapkan terima kasih ke dia karena sudah mau meluangkan waktunya

6 Hal Receh tapi Penting yang Sering Terlupakan Saat Kencan Pertamailustrasi orang berkencan (pexels.com/Juan Vargas)

Setelah selasai kencan dan hendak mengantarnya pulang, kadang kamu suka lupa untuk mengucapkan terima kasih ke dia di mana doi sudah mau meluangkan waktu untuk berkencan denganmu.

Puji pula penampilannya malam ini yang sukses membuatmu pangling karena biasanya doi tampil polos tanpa makeup. Dan ternyata setelah berias si dia jadi makin mempesona. 

Dengan sanjungan sederhana semacam itu, bakal membuat gebetanmu merasa dihargai. Siapa tahu, demi bisa berkencan sama kamu, dia harus menolak tawaran temannya untuk hangout bareng.

Dia juga sengaja membeli baju baru dan rela berdandan satu jam sebelum kamu datang menjemputnya. Pasti doi tersipu deh mendengar pujian itu.

6. Saat akan berpisah, jangan lupa tanyakan ke dia apakah lain kali bisa mengajaknya kencan lagi

6 Hal Receh tapi Penting yang Sering Terlupakan Saat Kencan Pertamailustrasi orang berkencan (pexels.com/mentatdgt)

Usai kencan pasti kamu bakal bertanya-tanya apakah first date tadi berkesan pula untuknya atau tidak. Daripada menduga-duga, mending tanya langsung saja sama orangnya. Gak usah malu-malu, karena kamu bisa menggunakan cara halus untuk mengatakannya. Tanyakan pada gebetanm  apakah lain kali kamu bisa mengajaknya makan malam seperti ini lagi. 

Jika doi menjawab iya, sudah pasti cintamu mulai diterima olehnya. Tapi bila jawabannya adalah semacam 'lihat nanti, ya' atau 'coba kalau aku ada waktu luang, pasti mau' itu tandanya dia sedang menolakmu. Karena setelah kalian berkencan, ternyata perasaan nyaman itu gak muncul pada dirinya. Jadi, ya kamu harus tahu diri dan mulai bersiap-siap untuk mundur. 

Ternyata selama ini apa yang dianggap remeh bisa membawa dampak besar pada kesuksesan kencan pertama kalian, ya. Makanya, mulai sekarang ketika hendak mengajak doi berkencan, kamu harus memastikan keenam hal tadi dilakukan dengan baik ya agar first date-mu menimbulkan kesan manis tak hanya untuk dirimu tapi juga di hati doi. 

Baca Juga: 5 Ide Kencan Romantis Tanpa Menguras Isi Kantong, Dijamin Hemat Biaya

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya