Comscore Tracker

Kamu Perlu Memikirkan 5 Hal Ini Sebelum Datang ke Pernikahan Mantan

Biar gak kena awkward moment 

Mau bagaimana pun juga, mantan pernah jadi orang yang spesial dalam hidupmu. Meskipun saat ini kalian gak lagi bersama, tapi sedikit banyak kenangan saat masih pacaran dulu pasti masih ada di ingatanmu. 

Maka gak heran, bila saat menerima kabar pernikahan darinya ada sedikit perasaan ragu apakah kamu akan datang untuk memberikan selamat atau tidak. Di satu sisi kamu ingin menunjukkan bahwa sekarang kamu sudah beneran ikhlas merelakannya bersama yang lain. Di sisi lain, rasa cemburu itu ternyata masih tersisa sedikit di hatimu. 

Nah biar gak terlalu bimbang, coba pertimbangkan dulu lima hal berikut. Supaya kamu bisa mengambil keputusan dengan tepat.

1. Apakah kamu diundang atau tidak olehnya

Kamu Perlu Memikirkan 5 Hal Ini Sebelum Datang ke Pernikahan Mantanunsplash/ Artsy Vibes

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah, apakah kamu mendapat undangan itu langsung dari dia atau sekadar mendengar kabar dari orang lain saja? Karena jika ternyata kamu gak diundang secara resmi olehnya, berarti memang dia gak mengharapkan kamu hadir di hari pernikahannya.

Sebaliknya, bila memang kamu diundang gak ada salahnya untuk mempertimbangkan niat baiknya itu. Ya, siapa tahu ini bisa membuka jalan buat kalian menjalin silaturahmi kembali sebagai teman.

2. Bagaimana hubunganmu dengan calon istri atau suaminya

Kamu Perlu Memikirkan 5 Hal Ini Sebelum Datang ke Pernikahan Mantanunsplash/ Sweet Ice Cream Photography

Ingat saat datang ke resepsinya nanti, kamu gak hanya akan menyalami mantanmu saja, lho. Ada suami atau istri sahnya, juga kedua orangtua mereka. Makanya pastikan dulu kalau sejauh ini hubunganmu dengan istri atau suaminya itu sudah berjalan dengan baik. 

Ya walaupun kalian tidak dekat, setidaknya dia tahu kamu adalah bagian dari masa lalu pasangannya. Ini jadi salah satu cara juga untuk mencegah terjadinya salah paham di kemudian hari.

Baca Juga: 5 Tips Move On Bagi Kamu yang Masih Terbayang Sama Mantan

3. Pastikan perasaanmu ke dia sudah benar-benar selesai

Kamu Perlu Memikirkan 5 Hal Ini Sebelum Datang ke Pernikahan Mantanunsplash/ David Thomaz

Ketiga, tanya dulu hati kecilmu apakah kamu sudah benar-benar move on darinya atau belum. Pastikan sudah gak ada lagi cinta tersisa buat dia. Karena bila sampai sekarang kamu masih saja baper padanya, bukan gak mungkin saat kamu datang ke acara pernikahannya nanti, justru hanya akan membuat dirimu sendiri terluka. 

Ibaratnya sudah tau di depan ada lubang galian, bukannya minggir tapi kamu malah pilih jalan terus. Jangan salahkan orang lain, dong kalau akhirnya kamu jadi terperosok ke lubang tersebut.

4. Jangan pernah datang sendirian

Kamu Perlu Memikirkan 5 Hal Ini Sebelum Datang ke Pernikahan Mantanunsplash/ Alasdair Elmes

Kalau pada akhirnya kamu mantab untuk datang, jangan pernah berangkat sendirian. Meskipun belum punya pacar lagi, kamu bisa ajak adik, kakak, atau teman dekatmu untuk menemani. Bisa juga kamu janjian dengan tamu undangan lainnya yang dikenal. Itu penting, supaya kamu bisa lebih santai dan percaya diri selama acara tersebut berlangsung.

5. Jika memang gak ingin hadir beri alasan yang jelas padanya

Kamu Perlu Memikirkan 5 Hal Ini Sebelum Datang ke Pernikahan Mantanunsplash/ Alasdair Elmes

Sebaliknya, bila kamu sudah memutuskan untuk absen jangan lupa untuk mengonfirmasi ke dia. Hargai pula niatnya mengundangmu ke acara spesialnya itu. Beri alasan yang masuk akal kenapa kamu gak bisa datang. Jangan sampai alasan yang kamu katakan malah terkesan baperan

Meskipun dalam hati kamu gak ingin hadir karena masih menyimpan rasa cemburu, tapi itu cukup kamu saja yang tahu. 

Semoga setelah membaca kelima poin tadi, kamu jadi punya sedikit gambaran dan pertimbangan ya? Mau apa pun keputusannya, tetap ingat untuk mengutamakan perasaanmu dulu. Intinya, lakukan apa yang membuatmu nyaman, bukan apa yang membuat orang lain senang. Oke?

Baca Juga: 5 Alasan Jangan Pernah Membandingkan Pasangan dengan Mantan, Rugi Lho!

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya