Comscore Tracker

5 Kesalahan yang Bisa Membuat Persahabatanmu Hancur Seketika

Susah, deh kalau mau rujuk lagi! #IDNTimesLife

Sama halnya dengan hubungan asmara, persahabatan juga perlu dirawat. Supaya bisa tetap solid dan rukun, tanpa adanya pertengkaran yang berarti. Untuk menjaga persahabatan tersebut, bisa dimulai dari dirimu sendiri. Awali dengan membiasakan diri menjaga sikap serta tutur katamu. Jangan sampai ucapan serta tindakanmu melukai hati mereka. 

Seperti ketika kamu melakukan lima kesalahan berikut ini. Dampaknya gak main-main, lho! Persahabatan kalian bisa hancur seketika dan rasanya sulit untuk rujuk kembali. Mau? Makanya, biar gak kejadian, ada baiknya kamu tahu apa saja kesalahan yang dimaksud. 

1. Membeberkan aib teman dengan sengaja

5 Kesalahan yang Bisa Membuat Persahabatanmu Hancur Seketikailustrasi tukang gosip (pexels.com/Keira Burton)

Tidak mudah bagi seseorang untuk bisa terbuka dan menceritakan masalahnya. Apalagi ini sudah menyangkut aib diri sendiri. Harus pilih-pilih, deh mau menceritakannya ke siapa. Nah, kalau kamu dipilih teman untuk mendengar curhatan mereka, ya jangan malah dibocorkan. Mungkin menurutmu itu informasi yang menarik dan mesti didengar banyak orang.

Tapi bagi temanmu, ini merupakan bentuk pengkhianatan, lho. Minta maaf pun gak akan membuat apa yang sudah kamu beberkan hilang begitu saja. 

2. Diam-diam kamu naksir sama pacar temanmu sendiri

5 Kesalahan yang Bisa Membuat Persahabatanmu Hancur Seketikailustrasi orang mengobrol (pexels.com/Elle Hughes)

Memang benar cinta itu terkadang datang tanpa diduga. Sama halnya ketika kamu diam-diam naksir sama kekasih dari temanmu sendiri. Perasaan ini muncul sejak si dia sering curhat soal hubungan mereka ke kamu. Tiap kali sedang ada masalah dengan temanmu, pacarnya selalu lari padamu.

Perasaan simpati pun berubah menjadi cinta. Nah, harusnya kamu bisa menahan diri, dong. Jangan sampai rasa suka itu berlanjut dan merubahmu jadi orang ke tiga di antara mereka.

Baca Juga: 5 Tanda Nyata Temanmu Gak Suka dan Iri Terhadap Pencapaianmu

3. Meminjam uang dalam jumlah besar tapi tidak berniat mengembalikannya

5 Kesalahan yang Bisa Membuat Persahabatanmu Hancur Seketikailustrasi jajan di vending machine (pexels.com/Samson Katt)

Saat sedang butuh bantuan, teman merupakan salah satu orang yang bisa diandalkan. Begitu pula ketika kamu perlu sejumlah uang untuk keperluan tertentu. Gak masalah, kok meminjamnya ke teman sendiri, asalkan dikembalikan tepat waktu sesuai janji, ya. Apalagi dana yang kamu pinjam darinya terbilang cukup besar.

Masa iya, kamu mau mangkir dan pura-pura lupa saat ditagih? Pikirkanlah bahwa temanmu juga butuh uang itu. Bisa-bisa persahabatan kalian hancur gara-gara materi, nih. 

4. Sudah tahu berbuat salah, eh malah gak mau minta maaf

5 Kesalahan yang Bisa Membuat Persahabatanmu Hancur Seketikailustrasi orang bertengkar (pexels.com/Liza Summer)

Berbuat salah itu wajar, asalkan kamu berani mengakuinya dan paling penting mau meminta maaf. Ditambah lagi kamu melakukan kesalahan yang merugikan temanmu sendiri. Harusnya tanpa pikir panjang kamu langsung buru-buru minta maaf. Tentunya sebagai sahabat dia bakal memaafkanmu, kok.

Tapi kalau kamu sadar sudah melakukan kesalahan dan gak mau memohon maaf padanya, ya jangan harap hubungan kalian bisa kembali baik seperti dulu. 

5. Selama ini kamu menjadi teman bermuka dua

5 Kesalahan yang Bisa Membuat Persahabatanmu Hancur Seketikailustrasi dua sahabat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kunci persahabatan yang awet adalah kejujuran dan kesetiakawanan. Bukan malah menjadi teman yang bermuka dua. Di depannya kamu selalu memberikan dukungan, pujian dan masukan yang positif. Sementara di belakangnya, kamu gemar bergosip dan menjelekkan temanmu ini. Awas saja kalau suatu hari ketahuan, di saat itu juga persahabatan kalian berakhir untuk selamanya! 

Bila kamu ingin punya banyak teman yang loyal dan tulus padamu, harus melakukan hal yang sama dulu. Ingat, apa yang ditanaman itu juga yang dituai. Jangan sampai kamu melakukan kelima kesalahan di atas tadi, kalau gak mau kehilangan sahabat terbaikmu. Semoga bisa menginspirasi, ya! 

Baca Juga: 5 Alasan Menolong Teman dengan Pamrih Itu Sekali-kali Boleh Dilakukan

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya