Comscore Tracker

6 Suka Duka Cuma Dialami Kamu yang Satu Sekolah dengan Kakak Sendiri

Ada enaknya, ada juga keselnya~

Buat kamu yang masih duduk di bangku sekolah, tempat ini tak hanya jadi sumber menuntut ilmu saja, tapi juga menjalin pertemanan dengan banyak orang dan gak jarang serasa seperti rumah kedua. Selain itu bagi sebagian besar siswa, sekolah jadi tempat mengekspresikan diri. Jika di rumah mereka masih diawasi oleh orangtua dan terikat peraturan yang ketat, di sekolah ditemukan sedikit kelonggaran.

Meskipun tiap sekolah tentu memiliki peraturan yang wajib ditaati oleh para siswanya, akan tetapi karena keterbatasan jumlah guru dan pengawas, maka gak heran kalau masih aja ada siswa yang lolos dari pengawasan.

Namun, gimana jadinya kalau salah satu anggota keluarga yakni kakak kandungmu sendiri kebetulan satu sekolah denganmu? Wah, bisa-bisa gerak-gerikmu jadi gak leluasa lagi nih. Bisa jadi, enam suka-duka berikut jadi makanan kamu sehari-hari di sekolah. Coba deh, cek benar apa gak.

1. Serasa punya pengawas pribadi. Mau bandel dikit bisa besar urusannya

6 Suka Duka Cuma Dialami Kamu yang Satu Sekolah dengan Kakak SendiriUnsplash/ Avel Chuklanov

Sebagai kakak, dia merasa punya tanggung jawab untuk mengawasi adiknya, yaitu kamu. Kakakmu serasa jadi tangan kanan orangtua kalian, dan selalu menaruh perhatiannya pada tingkah lakumu di sekolah. Jadi gak heran deh, saat ada teman yang ngajak bolos mata pelajaran, keberanianmu langsung ciut karena kalau sampai kakakmu tahu, bisa ribet urusannya.

2. Jangankan seragam baru, buku-buku pelajaran aja semua pakai "bekas" kakak

6 Suka Duka Cuma Dialami Kamu yang Satu Sekolah dengan Kakak SendiriUnsplash/Chen Feng

Kalau kalian kebetulan sama-sama cewek atau cowok, siap-siap deh gak ada cerita seragam baru buat kamu. Apalagi jika seragam kakakmu masih terawat dengan baik, bersih dan layak pakai, tentu seragam itu bakal diwariskan ke kamu. Apalagi soal buku-buku pelajaran, gak perlu keluar biaya buat beli baru karena bisa pakai buku-buku dari kakak.

Meski begitu jangan sampai mengeluh ya, selama seragam dan buku yang diberikan masih layak digunakan, harus diterima dengan legowo. Karena itu bisa jadi meringankan pengeluaran orangtua kalian, lho. Harusnya kamu bangga dong, diam-diam bisa membantu orangtua.

3. Gak sedikit guru yang membandingkan tingkah polah serta prestasi kalian berdua

6 Suka Duka Cuma Dialami Kamu yang Satu Sekolah dengan Kakak SendiriUnsplash/NeONBRAND

Tentu sudah jadi rahasia umum, apalagi di antara guru-guru kalau kamu gak sendirian di sekolah ini, ada kakak yang lebih dahulu menjadi siswa mereka. Karenanya, wajar jika ada beberapa guru yang sering membandingkan kamu dengan si kakak. Entah itu soal prestasi atau tingkah polah yang kalian lakukan di lingkungan sekolah.

Jika kebetulan kakakmu termasuk siswa teladan, tentu bakal jadi cambuk untukmu bisa mencapai prestasi yang sama. Jangan malah merasa down ya saat dibanding-bandingkan, tunjukkan kalau kamu juga bisa jadi siswa yang patut diacungi jempol.

Baca Juga: 5 Kekhawatiran Kakak Cowok saat Tahu Adik Perempuannya Punya Pacar

4. Mau punya pacar satu sekolah? Oh, tidak semudah itu Ferguso! Harus lolos penilaian si kakak dulu, ya

6 Suka Duka Cuma Dialami Kamu yang Satu Sekolah dengan Kakak SendiriUnsplash/Vladimir Kudinov

Tak bisa dipungkiri kalau sebagian besar orang pernah jatuh cinta sama teman satu sekolah. Tak terkecuali kamu. Tapi, karena ada mata-mata mama dan papa di sekolah, maka kisah asmara itu gak selamanya bisa berjalan mulus. Karena tentu, kakakmu akan mengawasi kalian, dan hal tersebut kerap kali memicu perdebatan di antara kalian.

Akan tetapi coba deh pikirkan dulu, sikap si kakak pasti ada dasarnya. Mungkin saja pacarmu itu, gak cukup baik di matanya dan sebagai saudara tentu dia hanya ingin adiknya mendapatkan yang terbaik.

5. Sebaliknya, saat kakakmu punya pacar anak satu sekolah juga, siap-siap deh banjir perhatian dari mereka berdua

6 Suka Duka Cuma Dialami Kamu yang Satu Sekolah dengan Kakak SendiriUnsplash/Josh Felise

Beda cerita saat si kakak yang punya pacar anak satu sekolah, meskipun gak setuju tapi kamu seolah gak bisa seenaknya melarang mereka berdua untuk berhubungan. Biasanya sih, demi mengambil hatimu pacarnya akan melakukan PDKT dan bersikap super baik padamu. Selain itu, agar kamu gak membocorkan hubungan mereka ke orangtua kalian, kakakmu juga jadi lebih baik sama adiknya ini.

Awas, jangan sampai kamu memanfaatkan kebaikan mereka secara berlebihan, ya.

6. Enaknya sih, selalu ada seseorang yang siap pasang badan melindungimu. Jauh-jauh deh tuh yang namanya bullying.

6 Suka Duka Cuma Dialami Kamu yang Satu Sekolah dengan Kakak SendiriUnsplash/ Anna Samoylova

Jujur ya, dengan adanya kakak di sekolah kamu pasti merasa aman dari gangguan teman-teman yang hobi membully. Mereka akan pikir dua kali saat akan "menyentuhmu" karena tahu betul, nantinya akan berhadapan dengan siapa. Kamu patut bernafas lega, sih tapi jangan sampai membuatmu takabur dan justru jadi semena-mena dan balik bersikap arogan pada teman-teman yang lain.

Ingat lho, kakakmu gak selamanya akan ada di sekolah. Nantinya dia akan lulus lebih dahulu dan jika kamu gak bisa menjaga sikap, bisa jadi saat tak lagi ada kakak yang melindungi, maka teman-teman yang pernah kamu sakiti, bisa menggunakan kesempatan itu untuk membalasmu. Nah, lho.

Gimana, apakah enam suka duka barusan cukup mewakali perasaanmu ketika harus satu sekolah dengan kakak? Tulis di kolom komentar ya.

Baca Juga: 6 Alasan Kenapa Mempunyai Kakak yang Jauh Lebih Tua itu Anugerah

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You