Comscore Tracker

Sadar! Ini 5 Tanda Kamu Sebenarnya Gak Bahagia Dalam Pernikahan

Coba sampaikan baik-baik pada pasangan

Memiliki keluarga yang harmonis tentu menjadi impian setiap pasangan di dunia. Tentu untuk mewujudkan itu, sebagai pasangan suami istri kalian harus membangun rasa bahagia dari diri sendiri dulu. Salah satunya adalah dengan membahagiakan satu sama lain. 

Namun terkadang, hal penting seperti itu sering terlewatkan. Banyak pasangan suami istri yang lebih fokus membahagiakan pasangannya dengan cara memberikan materi yang melimpah. Padahal kebahagiaan secara batin juga gak kalah pentingnya, lho. Nah, jika kamu merasa rumah tanggamu mulai terasa hambar, coba cek dulu apakah kelima tanda ini ada padamu apa tidak. Jika iya, bisa dipastikan saat ini kamu tengah merasa gak bahagia dengan pernikahan kalian.

1. Sering merasa tidak bersemangat memulai hari baru

Sadar! Ini 5 Tanda Kamu Sebenarnya Gak Bahagia Dalam Pernikahanpexels/ Pixabay

Hidup berdua dengan orang yang dicintai tentu akan membuatmu bersemangat memulai hari demi hari bersamanya. Tapi jika sebaliknya, kamu patut waspada. Tidak merasa bersemangat saat menghadapi hari baru adalah tanda kalau kamu sebenarnya sedang tidak bahagia.

Kamu merasa pernikahan ini berjalan monoton, dan gak ada lagi hal yang menarik bagimu. Rutinitas yang sama setiap hari membuatmu jenuh dan malas menjalaninya. 

2. Kamu tidak berharap dia pulang cepat dan segera bertemu

Sadar! Ini 5 Tanda Kamu Sebenarnya Gak Bahagia Dalam Pernikahanpexels/ Ivan Oboleninov

Jika di awal pernikahan dulu kalian masih sering merindukan, tapi semakin hari kamu justru semakin cuek terhadapnya. Kamu pun gak lagi setia menunggu dia pulang dari kantor, dan ingin segera bertemu di rumah. Sebaliknya, kamu justru tidak berharap dia pulang cepat dan lebih ingin menikmati ketenangan di rumah sendirian saja. Karena saat kalian bertemu pun, gak ada hal menarik yang ingin kamu obrolkan berdua dengannya. 

Baca Juga: 5 Lagu Ballad Korea yang Cocok Diputar di Hari Pernikahan

3. Tak ada waktu khusus bagi kalian untuk mencipta kemesraan

Sadar! Ini 5 Tanda Kamu Sebenarnya Gak Bahagia Dalam Pernikahanpexels/@thiszun

Salah satu kunci pernikahan bisa langgeng adalah dengan tetap menjaga komunikasi dengan baik. Namun sekarang kamu justru malas untuk bermesraan dengan pasangan. Mungkin karena kalian gak lagi bisa bicara santai seperti dulu. Tiap kali ngobrol, hal yang dibicarakan selalu seputar masalah yang serius. Seperti biaya sekolah anak, tagihan kartu kredit dan lain-lain. Jarang sekali kalian mengungkapkan kasih sayang satu sama lain. 

Makanya gak heran kalau kamu lebih memilih menghindari obrolan dengan pasangan dan lebih suka menjaga jarak darinya. 

4. Kamu lebih nyaman dengan pekerjaan ketimbang bertukar pikiran dengannya

Sadar! Ini 5 Tanda Kamu Sebenarnya Gak Bahagia Dalam Pernikahanpexels/ bruce mars

Buntut dari pilihan sikapmu untuk menjaga jarak dari pasangan adalah, menyibukkan diri dengan pekerjaan. Seberat apa pun tugas yang diberikan bos di kantor, akan kamu selesaikan dengan senang hati ketimbang harus duduk berdua dan bercengkerama bersama pasangan di rumah. Kamu terlalu khawatir, jika nanti obrolan kalian berujung dengan pertengkaran. Padahal kenyataannya gak selalu demikian.

Tapi karena sudah berpikir negatif dulu, alhasil kamu gak pernah mencoba untuk meninggalkan pekerjaan sejenak dan meluangkan waktu untuknya. 

5. Alasan kamu bertahan selama ini bukan lagi karena cinta tapi kebutuhan

Sadar! Ini 5 Tanda Kamu Sebenarnya Gak Bahagia Dalam Pernikahanpexels/ Daria Shevtsova

Terakhir coba tanyakan pada dirimu sendiri, apa sih yang menjadi alasan kamu bertahan dengannya sampai sekarang? Jika memang komunikasi di antara kalian gak berjalan lancar, seharusnya kamu sudah berpisah dengannya sejak dulu, dong. Tapi karena alasan lain kamu memilih bertahan. Seperti memikirkan kebutuhan sekolah anak, atau pandangan negatif dari  keluarga besar jika nantinya kalian berpisah. 

Gak ada lagi rasa cinta yang dulu menjadi alasan utama kamu mau menikah dengannya. Kebutuhan hidup, materi dan status sosial menjadi alasan utama kamu masih menjalani pernikahan dengannya hingga sekarang. 

Itu tadi lima tanda kalau sebenarnya kamu gak bahagia dalam pernikahan ini. Gimana apakah ciri di atas tengah kamu alami? Jika iya, lebih baik ambil sikap dan bicarakan baik-baik dengan pasangan. Supaya hatimu juga bisa merasa lebih tenang dan kehidupan rumah tangga kalian bisa kembali harmonis

Baca Juga: 9 Cara Tepat Cintai Pasangan Agar Pernikahan Gak Kandas di Meja Hijau

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya