Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Terlalu Dominan di Dalam Hubungan Asmara, Hentikan ya!

Coba sekali-kali dengarkan pendapat dia juga

Hampir semua orang senang diperhatikan oleh pasangannya. Mereka berpikir bahwa kepedulian, larangan dan aturan yang dibuat pacar adalah bukti rasa cintanya yang tulus. Memang itu semua tidak sepenuhnya salah, asal gak dilakukan secara berlebihan, ya. Sebab jika kamu jadi suka mengatur, overprotective dan suka melarang tanpa alasan yang jelas, ini sudah mengarah ke sikap dominan, lho.

Seperti jika selama ini kamu kerap kali menunjukkan lima tanda berikut. Sadar atau tidak, kelakuan tersebut mempertegas kalau kamu sangat ingin mendominasi dalam hubungan. Apa saja tanda yang dimaksud? Keep scrolling biar tidak penasaran lagi. 

1. Segala keputusan mutlak berada di tanganmu

5 Tanda Kamu Terlalu Dominan di Dalam Hubungan Asmara, Hentikan ya!unsplash/Marius Muresan

Selama ini kalian jarang sekali berdebat. Bukan karena tidak ada masalah, akan tetapi tiap mau berdiskusi kamu selalu mengambil keputusan secara sepihak. Seolah-olah dalam hubungan ini kamu adalah pemimpinnya. Padahal, seharusnya dia juga punya hak bersuara yang sama, dong!

Bahkan meskipun pendapat dan masukan dia ada benarnya, tapi tetap diabaikan begitu saja. Pokoknya, hanya keputusanmu saja yang boleh dijalankan, titik! Duh, keras kepala banget sih!

2. Kamu suka mengatur pasangan mulai dari penampilan sampai pada urusan pribadinya

5 Tanda Kamu Terlalu Dominan di Dalam Hubungan Asmara, Hentikan ya!unsplash/Nicole Geri

Tak hanya memaksakan kehendak dalam pengambilan keputusan, kamu juga gemar mengatur dia dalam segala hal. Mulai dari penampilan hingga urusan pribadi pacar, semua harus melewati persetujuanmu terlebih dahulu. Ingat gak sih, kalian belum menikah, lho! Meskipun sebagai pria, kamu gak punya hak mengatur kehidupan pribadinya untuk saat ini. 

Masa iya, mau kencan saja harus kamu yang memilihkan outfit untuknya? Belum lagi soal dia yang ingin kuliah di luar kota, kamu juga yang repot mencarikan universitas terbaik, tentu saja menurut versimu. Sudah pernah tanya belum, apakah kekasihmu terima diperlakukan seperti ini?

Baca Juga: Lakukan 7 Hal Ini Jika Pasanganmu Tak Stabil Secara Emosional

3. Setiap kali kencan selalu kamu yang membayar tagihan, bagus sih tapi ...

5 Tanda Kamu Terlalu Dominan di Dalam Hubungan Asmara, Hentikan ya!unsplash/Gift Habeshaw

Sebagai seorang pria, membayar bill makan malam saat berkencan bisa menunjukkan kalau kamu tuh gentleman. Akan tetapi karena status kalian masih berpacaran alias belum menikah, gak ada salahnya kok untuk bergantian mentraktir pasangan. Sayangnya, sebagai tipe dominan kamu pantang terlihat lemah di depannya dan selalu saja memaksa untuk membayar semuanya. Padahal pacarmu juga ingin, lho sekali-kali mentraktirmu makan. 

Bukan bermaksud meremehkan, justru dia hanya sedang berusaha bersikap adil. Toh, kamu belum menjadi suaminya dan tidak punya tanggung jawab penuh akan dirinya. Selain itu kekasihmu pasti juga tidak mau terlihat seperti sedang memanfaatkan harta yang kamu miliki. Pikirkan lagi deh!

4. Dalam segala hal kamu selalu berusaha lebih unggul darinya

5 Tanda Kamu Terlalu Dominan di Dalam Hubungan Asmara, Hentikan ya!unsplash/Sangria Señorial

Bagimu hubungan asmara ini seperti kompetisi lari, dan kamu gak mau berada jauh di belakangnya. Sebagai orang yang memiliki sikap dominan, kamu berambisi untuk terus berada di depannya dalam segala hal. Mulai dari jumlah penghasilan dalam sebulan, prestasi kerja yang didapat, hingga investasi yang dimiliki. 

Padahal sesungguhnya kekasihmu gak pernah mempermasalahkan semua itu, lho. Dia mau, kok menerima kamu apa adanya. Tapi kamu malah heboh dan pusing sendiri. Melihat si dia mendapat promosi kenaikan jabatan di kantornya, eh bukannya ikut senang kamu malah kesal karena kalah persaingan. Percaya deh, pada akhirnya kamu sendiri yang bakal menderita karena gak pernah merasa puas dan bersyukur. 

5. Bukannya nyaman, pacarmu justru terlihat tertekan tiap kali kalian sedang berduaan

5 Tanda Kamu Terlalu Dominan di Dalam Hubungan Asmara, Hentikan ya!unsplash/Clem Onojeghuo

Tanda yang terakhir bisa kamu lihat sendiri di depan mata, jika mau lebih peka dan peduli. Ya, gestur orang gak bakal bisa bohong. Lama kelamaan pacarmu akan merasa kurang nyaman saat kalian lagi berduaan. Karena sikapmu yang dominan dan mulai mengekang kebebasannya, dia justru terlihat tertekan tiap kali berkencan.

Ibarat diperlakukan seperti boneka, kekasihmu ini hanya perlu diam dan nurut apa katamu saja. Siapa juga yang bakal betah? Syukur-syukur dia masih mau bertahan, lho. Entah sampai kapan, tinggal tunggu waktunya dia bakal berpaling juga darimu. 

Setiap orang tentu punya batas kesabaran masing-masing. Jangan dikira karena selalu ikut apa katamu, itu berarti dia pasrah dan kamu berhak bersikap dominan terus menerus. Bisa jadi suatu saat hatinya lelah juga menghadapimu, sebab harapannya kamu bisa berubah gak pernah terwujud.

Jangan sampai, ketika dia minta putus kamu baru sadar sudah bertindak kelewatan, ya! Makanya, mumpung masih ada kesempatan segeralah memperbaiki diri. 

Baca Juga: Jangan Ditinggal! Lakukan 5 Hal Ini Saat Karier Pasanganmu Meredup

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya