Comscore Tracker

Makan Hati, Ini 5 Tipe Gebetan yang Sebaiknya Jangan Dijadikan Pacar

#IDNTimesLife Belum jadian aja sudah bikin repot!

Begitu tahu ada beberapa orang yang berusaha mendekati dan mendapatkan cintamu, tentu sedikit banyak itu membuatmu merasa bangga. Tetapi meskipun menyenangkan karena punya banyak penggemar, tapi jangan sampai kamu terlena dan menutup mata, ya. Asal berparas rupawan, boleh deh dikasih kesempatan. Bukan begitu juga konsepnya. Kamu tetap harus melihat bibit-bebet-bobotnya. Jangan sampai karena asal pilih, pada akhirnya membuatmu menyesal dan rugi. 

Ada beberapa tipe gebetan yang sewajarnya kamu hindari. Bukannya sok jual mahal, tapi kamu gak mau dong, makan hati karena gak teliti dalam memilih. Seperti lima tipe gebetan berikut ini. Catat baik-baik ya, karena model seperti ini yang pantang diberi kesempatan apalagi sampai dijadikan pacar!

1. Si dia yang hobi membandingkan kamu dengan mantan-mantan pacarnya terdahulu

Makan Hati, Ini 5 Tipe Gebetan yang Sebaiknya Jangan Dijadikan Pacarpexels.com/Samson Katt

Camkan baik-baik, ya! Mantan bukanlah topik pilihan terbaik yang bisa dijadikan bahan obrolan, apalagi sama gebetan. Membahas mantan meskipun dalam konteks lucu-lucuan bukanlah ide yang tepat. Apalagi sampai membanding-bandingkanmu dengan para mantannya. Niatnya sih mau memuji kalau kamu lebih rupawan, pintar, baik dan asik dibandingkan mereka, tapi dipikirnya itu perlu? 

Gak usah memuji kalau harus dengan cara menjatuhkan orang lain begitu. Toh, kamu pun pasti merasa risi dibanding-bandingkan melulu. Tipe yang begini ini nih, nantinya kalau sudah jadian gak bisa berhenti menyamakan kamu sama mantan-mantannya. Annoying banget!

2. Si dia yang hanya memandang kamu dari segi penampilan dan isi dompet saja

Makan Hati, Ini 5 Tipe Gebetan yang Sebaiknya Jangan Dijadikan Pacarpexels.com/Andrea Piacquadio

Coba tanyakan ke dia apa hal darimu yang membuatnya jatuh cinta. Kalau jawabannya karena kamu rupawan, itu sih gombal ya! Kalau nanti kalian benar jadian dan beberapa tahun kemudian kamu sudah gak semenawan sekarang, apa iya dia masih cinta? Jangan-jangan malah langsung kabur. Begitu kamu yakin dia hanya memandang fisik dan isi dompetmu saja, lebih baik segera mundur deh. 

Kelihatan banget kok, ketika dua hal tersebut yang menjadi alasan dia naksir sama kamu. Tiap kali keluar berdua, selalu saja dia minta dibelikan ini-itu. Belum lagi ketika dia tahu kamu tidak merapikan rambutmu saat bertemu dengannya, pasti langsung diprotes habis-habisan. Yakin deh, kalau cuma itu yang membuatnya jatuh cinta ke kamu, hubungan kalian ke depannya gak bakal bisa langgeng. 

3. Si dia yang dekat denganmu saat ada perlunya saja

Makan Hati, Ini 5 Tipe Gebetan yang Sebaiknya Jangan Dijadikan Pacarpexels.com/Gustavo Fring

Gak jauh beda sama poin sebelumnya, selain materialistis kebiasaan datang dan pergi seenaknya juga gak bisa kamu terima begitu saja. Tiap kali dia mendekatimu pasti ada udang di balik batu. Tapi ketika dia gak ada masalah sama sekali, jarang banget, lho menghubungimu duluan. Kesannya seperti kamu tuh, alarm darurat tiap kali dia terkena musibah. 

Bodoh, jika kamu terus menerus bertahan dan dekat dengannya padahal tahu kehadiranmu hanya dimanfaatkan olehnya. Lebih baik hindari tipe gebetan yang seperti benalu begini. Bayangkan saat kalian jadian nanti, kamu terus yang bakal memberi tanpa bisa berharap apa-apa darinya. Mau jadi budak cinta?

Baca Juga: 5 Hal yang Kerap Dipikirkan Gebetan Saat Tahu Kamu Punya Banyak Mantan

4. Si dia yang over protective dan suka mengatur hidupmu dari A sampai Z

Makan Hati, Ini 5 Tipe Gebetan yang Sebaiknya Jangan Dijadikan Pacarpexels.com/Gabby K

Belum juga jadian, si dia sudah sering banget mengatur kehidupanmu. Mulai dari masalah yang sepele hingga terbilang privasi. Seperti ikut campur masalah dalam keluarga intimu. Memang kamu kerap kali menceritakan persoalan hidupmu ke dia. Ya, anggap saja curhat dan berkeluh kesah gitu deh. Sebagai seseorang yang tengah dekat denganmu, wajar bila dia menjadi pendengar dan memberikan sedikit nasihat. 

Akan tetapi bukan berarti dia punya hak untuk ikut campur terlalu jauh, dong. Ditambah lagi sampai mengatur kamu harus nurut saran darinya terus. Memangnya dia mau tanggung jawab kalau masalahmu semakin runyam? Nanti saat kalian sudah jadian, siap-siap saja sikapnya itu bakal semakin menjadi-jadi dan jadi over protective

5. Si dia yang sudah lama PDKT tapi gak juga ada kejelasan, mau nembak apa gak sih?

Makan Hati, Ini 5 Tipe Gebetan yang Sebaiknya Jangan Dijadikan Pacarpexels.com/Kampus Production

The last but not least, tipe gebetan yang lama memberi kejelasan juga wajib dicoret dari daftar calon pacar. Sudah menjalani masa pendekatan hampir satu tahun, dia belum juga memberi titik terang. Padahal selama itu kamu berusaha buat setia, meskipun kalian belum punya status apa-apa.

Kamu gak berusaha dekat dengan wanita lain dan fokus mengenal dia lebih lanjut. Tapi jangankan memberi kejelasan masa depan hubungan ini, sinyal atau kode pun tidak ada sama sekali. 

Ibaratnya, kalian dekat, akrab dan katanya saling sayang tapi ragu-ragu buat jadian. Sementara ketika ada wanita lain yang mendekatimu dia langsung pasang badan buat menghalang-halanginya. Takutnya, saat sudah jadian nanti dia akan kembali menggantungkan hubungan kalian terlalu lama tanpa adanya kepastian, mau dibawa ke pernikahan atau tidak. 

Bila kamu ingin menemukan sosok kekasih yang terbaik, gak ada salahnya kok lebih selektif lagi saat memilih. Masa pendekatan bisa jadi sarana untuk menimbang-nimbang apakah si dia cocok dijadikan pacar atau tidak. Jangan sampai asal comot dan pada akhirnya menyesal, ya! Paling penting, perlu digaris bawahi bahwa lima tipe gebetan di atas tidak perlu dijadikan kandidat, kalau kamu ingin memiliki hubungan asmara yang penuh kebahagiaan. 

Baca Juga: 5 Cara Bersikap Tenang dan Gak Canggung di Dekat Gebetan

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya