Comscore Tracker

Kamu Wajib Tahu! Ini 5 Ciri Anuptaphobia, Fobia Menjadi Jomblo

Kamu mengalaminya juga atau tidak, nih?

Bagi sebagian orang menjadi jomblo adalah sebuah hal yang harus dihindari. Entah apa yang membuat mereka berpikiran bahwa menjadi jomblo semenakutkan itu.

Bila kamu mengalami hal yang serupa, bisa jadi kamu tengah mengalami sebuah fobia bernama anuptaphobia. Anuptaphobia merupakan sebuah fobia yang dialami seseorang karena takut melajang atau menjadi jomblo. Ingin tahu bagaimana ciri-ciri anuptaphobia? Simak ulasannya berikut ini.

1. Selalu berpikir menjadi jomblo itu mengenaskan

Kamu Wajib Tahu! Ini 5 Ciri Anuptaphobia, Fobia Menjadi JombloUnsplash.com/Mika Matin

Para penderita anuptaphobia umumnya akan selalu berpikir bahwa menjadi jomblo itu mengenaskan. Mereka cenderung takut akan hal-hal yang sebenarnya hanya datang dari pikiran mereka sendiri. Tak pelak hal ini memunculkan stigma bahwa mereka maupun orang-orang di sekitar mereka perlu mengasihani keadaannya karena ia tengah melajang.

2. Lebih memilih bertahan pada hubungan yang tidak sehat

Kamu Wajib Tahu! Ini 5 Ciri Anuptaphobia, Fobia Menjadi JombloUnsplash.com/Clem Onojeghuo

Dibandingkan harus menjadi jomblo orang-orang dengan anuptaphobia akan cenderung lebih memilih bertahan pada hubungan yang tidak sehat atau toxic relationship. Karena mereka beranggapan setidaknya mereka masih memiliki seseorang dengan status pacar dibanding melihat peluang atau masa depan hubungan mereka.

Baca Juga: Takut Mertua hingga Boneka, Ini 7 Fobia Unik yang Bikin Heran

3. Menganggap sendiri itu menakutkan

Kamu Wajib Tahu! Ini 5 Ciri Anuptaphobia, Fobia Menjadi JombloUnsplash.com/Andrew Neel

Karena hal ini pula lah pengidap anuptaphobia akan menganggap sendiri itu menakutkan. Jomblo itu menakutkan dan kesepian. Ke sana kemari sendirian yang pada akhirnya akan membuat mereka tergantung pada orang lain untuk diandalkan.

4. Obsesif pada hal-hal bahagia

Kamu Wajib Tahu! Ini 5 Ciri Anuptaphobia, Fobia Menjadi JombloUnsplash.com/Chiến Phạm

Ciri lain yang ditunjukkan pada penderita anuptahobia adalah mereka akan cenderung memiliki obsesi yang tinggi pada hal-hal bahagia seperti pernikahan, menemukan cinta sejati, hidup layaknya dalam film romantis. Hal-hal yang menurut mereka jauh menyenangkan dibanding dengan imajinasi hidup sendirian dan menjomblo.

5. Merasa bila menjadi jomblo itu tidak bahagia

Kamu Wajib Tahu! Ini 5 Ciri Anuptaphobia, Fobia Menjadi JombloUnsplash.com/Joseph Pearson

Penderita anuptaphobia juga akan merasa bahwa jomblo itu tidak bahagia. Kesendirian hanya akan mendatangkan kesedihan dan bisa berujung depresi. Tentu saja pikiran semacam ini akan mengganggu aktivitas sehari-hari untuk menjadi pribadi yang produktif.

Demikian tadi 5 ciri anuptaphobia sebuah fobia takut menjadi jomblo. Bahagia atau tidak, semua itu kita sendiri yang merasakan dan menciptakan. Jadi jomblo tidak semenakutkan itu, kok. Daripada kamu terjebak dalam toxic relationship lebih baik rehat berpacaran dulu, bukan?

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Menghilangkan Fobia Matematika

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya