Comscore Tracker

5 Bukti bahwa Kamu dan Pasangan Punya Hubungan yang Dewasa

Salah satunya gak banyak drama!

Bila selama ini kamu berpikir hubungan langgeng hingga bertahun-tahun merupakan salah satu wujud hubungan yang dewasa, hal itu gak sepenuhnya benar, lho. Meski baru seumur jagung, namun kamu dan pasangan bisa saja punya hubungan yang dewasa, kok.

Lalu, apa bukti yang menunjukkan kalau kamu dan pacar punya hubungan yang dewasa? Penasaran? Cari tahu sama-sama, yuk.

1. Posting di media sosial seperlunya

5 Bukti bahwa Kamu dan Pasangan Punya Hubungan yang DewasaIlustrasi pria dan wanita tengah berswafoto (Pexels.com/Vanessa Garcia)

Saat kamu dan pasangan memiliki hubungan yang dewasa, salah satu tandanya ditunjukkan dengan kalian gak terlalu sering mengumbar kemesraan dengan pacar di media sosial. Sesekali mengunggah kebersamaan boleh, kok, hanya saja gak setiap kali ada momen bersama selalu di posting, ya.

Kalian jauh lebih menghargai kebersamaan yang gak diabadikan lewat jepretan kamera, atau semisal diabadikan, kalian lebih sering menikmatinya sendiri. Karena, gak semua hal harus dipamerkan lewat sosial media, bukan? Lagipula orang juga sudah tahu dengan siapa kamu menjalin hubungan, kan?

2. Saling percaya satu sama lain

5 Bukti bahwa Kamu dan Pasangan Punya Hubungan yang DewasaIlustrasi pria dan wanita bergandengan tangan (Pexels.com/Tan Danh)

Salah satu bukti bahwa sebuah hubungan memasuki fase dewasa adalah tumbuhnya rasa percaya satu sama lain. Di awal pacaran mungkin hal-hal seperti cemburu dan curiga satu sama lain kerap mendominasi namun, dibanding mempermasalahkan hal seperti itu kalian lebih memilih untuk saling percaya.

Hal-hal kecil yang dulunya sering jadi pemicu pertengkaran di antara kalian sudah bukan jadi hal besar untuk diperdebatkan, deh. Lagipula kunci keberhasilan suatu hubungan juga berdasar pada rasa saling percaya satu dan lainnya, kan?

Baca Juga: Dalam Memandang Cinta, 7 Perbedaan Perempuan Dewasa Vs Belum Dewasa

3. Paham akan kesibukan satu sama lain

5 Bukti bahwa Kamu dan Pasangan Punya Hubungan yang DewasaIlustrasi pasangan yang tengah berdiskusi (Pexels.com/Monstera)

Masalah harus telepon, chatting tiap waktu, mengabari setiap kali berpergian sudah bukan lagi jadi perdebatan utama dalam hubungan kalian. Bila sudah menjalani hubungan yang dewasa hal seperti ini gak jadi sebuah perkara penting.

Karena kalian paham kesibukan masing-masing dan sadar dengan sendirinya, bahwa tanpa harus diminta pasti akan memberi kabar satu sama lain meski gak terlalu sering. Selagi memang benar-benar sibuk karena pekerjaan dan masih bisa meluangkan waktu di hari tertentu untuk bertemu atau menghabiskan waktu berdua, kenapa harus buang energi kamu untuk curiga?

4. Gak saling lempar kesalahan

5 Bukti bahwa Kamu dan Pasangan Punya Hubungan yang DewasaIlustrasi pasangan sedang bertengkar (Pexels.com/RODNAE Productions)

Semakin dewasa  sebuah hubungan, semakin malas juga terbelit dengan banyak drama. Kalau kamu dan pacar sudah menjalin hubungan yang benar-benar dewasa kamu dan dia gak akan saling lempar kesalahan satu sama lain.

Siapa yang salah, ya dia akan meminta maaf. Kalian tahu caranya untuk mengendalikan ego masing-masing. Duduk berdua dan cari jalan keluar bersama bukan malah saling tunjuk siapa yang bersalah siapa yang paling menderita dalam hubungan ini.

5. Lebih sering terus terang

5 Bukti bahwa Kamu dan Pasangan Punya Hubungan yang DewasaIlustrasi pasangan yang tengah asyik bercerita (Pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Apabila sedang marah, gak suka dengan sikap pasangan, cemburu, saling memuji semua dilakukan secara terus terang. Gak ada lagi hal yang kalian tutupi satu sama lain hanya untuk membuat hubungan kalian terselamatkan.

Kejujuran jadi salah satu faktor utama langgengnya hubungan juga, lho. Sebaliknya, kebohongan malah akan membuat hubungan kalian bisa berakhir dengan cepat. Makanya saat kamu dan pasangan sudah lebih sering terus terang, itu tandanya hubungan kalian termasuk hubungan yang dewasa.

 

Itulah beberapa bukti yang menunjukkan kalau kamu dan pasangan punya hubungan yang dewasa. Hayo, hubungan kalian termasuk ke dalam hubungan yang dewasa atau belum, nih?

Baca Juga: 5 Tanda Pasangan Belum Cukup Dewasa dalam Menjalin Hubungan

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya