Comscore Tracker

Jangan Dilakukan! Ini 5 Sikap yang Bisa Rusak Persahabatanmu

Gak gampang, lho guys punya sahabat yang baik

Kehadiran sahabat sangat kita perlukan di kehidupan kita. Mereka yang selalu ada untuk kita. Sepantasnya  kita memperlakukan mereka sebagaimana mereka memperlakukan kita.

Jangan sampai karena sikap yang kita lakukan justru malah merusak persahabatan. Kira-kira sikap apa saja ya yang dimaksud? Intip bareng-bareng, yuk!

1. Melupakan mereka saat kamu punya pasangan

Jangan Dilakukan! Ini 5 Sikap yang Bisa Rusak PersahabatanmuIlustrasi pasangan (Pexels.com/Katerina Holmes)

Saat kamu mulai punya pasangan pasti waktumu akan lebih banyak dihabiskan bersama pasangan. Namun, meski demikian bukan berarti juga, lho kamu dengan entengnya melupakan sahabat kamu. Bagaimanapun juga kamu lebih dulu mengenal mereka dibanding pasanganmu. Setidaknya sapalah mereka atau tetap aktif di grup meski kamu punya pacar sekalipun.

2. Menuntut mereka selalu berada di sisi kamu

Jangan Dilakukan! Ini 5 Sikap yang Bisa Rusak PersahabatanmuIlustrasi pria dan wanita sedang bersantai (Pexels.com/Jack Sparrow)

Meski mereka sahabatmu kamu gak bisa menuntut mereka untuk selalu berada di sisi kamu terus. Mereka juga punya hak untuk melakukan hal-hal yang mereka sukai. Sebagai sahabat kamu juga gak boleh, lho bersikap egois dengan gak memperbolehkan mereka bergaul dengan orang lain kecuali kamu. Kalau kamu gak ingin persahabatanmu rusak sebaiknya biarkan mereka bebas dan berkembang.

3. Sering memberi komentar jahat kepada mereka

Jangan Dilakukan! Ini 5 Sikap yang Bisa Rusak Persahabatanmuilustrasi sahabat (pexels.com/andrea piacquadio)

Jangan pernah berdalih sarkas atau inside joke kalau kamu sebenarnya punya maksud memberi komentar jahat kepada mereka. Kalau mereka berbuat kesalahan sebaiknya tegur saja. Jangan malah menyindir atau bahkan memberi komentar jahat hingga menjatuhkan mereka. Kamupun semisal diperlakukan seperti itu juga pasti gak nyaman banget, kan?

Baca Juga: 6 Hal yang Sering Bikin Persahabatan Renggang, Bisa Diatasi!

4. Gak pernah hadir saat mereka butuh

Jangan Dilakukan! Ini 5 Sikap yang Bisa Rusak PersahabatanmuIlustrasi dua orang wanita sedang bertengkar (Pexels.com/Liza Summer)

Mereka selalu hadir di masa sulit kamu, kamu juga seharusnya selalu hadir di saat mereka butuh. Meski mungkin bantuanmu gak banyak, dengan kamu gak pernah meninggalkan mereka saja sudah sebagai salah satu bentuk dukungan, lho. Jangan jadi orang yang gak tahu caranya balas budi. Usahakan balas semua perbuatan baik orang-orang yang selalu ada untukmu di saat kamu susah dulu.

5. Membicarakan kejelekan mereka di belakang

Jangan Dilakukan! Ini 5 Sikap yang Bisa Rusak PersahabatanmuIlustrasi bergosip (Pexels.com/Keira Burton)

Kalau kamu merasa ada yang gak sesuai dengan mereka baik tindakan ataupun ucapan sebaiknya langsung bicarakan secara pribadi. Sahabat yang baik gak akan membicarakan kejelekan sahabatnya di belakang.

Kalau mereka salah tegurlah kalau mereka kelewatan ingatkanlah. Bukankah seharusnya sebagai sahabat yang baik harus melakukan hal seperti itu, ya? Bukannya malah membicarakan yang tidak-tidak di belakang.

Nah, itulah tadi beberapa sikap yang bisa bikin rusak persahabatan kamu. Usahakan jangan pernah melakukan itu semua, ya guys.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Persahabatan Tetap Kompak setelah Menikah

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya