Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan sebelum Menjalin Hubungan Asmara

Jangan sampai asal dalam menjalin hubungan, ya #IDNTimesLife

Bagi sebagian besar orang menjalin hubungan asmara merupakan salah satu fase dalam hidup yang menyenangkan. Namun, pada praktiknya banyak yang asal menjalin hubungan asmara tanpa mempertimbangkan beberapa alasan. 

Hal ini jika diteruskan bisa berdampak fatal pada hubungan itu sendiri. Kira-kira apa saja, ya hal-hal yang perly dipertimbangkan sebelum menjalin hubungan asmara? Penasaran? Let's check this out! 

1. Kesiapanmu

5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan sebelum Menjalin Hubungan AsmaraIlustrasi pasangan (Pexels.com/Andres Ayrton)

Sebelum menjalin hubungan asmara penting banget, lho untuk mengetahui kesiapanmu. Kamu siap atau gak nih dalam fase baru dalam hidupmu. Menjalin hubungan asmara tentu ada beberapa konsekuensi yang harus kamu terima bahkan kemungkinan-kemungkinan tak terduga yang bisa saja terjadi.

Jika sebelumnya kamu hanya fokus pada diri sendiri, maka saat menjalin hubungan asmara ada orang lain juga yang harus kamu pedulikan. Kesiapan seperti inilah yang wajib jadi pertimbangan kamu. 

2. Kriteria dalam diri pasanganmu

5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan sebelum Menjalin Hubungan AsmaraIlustrasi pasangan (Pexels.com/Andres Ayrton)

Hanya karena orang di sekelilingmu sudah menjalin hubungan asmara dan kamu belum kamu lantas menerima siapa pun yang datang dalam hidupmu. Hal seperti ini jangan sampai terjadi, lho. Kamu harus tahu kriteria seperti apa yang kamu mau atau kamu butuhkan.

Jangan semua yang datang kamu terima begitu saja alih-alih gak mau diledek karena jomblo terus menerus. Pilihlah sesuai dengan kriteria yang kamu mau. Jangan sampai menyesal kemudian hari karena dia gak sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. 

3. Mau menerima kekurangan dan kelebihannya atau tidak

5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan sebelum Menjalin Hubungan AsmaraIlustrasi pasangan (Pexels.com/Katerina Holmes)

Gak ada manusia yang sempurna, termasuk kamu dan pasangan. Maka dari itu sebelum menjalin hubungan asmara kamu wajib mempertimbangkan hal satu ini. Kamu siap gak nih menerima kekurangan dan kelebihan dia?

Apakah kamu sanggup mentolerirnya atau gak? Pertanyaan seperti ini tentu saja kamu sendiri yang mengetahuinya. Karena setiap orang pasti bertemu dengan pasangan dengan sifat, sikap, tabiat yang berbeda-beda. 

Baca Juga: 5 Kriteria Pasangan yang Biasanya Dicari Ketika Memasuki Usia Matang

4. Perasaanmu saat bersama dia

5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan sebelum Menjalin Hubungan AsmaraIlustrasi pasangan (Pexels.com/Ron Lach)

Sebelum melangkah ke fase selanjutnya ada baiknya kamu juga mempertimbangkan bagaimana perasaan kamu saat bersama dia. Apakah kamu nyaman berada di dekatnya? Apakah dia membuatmu merasa tertekan? 

Kamu wajib banget peka dan mengenali perasaan ini. Supaya saat kamu sudah benar-benar menjalin hubungan asmara kamu gak akan takut akan kemungkinan-kemungkinan buruk yang mungkin saja akan menghampirimu. 

5. Tujuan dalam membangun hubungan

5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan sebelum Menjalin Hubungan AsmaraIlustrasi pasangan (Pexels.com/Juan Vargas)

Hal terakhir yang wajib jadi pertimbangan kamu ialah apa sih tujuanmu dalam membangun hubungan ini? Apakah sebatas hanya ingin bersenang-senang? Kamu ingin menikah, mencari partner hidup, atau sekadar teman berkeluh kesah.

Kamu harus banget tahu apa tujuanmu. Lalu bicarakan dengan pasangan. Apabila pasangan yang mengutarakan tujuannya padamu terlebih dahulu. Tanyakan pada dirimu apakah kalian satu tujuan atau gak? Ditakutkan kamu hanya butuh teman sementara dia mengingkinkan pernikahan. 

Nah, demikian tadi beberapa hal yang wajib kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk menjalin hubungan asmara. Semoga kamu mantap dan yakin dengan keputusan kamu, ya. 

Baca Juga: 5 Tanda Hubungan Asmara yang Hendak Menuju Pelaminan

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya