Comscore Tracker

Sering Disepelekan, 6 Kebiasaan Ini Sebenarnya Bikin LDR Bubar Jalan

Bisa bikin putus lho kalau sering dilakukan

LDR atau Long Distance Relationship seringnya tidak bisa dihindari. Meski begitu, merajut hubungan jarak jauh bukan momok mengerikan kok. Ketika kamu dan pasangan bisa menyiasatinya, pasti hubungan LDR akan berjalan dengan lancar.

Nah, supaya hubungan gak kandas di tengah jalan, perhatikan 5 kebiasaan di bawah ini ya. Meski terkesan sepele namun bisa jadi racun dalam hubungan lho, apa saja?

1. Tenggelam dengan kesibukan masing-masing dan malas meluangkan waktu untuk menjalin komunikasi yang berkualitas

Sering Disepelekan, 6 Kebiasaan Ini Sebenarnya Bikin LDR Bubar JalanUnsplash.com/Pablo Heimplatz

Berada di tempat yang tak sama, kalian pun juga tenggelam dalam kesibukan yang berbeda. Waktu kalian habis untuk bekerja, belum lagi memenuhi kebutuhan sosial seperti nongkrong bareng teman, hingga waktu untuk diri sendiri alias me time. Meski demikian, tak dibenarkan jika kamu dan pasangan hanya cuek saja dan menerima keadaan.

Kalian harus sama-sama berusaha untuk menemukan waktu supaya bisa menjalin komunikasi yang berkualitas. Misalnya saja kamu dan dia meluangkan hari tertentu supaya bisa memiliki waktu untuk saling berbicara secara intens dan saling bertukar pikiran secara lebih dalam.

2. Over protektif dan selalu mengecek pasangan tiap waktu, parahnya lagi menyuruhnya mengirimkan foto sebagai bukti

Sering Disepelekan, 6 Kebiasaan Ini Sebenarnya Bikin LDR Bubar JalanUnsplash.com/Pablo Heimplatz

LDR adalah cara uji paling ampuh untuk menilai apakah hubunganmu dengan pasangan memang layak dilanjutkan atau tidak. Salah satu indikator pengujinya adalah kepercayaan. Apakah pasanganmu sepenuhnya percaya atau justru mengikat dan membatasi kebebasan?

Jika kebiasaan yang dimiliki adalah yang kedua maka kalian patut waspada, karena sifat ini bisa membuat hubungan bubar jalan. Salah satu pihak bisa merasa kebebasannya terenggut dan gak leluasa lagi melakukan hal-hal yang disenangi.

3. Merasa iri dengan pasangan lain dan mulai membandingkan hubunganmu dengan mereka

Sering Disepelekan, 6 Kebiasaan Ini Sebenarnya Bikin LDR Bubar JalanUnsplash.com/Everton Vila

Ketika menjalani LDR, kalian harus memahami bahwa hubungan ini istimewa. Kamu dan dia gak akan bisa selalu tiap malam minggu bertemu atau janjian makan sesering pasangan lainnya.

Jadi gak perlu merasa iri dan malah membandingkannya dengan hubungan orang lain. Justru, kamu harus yakin bahwa hubungan ini istimewa karena kalian lebih tangguh dari pasangan lainnya.

4. Tidak menceritakan secara jujur hal-hal yang terjadi padamu

Sering Disepelekan, 6 Kebiasaan Ini Sebenarnya Bikin LDR Bubar JalanUnsplash.com/Shea Rouda

Seperti halnya kepercayaan, kejujuran itu juga penting dan harus dijunjung tinggi. Mungkin kalian memang gak memiliki banyak waktu untuk bercakap-cakap setiap harinya. Namun yang harus diutamakan adalah kejujuran dan jangan pernah menyembunyikan hal sesepele apa pun. Ingat satu kebohongan akan menuntunmu pada kebohongan selanjutnya.

5. Saat bertemu justru fokus dengan gadget masing-masing dan lupa pada pasangan

Sering Disepelekan, 6 Kebiasaan Ini Sebenarnya Bikin LDR Bubar JalanUnsplash.com/Mahkeo

Waktu pertemuan seharusnya yang paling ditunggu untuk saling melepas rindu. Namun, ketika bersama dengan pasangan kalian malah saling cuek dan justru sibuk dengan kepentingan masing-masing, waspada kebiasaan ini bisa menghancurkan hubungan.

Tanya lagi pada dirimu sendiri, jika gadget saja bisa mengalihkan perhatianmu lantas apakah memang benar dia orang yang paling kamu sayang?

6. Cepat ngambek dan gak mau mengerti kesibukan pasangan

Sering Disepelekan, 6 Kebiasaan Ini Sebenarnya Bikin LDR Bubar JalanUnsplash/ Clem Onojeghuo

Ngambek dan bertengkar bisa jadi bumbu dalam menjalin hubungan dengan pasangan. Namun beda ceritanya jika kalian sedang menjalin LDR. Jarak yang ada bisa makin memperburuk keadaan.

Apalagi jika salah satu memiliki kebiasaan cepat ngambek, masalah sepele ini bisa memicu masalah yang lebih besar nantinya. Bukan gak mungkin salah satu pihak memilih untuk menyerah saja karena merasa lelah dengan pertengkaran yang tak kunjung usai.

Hayo jujur nih kebiasaan nomor berapa yang masih sering kalian lakukan?

Arkana Naranka Photo Verified Writer Arkana Naranka

Penggila buku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya