Comscore Tracker

Jarang Disadari, 5 Hal yang Bikin Persahabatan Kamu Berakhir Rusak

Berhati-hati ya

Kita tak bisa hidup seorang diri saja. Sudah naluriah kalau kita membutuhkan orang lain. Dari relasi tersebut kita akan menemukan kecocokan yang membawa hubungan pertemanan jadi lebih akrab lagi yaitu persahabatan.

Memiliki sahabat memang menyenangkan. Kamu harus bersyukur karena punya seseorang yang dipercaya untuk berbagi semua beban dan keluh kesahmu. Tapi, hati-hati karena tanpa sadar kita sering melakukan kesalahan yang bikin persahabatan jadi rusak, inilah lima diantaranya.

1. Tidak mencoba untuk jujur satu sama lain

Jarang Disadari, 5 Hal yang Bikin Persahabatan Kamu Berakhir Rusakpexels.com/Bahaa A. Shawqi

Kejujuran adalah faktor penting agar persahabatan berjalan langgeng. Jika ada yang mengganjal, baiknya segera dibicarakan. Jika ada sifat yang tidak disukai, kamu harus berani mengatakannya.

Memendam kekesalan dalam hati hanya bikin kamu sakit sendiri. Karena persahabatan harus berjalan dua arah dan butuh pengertian. Lewat kejujuran, kalian akan belajar menghargai pendapat masing-masing.

2. Kurangnya komunikasi antara kamu dan teman-temanmu

Jarang Disadari, 5 Hal yang Bikin Persahabatan Kamu Berakhir Rusakpexels.com/Tatiana Vavrikova

Tak jarang persahabatan merenggang karena kurangnya komunikasi. Hubungan jadi tak baik karena mengabaikan satu sama lain. Setelahnya, bisa menimbulkan salah paham yang malah memperburuk keadaan. 

Meski sibuk dengan aktivitas masing-masing, jangan lupa saling berbagi kabar. Merawat persahabatan sangat penting, lho. Bukankah sangat menyenangkan jika bisa berbagi suka dan duka dengan teman-teman baikmu?

3. Mementingkan ego karena cuma mau menang sendiri

Jarang Disadari, 5 Hal yang Bikin Persahabatan Kamu Berakhir Rusakpexels.com/APG Graphics

Tidak ada yang sama di dunia ini. Semua punya kesukaan, pendapat dan cara pandang yang berbeda. Begitu juga kamu dan teman-temanmu. Beda pendapat itu soal biasa. Yang penting bagaimana kalian bisa mengambil suara untuk keputusan terbaik.

Keegosian jadi penyebab persahabatan bisa rusak. Seperti kemauan untuk menang sendiri dan tidak mau mendengarkan pendapat yang lainnya. Sebab itu, tekan egomu untuk mendengarkan masukan teman-temanmu juga.

Baca Juga: 6 Hal Sederhana yang Membuat Persahabatanmu Tetap Awet

4. Melontarkan candaan yang kurang pantas sehingga teman tersinggung

Jarang Disadari, 5 Hal yang Bikin Persahabatan Kamu Berakhir Rusakpexels.com/Christina Morillo

Saling melempar jokes antar teman adalah hal yang biasa. Tapi kamu harus hati-hati ya. Alih-alih bercanda, jokes kamu malah bikin teman sakit hati. Siapa yang tahu kalau candaanmu bisa buat teman jadi terluka. Sebab itu, ketahui batas-batas yang bisa kamu lewati atau tidak. Ada sesuatu yang tidak bisa kamu jadikan candaan karena kurang pantas didengar. 

5. Diam-diam suka membicarakan teman dari belakang

Jarang Disadari, 5 Hal yang Bikin Persahabatan Kamu Berakhir Rusakpexels.com/Jopwell

Mengalami konflik dengan teman adalah hal biasa. Ketika sedang bertengkar, kadang kita melakukan hal yang gegabah seperti membicarakan keburukan sahabat di belakangnya. Bukannya membaik, keadaan malah semakin bertambah buruk.

Baiknya, kamu terus terang secara langsung agar tidak ada perasaan yang mengganjal. Bukankah saling jujur satu sama lain akan membuat hatimu lebih lega? Lagi, kamu akan semakin memahami satu dan yang lainnya.

Supaya persahabatan awet, kalian harus bisa merawatnya. Zaman sekarang, mencari teman yang benar-benar tulus sangat sulit, lho. Jangan biarkan persahabatanmu jadi rusak karena hal-hal di atas ya. 

Baca Juga: Lakukan 5 Hal ini agar Persahabatanmu Langgeng Tanpa Drama

cappucinotea Photo Verified Writer cappucinotea

Tohoshinki Enthusiast/Ig @astri_meita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You