Comscore Tracker

6 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Pasanganmu Sedang Berduka, Dukunglah!

Saat hal buruk terjadi, pasanganmu butuh support darimu

Setiap orang memiliki cara masing-masing saat menghadapi kenyataan yang pahit. Contohnya, kehilangan seseorang yang dicintai. Rasa duka akibat kehilangan pada tiap orang, bisa ditunjukkan dengan cara yang berbeda. Begitu juga denganmu dan pasangan.

Kamu harus fleksibel saat menghadapi pasangan yang berduka. Emosi orang yang melalui masa sulit, biasanya tak stabil. Di bawah ini merupakan hal-hal paling mendasar yang bisa kamu lakukan untuk pasanganmu yang sedang berduka. Yuk, disimak ulasannya!

1. Beri pasanganmu waktu sejenak untuk menenangkan diri mereka sendiri

6 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Pasanganmu Sedang Berduka, Dukunglah!dramabeans.com

Ketika pasangan berkata bahwa ia butuh waktu untuk sendirian, ini bukan berarti ia gak butuh bantuanmu sama sekali lho, ya! Kamu gak perlu tersinggung. Justru, kamu harus mendukungnya dengan memberi ruang bagi pasangan agar ia bisa menenangkan diri.

Bagi beberapa orang, hal ini bisa terlihat seperti ia mendorong semua orang menjauh. Padahal, sebenarnya ia hanya butuh merefleksikan keadaannya saat ini.

2. Cek keadaan pasanganmu secara berkala!

6 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Pasanganmu Sedang Berduka, Dukunglah!dramabeans.com

Ada beberapa orang yang terlihat baik-baik saja dari luar selama masa berduka. Tapi, hal ini justru patut diperhatikan! Bisa saja mereka memendam luka dan kepedihannya seorang diri.

Tanyakan dengan lembut keadaan pasangan secara berkala. Kamu juga bisa bertanya padanya, apa ia mau membicarakan hal itu. Tapi kalau ia menolak, maka kamu harus menghargai keputusannya! Jangan mencoba memaksanya untuk lebih terbuka, ya!

3. Tunjukkan rasa simpatimu padanya dengan cara yang tepat!

6 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Pasanganmu Sedang Berduka, Dukunglah!dramabeans.com

Di saat pasanganmu sedang mengungkapkan kesedihannya padamu, bersimpatilah kepadanya dengan cara yang tepat! Jangan membandingkan kesedihan yang sedang ia alami dengan pengalaman orang lain atau bahkan pengalamanmu sendiri!

Meski untuk motivasi, ini bisa memperburuk suasana hatinya. Lebih baik kamu konfirmasi perasaannya. Misalnya, dengan anggukan kepala atau katakan sesuatu seperti "Semua ini pasti sangat sulit dan berat bagimu." Ini bisa membuat pasangan dimengerti.

Baca Juga: Sering Melakukan Hal Manis untuk Pasangan, 5 Zodiak Ini Romantis Abis!

4. Sadarilah bahwa ada hal-hal yang memang gak bisa diperbaiki, baik itu oleh dirimu sendiri atau bersama pasangan

6 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Pasanganmu Sedang Berduka, Dukunglah!dramabeans.com

Terkadang, dalam rangka memberi energi positif pada yang kita sayangi, tanpa sadar kita sering kali mengucapkan kata-kata "Gak apa-apa, semuanya pasti bakal kembali normal" atau "Semuanya pasti bisa diperbaiki dan bakal jadi lebih baik".

Tujuan kita mungkin baik karena ingin menyemangati pasangan. Tapi, rasa berduka akibat kehilangan seseorang gak sesederhana itu dan bisa berbeda pada tiap orang. Kadang, lebih baik untuk menerima dan menanggung sedih akibat kehilangan, lalu membiarkan hingga rasa sakit pergi dengan sendiri.

5. Jika pasanganmu mulai berbicara tanpa henti tentang perasaannya, kamu cukup dengarkan saja

6 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Pasanganmu Sedang Berduka, Dukunglah!dramabeans.com

Emosi orang yang sedang mengalami perasaan terluka akibat kehilangan, sering kali gak stabil. Mood mereka juga biasanya naik turun. Bagi beberapa orang, hal ini bahkan membuat mereka menjadi lebih banyak berbicara daripada biasanya.

Ketika pasangan mulai mengoceh tentang banyak hal, termasuk perasaannya, gak peduli sudah berapa banyak kamu mendengar hal yang sama, kamu tetap harus mendengarkannya. Biasanya, pasanganmu hanya butuh didengar saja, kok!

6. Selalu ada di saat pasanganmu membutuhkan serta tunjukkan rasa cintamu padanya

6 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Pasanganmu Sedang Berduka, Dukunglah!dramabeans.com

Mungkin terdengar klise, tapi di masa-masa genting seperti ini, kamu harus selalu ada untuk pasanganmu. Terlebih, kalau ia secara langsung menyatakan bahwa dirinya membutuhkanmu.

Di samping itu, jangan enggan menunjukkan afeksi padanya. Kamu bisa melakukannya dengan memegang tangan atau memeluk pasangan ketika ia kalut atau takut. Hal ini akan membuat pasangan tenang dan aman. Bahkan, ia juga bisa merasa lebih baik setelahnya.

Demikian keenam hal yang bisa kamu lakukan untuk pasanganmu di kala ia sedang berduka. Yang terpenting ialah rasa pengertian dan jangan lupa untuk tetap menunjukkan kasih sayang karena hal itulah yang paling ia butuhkan. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: Awet & Harmonis, Ini 5 Alasan Pentingnya Menepati Janji pada Pasangan

Topic:

  • Ayuningtyas Juliana Putri
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya