Comscore Tracker

5 Tips untuk Menikmati Basa-basi, Anti Canggung-canggung Club

Gak perlu anxious lagi kalau mau bertemu dengan orang baru

Dalam hidup, selalu ada aja kejadian “kebetulan” yang membuatmu harus terjebak dalam basa-basi singkat dengan orang lain. Entah dosen atau atasan, kenalanmu yang nggak seberapa dekat, atau mungkin, kamu berniat PDKT-in doi yang belum kamu kenal. Namun, seringkali kita lebih memilih untuk menghindari situasi tersebut dengan alasan terlalu canggung.

Lebih baik nggak komunikasi sama sekali dibanding nantinya malah berakhir mempermalukan diri sendiri. Well, meski tidak mudah untuk menikmati obrolan kecil, tidak ada salahnya untuk sesekali mencoba berkomunikasi dengan orang lain meski hanya basa-basi semata.

Sejatinya hubungan yang dekat, rumit, dan kompleks itu bisa dimulai dari komunikasi dan percakapan yang sederhana, lho. Karena itu, coba terapkan kelima tips untuk menikmati basa-basi tanpa merasa canggung berikut ini, yuk! Hal ini juga bisa latih peningkatan rasa kepercayaan diri dalam dirimu, lho!

1. Ambil waktu untuk menenangkan diri 

5 Tips untuk Menikmati Basa-basi, Anti Canggung-canggung Clubilustrasi perempuan sedang merenung (pexels.com/Kate photo)

Jangan langsung merasa terbebani ketika kamu terjebak dalam situasi yang mengharuskanmu berbasa-basi dengan seseorang. Kamu bakal lebih mudah tergagap dan tidak fokus saat kamu merasa gugup.

Sebaliknya, tarik napas panjang dan cobalah untuk relaks. Kamu tidak sedang dihadapkan dengan interogasi atau interviu kerja, kok! Jadi tak perlu merasa terlalu tertekan terlebih dahulu, ya!

Yakinkanlah diri sendiri bahwa basa-basi tidak selalu seburuk yang kamu pikirkan. Apa saja bisa terjadi, termasuk hal-hal baik yang kamu tak pernah pikirkan sebelumnya.

2. Lempar pertanyaan untuk lawan bicara 

5 Tips untuk Menikmati Basa-basi, Anti Canggung-canggung Clubilustrasi pasangan (pexels.com/Samson Katt)

Pernahkah kamu terlalu gugup ketika fokus konversasi hanya mengarah padamu? Sehingga tanpa disadari, jawabanmu akan melenceng dari yang diharapkan. Salah satu trik untuk mengalihkan fokus pembicaraan ialah melempar pertanyaan pada lawan bicara.

Selain menghindari pertanyaan berlebihan tentangmu, melempar balik pertanyaan juga menjadi pertanda bahwa kamu menghargai sekaligus tertarik dengan kehidupan lawan bicaramu. Ada begitu banyak topik yang bisa kamu angkat, seperti hobi, makanan kesukaan, film favorit, dan masih banyak lagi. Sesuaikan dengan situasi atau tempat dimana kalian berkomunikasi.

Baca Juga: 5 Tanda Teman Gak Nyaman dengan Bahan Candaanmu, Bikin Canggung!

3. Beri lebih banyak pertanyaan 

5 Tips untuk Menikmati Basa-basi, Anti Canggung-canggung Clubilustrasi percakapan (pexels.com/ROD

Keheningan yang canggung itu bisa terjadi ketika pertanyaan telah terjawab. Baik kamu maupun lawan bicara sama-sama tidak memiliki topik lain untuk melanjutkan percakapan. Situasi inilah yang biasanya membuat kamu berpikir bahwa setiap basa-basi itu adalah aktivitas yang kurang menyenangkan.

Inilah cara untuk mencegah kamu terjebak dalam awkward silence. Segera lemparkan pertanyaan lagi sesudah kamu melempar pertanyaan sebelumnya. Simpelnya, jangan biarkan rantai konversasi itu putus di pertengahan. Kamu bisa menggali pertanyaan lebih mendalam sesuai kuriositasmu, tapi masih berkaitan dengan topik yang kalian bicarakan.

4. Hindari respon yang singkat dan dingin 

5 Tips untuk Menikmati Basa-basi, Anti Canggung-canggung Clubilustrasi percakapan (pexels.com/Amina Filkins)

Respon yang singkat secara tak langsung dapat mengusir lawan bicaramu untuk pergi. Selain menunjukkan betapa tidak betahnya kamu dengan konversasi tersebut, itu juga menyingkirkan kesempatanmu untuk mengenal lebih dekat lawan bicara.

Alih-alih bersikap seperti itu, tunjukkanlah kepercayaan dirimu setiap kali menjawab pertanyaan dari lawan bicara. Kamu bisa mencobanya dengan menjelaskan alasan di balik jawaban yang kamu utarakan. Dengan demikian, konversasi pun bisa terus berjalan lancar dan terjadi dua arah.

5. Selalu mulai dan akhiri dengan senyuman 

5 Tips untuk Menikmati Basa-basi, Anti Canggung-canggung Clubilustrasi percakapan (pexels.com/Kampus Production)

Bahasa tubuh positif tak kalah penting dalam menciptakan suasana basa-basi yang tidak canggung. Salah satu bahasa tubuh yang paling berperan penting adalah senyuman.

Jangan salah, guys, selain mencairkan suasana, senyuman pub bisa membuat orang lain merasa diterima, lho. Kamu pasti tidak ingin diperlakukan dingin oleh lawan bicaramu, bukan? Karena itu, lakukanlah hal yang sama kepada lawan bicaramu.

Kalau sudah bisa menerapkan kelima tips tersebut, menghadapi basa-basi kecil akan menjadi "makanan" sehari-harimu. Bahkan, tanpa disadari kamu pun berangsur-angsur tak gugup lagi saat kebetulan harus berhadapan dengan orang baru. Jadi, mulai sekarang tidak perlu canggung lagi, ya!

Baca Juga: 5 Pertanyaan Basa-basi yang Bikin Sakit Hati, Jangan Diucapkan!

Caroline Graciela Harmanto Photo Verified Writer Caroline Graciela Harmanto

Cinta menulis sedari duduk di bangku SD, masih terus belajar agar dapat menerbitkan konten yang berguna bagi masyarakat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya