Comscore Tracker

Kamu Pemalu? Ini 5 Cara untuk Memberi Kesan Baik Saat Kencan Pertama

Kencan pertamamu akan menjadi kencan spesial 

Kencan bisa menjadi hal menyenangkan sekaligus menakutkan, hal paling mendebarkan tetapi tak menyangkal juga dapat membuat gugup. Apalagi dalam kencan pertama, tentu kita ingin memberi kesan yang terbaik pada pasangan kita—sikap yang tidak berlebihan tetapi tetap tampak manis dan menampakkan jati diri kita.

Tidak salah, kok. Semua orang pasti ingin kencan pertamanya bermakna. Oleh karena itu, yuk ikuti 5 cara ini untuk terbebas dari rasa gugup berlebih khususnya untuk kamu yang pemalu;

1. Jangan biarkan ketakutan mengontrol pikiranmu 

Kamu Pemalu? Ini 5 Cara untuk Memberi Kesan Baik Saat Kencan Pertamapexels/segopotso makhutja

Gugup saat kencan pertama merupakan hal wajar. Tetapi jangan sampai kamu membiarkan rasa takut dan insecure selalu menguasai pikiran bahkan tubuhmu. Terlalu takut malah akan mempertebal atmosfer canggung di antara kalian. Jangan biarkan rasa takut itu menghancurkan pengalaman kencanmu. Sebaliknya, cobalah untuk tarik napas dan rileks, kuasai diri sendiri agar tidak berpikir macam-macam bahkan sebelum kencan dimulai.

2. Tahan dirimu untuk berekspektasi terlalu tinggi

Kamu Pemalu? Ini 5 Cara untuk Memberi Kesan Baik Saat Kencan PertamaPexels/Pixabay

Terkadang, ekspektasi berlebihan malah menjadi penyebab utama kehancuran kencan kita. Tidak apa untuk memiliki kriteria tertentu terhadap pasanganmu, tetapi jangan selalu berharap ia akan menjadi sosok ‘sempurna’ tanpa celah. Tidak ada orang yang sempurna, baik kamu atau pasanganmu pun tidak.

Baca Juga: Catat Nih, 5 Hal yang Bikin Kencan Pertama sama Crush Gagal Total

3. Cobalah memberi tanggapan dalam tiap obrolan 

Kamu Pemalu? Ini 5 Cara untuk Memberi Kesan Baik Saat Kencan Pertamapexels.com/Eduardo Simoes Neto Junior

Inilah kesempatanmu untuk semakin dekat dengan doi. Ingat tujuan kencan? Selain langkah awal dalam hubungan serius, kencan juga dilakukan agar kamu dan doi dapat mengenal lebih dekat. Meski terus dihantui rasa takut atau gugup, memberi tanggapan dalam obrolan itu penting, lho. Itu juga dapat memberi pengaruh terhadap kelanjutan kencan kalian nantinya.

4. Beri dirimu kesempatan untuk menjadi diri sendiri di depan doi 

Kamu Pemalu? Ini 5 Cara untuk Memberi Kesan Baik Saat Kencan Pertamapexels.com/min an

Jangan memaksa dirimu terlalu kuat, tetapi jangan pula membiarkan kencan itu berlalu begitu saja. Tidak ada salahnya dengan membuka jati diri di depan pasanganmu, bukan? Cobalah pelan-pelan, apabila ia memberimu rasa nyaman, maka jangan pernah takut untuk melanjutkan hubungan kalian seiring dengan kamu berusaha untuk membuka diri. Ingat, kamu tidak harus selalu menjadi sempurna di depan doi.

5. Tarik napas, senyum, rileks 

Kamu Pemalu? Ini 5 Cara untuk Memberi Kesan Baik Saat Kencan PertamaPexels/bruce mars

Tips terakhir yang pastinya akan berguna untuk meredakan rasa gugupmu, cobalah untuk menarik napas berulang-ulang, tarik kedua ujung bibirmu perlahan, dan rileks. Kencan sebenarnya tidak seseram itu, malah akan menjadi menyenangkan apabila kamu bisa menikmatinya dengan baik.

Khususnya untuk kamu yang pemalu, bisa coba langkah-langkah di atas kalau mau pergi kencan. Bagaimana kencanmu, guys? Apa berjalan lancar?

Baca Juga: 12 Ide Kencan Virtual Menarik Berdasarkan Zodiak, Bisa Ditiru!

Caroline Graciela Harmanto Photo Verified Writer Caroline Graciela Harmanto

Cinta menulis sedari duduk di bangku SD, masih terus belajar agar dapat menerbitkan konten yang berguna bagi masyarakat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya