Comscore Tracker

5 Alasan Acara Pernikahan Gak Perlu Mewah, yang Penting Sah!

Menikah adalah hal yang sakral

Menikah adalah seuatu hal yang sakral dan menjadi tujuan hidup bagi sebagian besar manusia yang ada di dunia ini. Namun terkadang untuk mengadakan acara pernikahan, dibutuhkan persiapan yang matang termasuk biaya. 

Banyak acara pernikahan yang digelar dengan menghabiskan biaya yang fantastis. Hal ini sah-sah saja sih, namun bagi kamu yang sedang merencanakan pernikahan, tidak ada salahnya jika acara pernikahanmu dilangsungkan secara sederhana.

Ini dia 5 alasan acara pernikahan nggak perlu mewah:

1. Menikah itu pada prinsipnya adalah seumur hidup

5 Alasan Acara Pernikahan Gak Perlu Mewah, yang Penting Sah!Pixabay/sabinevanerp

Pada dasarnya pernikahan itu adalah komitmen suami istri seumur hidup, untuk saling mencintai dalam suka dan duka. Acara pernikahan yang digelar adalah langkah awal dalam perjalanan rumah tangga, dan perjalanan itulah yang terpenting. 

Menikah itu sebetulnya sederhana kok, yang membuat mahal itu gengsinya. Prinsipnya yang terpenting adalah sah secara agama maupun secara hukum negara. Jika suatu saat kamu masih menggandeng suami / istri kamu pada saat tua nanti, apa nggak keren tuh? Hal ini bisa menjadi contoh atau teladan buat anak cucu kalian, bahkan juga buat orang lain.

2. Biaya hidup rumah tangga jauh lebih besar

5 Alasan Acara Pernikahan Gak Perlu Mewah, yang Penting Sah!Pixabay/Free-Photos

Berumah tangga membutuhkan persiapan finansial yang mapan. Jangan sampai kehidupan rumah tangga mu hancur lebur gara-gara hanya masalah ekonomi. Terutama jika memiliki buah hati, tentu harus dipersiapkan kemapanan keuangan dalam rumah tangga tersebut. 

Nah daripada menghabiskan banyak uang untuk acara pernikahan, lebih baik uangnya ditabung untuk masa depan anak-anak. Bisa untuk asuransi, pendidikan, atau biaya-biaya rumah tangga lainnya. 

3. Menikah sederhana itu biasanya kreatif

5 Alasan Acara Pernikahan Gak Perlu Mewah, yang Penting Sah!Pixabay/zzmart

Dengan dana yang terbatas, acara pernikahan bisa dijalankan dengan cara-cara yang kreatif. Banyak acara pernikahan yang seru dan mengharukan tanpa mengeluarkan dana yang berlebihan. 

Mulai dari foto prewed, dokumentasi video, sampai dekorasi semuanya bisa dilakukan dengan cara yang kreatif tanpa harus membayar mahal. Jika ada temanmu yang hobi fotografi, kamu bisa merekrutnya untuk membuat dokumentasi pernikahanmu, tentu harganya bisa negosiasi antar teman kan?

Baca Juga: 10 Perawatan yang Harus Dipersiapkan Jelang Pernikahan

4. Jangan sampai pusing karena hutang

5 Alasan Acara Pernikahan Gak Perlu Mewah, yang Penting Sah!Pixabay/AhmadArdity

Jangan sampai pusing karena hutang gara-gara biaya pernikahan yang membengkak. Ini justru akan jadi malapetaka buat kalian yang merintis rumah tangga baru. Bukannya menikmati indahnya pernikahan, kalian malah kepikiran hutang segunung dan bingung bagaimana cara membayarnya.

Atur dan gunakan dana pernikahan dengan bijak. Ingat, menabung demi masa depan rumah tangga itu jauh lebih penting ketimbang dihabiskan untuk acara sehari.

5. Gengsi tinggi itu nggak baik

5 Alasan Acara Pernikahan Gak Perlu Mewah, yang Penting Sah!Pixabay/StockSnap

Boleh aja sih punya gengsi setinggi langit, tapi harus disesuaikan dengan kemampuan. Masalahnya banyak orang yang gengsinya selangit tapi sebetulnya mereka nggak sanggup, alias gengsi diluar kemampuan. 

Intinya adalah, bahwa menikah itu sebetulnya sederhana, yang penting sah secara agama dan hukum negara. Persoalan gengsi sudah lain cerita, jika mampu ya sah-sah saja, jika tidak mampu itu bisa jadi bencana.

Gimana, udah siap menikah bukan?

Baca Juga: Jaga Pernikahanmu, Ini 6 Pelajaran Cinta KDrama Go Back Couple!

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya