Comscore Tracker

Dalam Hubungan Mapan, 5 Hal Ini Ternyata Lebih Penting daripada Cinta

Cinta itu penting, tapi butuh pendukung lainnya

Apakah saat ini kamu sedang jatuh cinta? Atau mungkin kamu sedang menjalin hubungan yang romantis dengan pacar kamu? Pada saat kamu sedang berpacaran, atau jatuh cinta pada pendekatan awal, tentunya kamu akan menganggap bahwa cinta yang romantis itu adalah segalanya, bukan?

Hal itu memang benar, namun tahukah kamu jika ternyata ada sesuatu yang lebih penting daripada cinta itu sendiri? Yup, jika suatu saat hubungan kalian sudah mapan pada tahap pernikahan yang berjalan puluhan tahun, kalian akan paham bahwa ada sesuatu yang lebih penting dari cinta itu sendiri. Inilah lima hal yang ternyata lebih penting dari cinta, supaya kamu gak selalu jadi bucin alias budak cinta. Disimak, ya!

1. Komitmen

Dalam Hubungan Mapan, 5 Hal Ini Ternyata Lebih Penting daripada CintaUnsplash/Sven Mieke

Dalam menjalani sebuah hubungan, terutama pernikahan, maka komitmen adalah hal mendasar yang bisa dibilang lebih penting daripada cinta. Kamu bisa saja mengatakan bahwa kamu mencintai istri atau suamimu, namun tanpa dasar komitmen yang kuat, sebuah hubungan tak akan bertahan lama.

Bahkan secara ilmiah, cinta itu dianggap sesaat atau temporer. Cinta merupakan luapan hasrat dalam sebuah hubungan, dan bisa saja seseorang yang selalu mengumbar cinta belum tentu ia mengetahui apa itu cinta. Ia bisa saja justru "mengincar" sesuatu yang lain, yaitu seks.

Berbeda dengan cinta, komitmen merupakan kesediaan untuk menggenapi janji dalam hubungan sehidup semati. Melansir Psychologytoday.com, komitmen merupakan hal yang bisa lebih dinilai ketimbang cinta. Di saat cinta itu bias, di sisi lain komitmen itu faktual dan bisa dibuktikan.

2. Kesetiaan

Dalam Hubungan Mapan, 5 Hal Ini Ternyata Lebih Penting daripada CintaUnsplash/Sarah Cervantes

Percuma saja jika kamu selalu mengumbar cinta kepada pasanganmu, jika kamu tidak pernah untuk setia, maka itu semua akan percuma. Kesetiaan dalam sebuah hubungan yang mapan lebih didasari bukan hanya pada cinta, melainkan pada sebuah kesediaan dalam menjalani sesuatu dalam suka dan duka bersama-sama.

Sebuah studi kasus yang ditulis dalam Psychcentral.com, menyimpulkan bahwa kesetiaan dalam sebuah hubungan, terutama pernikahan, akan memberi dampak kebahagiaan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan pasangan tanpa kesetiaan.

Hal ini bisa terjadi karena pada dasarnya kondisi hubungan itu bisa saja berubah setelah bertahun-tahun dilalui. Bentuk fisik dapat berubah, kondisi keuangan dapat berubah, dan bahkan perasaan cinta juga bisa berubah. Namun jika setiap pasangan bisa menjalani hubungannya dengan setia apapun yang terjadi, maka paling tidak, kebahagiaan akan diraih dan dirasakan bersama.

3. Tanggung jawab

Dalam Hubungan Mapan, 5 Hal Ini Ternyata Lebih Penting daripada CintaUnsplash/Edgar Chaparro

Tidak peduli seberapa ganteng atau cantiknya kamu, atau sebesar apapun cintamu, jika kamu tidak pernah bertanggung jawab terhadap hubungan yang tengah kamu jalani, maka semua hal itu akan percuma.

Faktanya, tanggung jawab adalah sebuah tindakan moral yang menunjukkan kualitas karakter yang kamu miliki. Cinta yang menggebu ternyata tidak selalu sejalan dengan tindakan moral tersebut.

Ada banyak hubungan yang kandas di tengah jalan akibat masing-masing individu tidak dapat bertanggung jawab terhadap sebuah hubungan. Jadi, jika kamu ingin sebuah hubungan yang mapan dan dewasa, maka bertanggung jawablah terhadap hubungan tersebut, jangan menghindarinya.

Baca Juga: Mudah Banget, 5 Tips Wujudkan Hubungan Percintaan yang Kamu Inginkan

4. Kemapanan

Dalam Hubungan Mapan, 5 Hal Ini Ternyata Lebih Penting daripada CintaUnsplash/Nikola Saliba

Tidak perlu menjadi seorang konglomerat hanya untuk memapankan sebuah hubungan, terutama pernikahan. Kemapanan berarti masing-masing pasangan dapat hidup layak dari hasil jerih payah atau pekerjaan mereka sendiri.

Jika kamu masih kesulitan untuk mencukupi semua kebutuhan pribadimu, sebaiknya tunda dulu untuk masuk pada jenjang yang lebih serius. Ini bukan materialistis, namun ini realistis.

Dalam laman Marriage.com dijelaskan bahwa faktor ekonomi merupakan salah satu faktor penyebab perceraian yang sering terjadi. Jangan anggap sepele masalah keuangan, karena bagaimanapun, pada suatu titik kamu akan menyadari bahwa kemapanan finansial akan memiliki kontribusi yang sangat penting.

5. Kasih

Dalam Hubungan Mapan, 5 Hal Ini Ternyata Lebih Penting daripada CintaUnsplash/Anna Pritchard

Jika cinta bersandar pada sebuah hasrat, gairah, dan nafsu, berbeda dengan kasih. Kasih merupakan tindakan moral yang disikapi secara dewasa, dan melibatkan hati yang tanpa pamrih. Itulah sebabnya mengasihi jauh lebih sulit daripada mencintai.

Dengan kasih kamu akan lebih berempati terhadap suami atau istrimu yang mungkin sedang dalam keadaan kesusahan. Bahkan dengan kasih kamu bisa merasakan sedihnya tentang kesedihan yang dialami oleh pasanganmu.

Jadi selain mencintai, untuk mengimbanginya, kamu juga harus mengasihi. Jika cinta bisa membutakan mata dan hatimu, maka kasih akan mengarahkan langkahmu.

Itulah lima hal yang dinilai lebih penting daripada cinta semata. Semoga artikel kali ini dapat menginspirasi kamu, ya!

Baca Juga: 5 Indikasi Hubungan Percintaan Tak Sehat yang Sering Dikira Normal

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya