Comscore Tracker

5 Tips Berkomunikasi Efektif dengan Pasangan, Jauh dari Salah Paham!

Mau kan jadi pendengar yang baik?

Komunikasi menjadi salah satu permasalahan dalam hubungan yang bisa menyebabkan munculnya masalah-masalah lain pemicu perpisahan. Padahal, sedari awal, komunikasi lah yang berhasil menyatukan kamu dan juga pasangan, kan? Harusnya, komunikasi itu bisa terus terjaga dan menjadi pemecah masalah, bukan malah sebaliknya.

Kita perlu tahu nih, bahwa permasalahan juga seringkali muncul karena cara berkomunikasi yang kurang atau bahkan gak efektif. Seperti misalnya hanya salah satu pihak yang aktif, atau ketika salah satu pihak lebih suka memendam apa yang dirasakan ketimbang mengungkapkannya. Hayo, siapa yang suka begini?

Daripada hubungan jadi hambar dan gak harmonis, yuk simak lima cara berikut biar komunikasi kita dengan pasangan tetap efektif. Selain bikin tambah mesra, mengikuti lima cara di bawah ini juga dijamin bikin hubungan kita jadi tambah bahagia.

1. Biasakan menjadi pendengar yang baik

5 Tips Berkomunikasi Efektif dengan Pasangan, Jauh dari Salah Paham!unsplash/Alex Holyoake

Kita dianugerahi dua telinga dan satu mulut dengan maksud agar lebih banyak mendengar ketimbang bicara. Dengan menganut prinsip ini, maka coba deh sebagai pasangan, kita perlu lebih sering meluangkan waktu untuk mendengar apa yang dirasakan pasangan kita. Kamu jadi lebih bisa melihat segala hal dari sudut pandang dia juga. Menarik kan?

2. Menyadari pentingnya komunikasi itu sendiri

5 Tips Berkomunikasi Efektif dengan Pasangan, Jauh dari Salah Paham!pexels/JasmineWallaceCarter

Kesadaran soal pentingnya komunikasi wajib banget dimiliki oleh siapa saja. Kalau gak, bisa-bisa kita jadi pribadi yang tertutup dan gampang menyimpan segalanya sendirian. Padahal, dari sinilah bibit-bibit kecurigaan bisa tumbuh dan memecah belah sebuah hubungan, lho.

Baca Juga: 5 Alasan Terlalu Sering Komunikasi Membuatmu Cepat Jenuh saat Pacaran

3. Bertanya tanpa menuduh ataupun memojokkan

5 Tips Berkomunikasi Efektif dengan Pasangan, Jauh dari Salah Paham!pexels.com/DariaShevtsova

Komunikasi hanya akan berjalan efektif jika kita langsung bertanya pada yang bersangkutan setiap kali kecurigaan muncul. Tapi ingat, jangan pernah menggunakan nada menuduh ataupun memojokkan yang bisa bikin dia merasa gak nyaman. Kalau rasa gak nyaman sudah muncul, gimana mau berkomunikasi dengan lancar?

4. Mengutamakan penjelasan pasangan ketimbang omongan orang lain

5 Tips Berkomunikasi Efektif dengan Pasangan, Jauh dari Salah Paham!pexels.com/JoshWillink

Komunikasi dalam hubungan sudah seharusnya mengesampingkan apa yang diucapkan orang lain. Kitalah yang paling memahami hubungan yang sedang dijalani, mendengarkan omongan orang hanya akan memperburuk suasana. Karena bagaimanapun juga, penjelasan dari pasangan adalah hal yang harus pertama kali kita dengar.

5. Menghabiskan waktu berkualitas dengan sering ngobrol hal-hal sepele hingga berat

5 Tips Berkomunikasi Efektif dengan Pasangan, Jauh dari Salah Paham!pexels.com/Samson Katt

Karena merasa sudah lama bersama, kita jadi merasa ngobrol hal-hal kecil dengan pasangan adalah hal yang membosankan. Waduh, pemikiran seperti ini wajib diubah nih. Pasalnya, kedekatan antara kita dan pasangan justru akan semakin erat ikatannya dengan sering bersenda gurau bahkan tentang hal yang sepele sekalipun.

Dalam hubungan, salah satu fondasi yang memperkuat kedua insan adalah komunikasi. Namun, bukan sembarang komunikasi ya. Percuma aja kita sering ngobrol tapi ternyata cuma salah satu yang bicara, sementara yang lain sibuk dengan gadget, misalnya. Jadi, bangunlah komunikasi efektif melalui lima cara di atas. Setuju?

Baca Juga: 5 Cara biar Komunikasi Lebih Terbuka dan Jujur pada Pasanganmu

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya