Comscore Tracker

Jangan Gampang Baper, 5 Cara Mengatur Ulang Perasaan pada Mantan

Move on itu harus dengan niat yang kuat!

Menjalin hubungan dengan seseorang yang membuat nyaman namun harus berujung pada perpisahan pasti sangat menyakitkan. Tapi, mau gak mau kita harus bisa memperbaharui perasaan agar jantung gak deg-degan setiap kali berpapasan lagi dengan mantan. Meski berat pada awalnya, namun mengatur ulang perasaan pada mantan bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan.

Apalagi jika kamu mengikuti langkah-langkah di bawah ini nih. Move on pun akan terasa lebih mudah dan ringan. 

1. Kamu harus punya waktu me-time

Jangan Gampang Baper, 5 Cara Mengatur Ulang Perasaan pada Mantanunsplash/kevin laminto

Hubungan yang baru berakhir mungkin akan membuat kamu bersedih dan jadi malas mengurus diri. Duh, padahal hal ini lah yang jadi sumber kegagalan dalam move on. Putus sejatinya adalah momen yang tepat untuk kembali fokus dan memperhatikan dirimu karena kali ini gak ada orang lain yang akan menyita perhatianmu. 

2. Sibukkan dirimu dengan hal lain

Jangan Gampang Baper, 5 Cara Mengatur Ulang Perasaan pada Mantanunsplash/CoWomen

Menyibukkan diri dengan kegiatan yang bermanfaat juga jadi cara ampuh agar move on berjalan lancar. Bukan kegiatan yang dibuat-buat lho ya. Kamu harus benar-benar melakukan sesuatu yang menyita perhatianmu dan mendatangkan keuntungan bagi dirimu baik secara moril maupun materil.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Boleh Gunakan Orang Lain untuk Bikin Mantan Cemburu

3. Ingatlah bahwa si dia bukan lagi kekasihmu dan harus ada batasan yang jelas soal itu

Jangan Gampang Baper, 5 Cara Mengatur Ulang Perasaan pada Mantanunsplash/Joshua Ness

Agar bisa mengalihkan perasaanmu dari sang mantan, kamu harus mengingatkan diri soal batasan. Jangan sampai karena terbiasa memberikan perhatian-perhatian kecil, kamu malah tetap melakukan kebiasaan ini bahkan setelah putus. Bisa-bisa kamu gagal move on sementara dia malah bertambah sebel banget sama sikapmu.

4. Menghapus kenangan bukan solusi, justru, berbaikanlah dengan semua kenangan tersebut

Jangan Gampang Baper, 5 Cara Mengatur Ulang Perasaan pada Mantanunsplash/Nine Kopfer

Banyak orang yang langsung menghapus foto-foto atau membuang barang-barang yang berkaitan dengan mantan. Tapi, gak lama kemudian malah galau sendiri karena masih kangen dan lain-lain. Menghapus semua kenangan dengan mantan bukanlah solusi, gengs. Justru, kalian harus berbaikan dengan semua kenangan tersebut. Hanya dengan cara inilah move on bukan lagi sesuatu yang terasa sulit.

5. Tanamkan cinta diri yang lebih kuat lagi

Jangan Gampang Baper, 5 Cara Mengatur Ulang Perasaan pada Mantanunsplash/Tamara Bellis

Selanjutnya, jika semua langkah di atas sudah dilakukan, yang pasti, move on gak akan sempurna tanpa rasa cinta diri yang kuat. Kamu wajib sekali menumbuhkan kembali self-love dalam dirimu ketika putus cinta itu terjadi. Kita mungkin merasa kehilangan seseorang, sudah gak ada yang menyayangi dan mencintai kita.

Maka, jangan perburuk situasi dengan ikut-ikutan membenci diri sendiri. Kamu adalah satu-satunya orang yang paling bisa memberikan cinta sepenuhnya pada dirimu sendiri. Jangan lupakan hal itu ya.

Mantan adalah kenangan yang harus dimaafkan. Mencari berbagai alasan untuk menunda move on hanya akan memperparah keadaan. So, sudah siap mengatur ulang perasaanmu pada sang mantan?

Baca Juga: 6 Cara Menyikapi Mantan yang Jadian Sama Saudara Sendiri

Desy Damay Photo Verified Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You