Comscore Tracker

Jangan Lakukan 5 Hal Terlarang Ini Saat Pasangan Ketahuan Selingkuh

Semua itu bukan salahmu!

Gak ada satu pun orang yang ingin mengalami pengalaman diselingkuhi oleh pasangan yang sangat dia cintai. Namun, terkadang ada hal-hal pahit yang memang harus terjadi dalam hidup kita untuk kemudian dijadikan sebagai pelajaran berharga. Gak semua orang berhasil melalui masa kelam diselingkuhi pasangan dengan baik.

Sebenarnya, ada lima hal utama yang jangan sampai kamu lakukan ketika mengetahui pasanganmu selingkuh. Ini nih poin-poinnya.

1. Menyalahkan diri sendiri

Jangan Lakukan 5 Hal Terlarang Ini Saat Pasangan Ketahuan Selingkuhunsplash/Ksenia Makagonova

Hal pertama yang perlu kamu hindari saat pasanganmu selingkuh adalah menyalahkan diri sendiri. Penting banget untuk menanamkan hal ini dalam benak kita semua. Ketika pasangan memilih untuk selingkuh, kesalahan justru ada dalam dirinya. Bahkan jika dia menyalahkan kita, jangan sekalipun kita terpengaruh.

Di dunia ini, ada banyak orang lain yang pasti lebih cantik, lebih tampan, lebih pintar, lebih kaya dan lebih segala-galanya dibanding kita, juga dibanding pasangan kita. Tapi, kita selalu punya pilihan untuk selingkuh atau untuk setia. Jadi, saat orang yang kamu cintai selama ini memilih untuk selingkuh, semua itu karena dia yang memutuskan sendiri dan bukan karena kamu.

2. Kalap dan menyalurkan amarah pada semua orang

Jangan Lakukan 5 Hal Terlarang Ini Saat Pasangan Ketahuan Selingkuhunsplash/Alex Mihai C

Meski tentu saja lebih mudah untuk dikatakan, namun jangan sampai kamu menyalurkan emosi pada orang lain saat pasanganmu ketahuan selingkuh. Emosi yang gak terkontrol juga perlu untuk kamu hindari.

Pasalnya, semua ini gak cuma merugikan diri sendiri tapi juga orang lain. Belum lagi kalau kamu malah membuat pasanganmu merasa benar telah memilih selingkuh. Duh, gak banget kan.

Baca Juga: 5 Tipe Orang Saat Mengetahui Pasangannya Selingkuh, Kamu yang Mana?

3. Berdiam diri dan memendam semuanya sendirian

Jangan Lakukan 5 Hal Terlarang Ini Saat Pasangan Ketahuan Selingkuhunsplash/Kristina Tripkovic

Gak boleh menyalurkan emosi tanpa terkendali bukan berarti kamu juga boleh berdiam diri, lho. Wajib banget nih untuk menghindari kebiasaan buruk ini karena kamu akan sangat mungkin berpikir yang gak-gak saat sendirian. Kamu mungkin akan menangis berhari-hari dan menolak makan atau memberi asupan pada tubuhmu.

Ingat ya, ketika diselingkuhi bukan berarti kamu berhak memperlakukan dirimu sembarangan. Jangan berikan alasan pada pasanganmu untuk merasa benar atas pilihannya untuk selingkuh.

4. Membiarkan semuanya begitu saja dan pura-pura gak tau

Jangan Lakukan 5 Hal Terlarang Ini Saat Pasangan Ketahuan Selingkuhunsplash/Tamara Bellis

Saat pasanganmu selingkuh dan kamu mengetahuinya, jangan pernah berpikir untuk mendiamkan semua itu dan pura-pura gak tau. Sikap diam mu ini bisa menjadi bumerang bagi dirimu sendiri. Kamu akan merasakan luka yang sangat perih dan dipenuhi berbagai kecurigaan yang mungkin saja sebenarnya gak benar. 

Lebih baik kamu berterus terang padanya agar tau alasan dia melakukan semua itu dan kemudian bersama-sama mencari jalan keluar dari hal itu. 

5. Memaafkan pasangan tanpa mendiskusikannya terlebih dahulu

Jangan Lakukan 5 Hal Terlarang Ini Saat Pasangan Ketahuan Selingkuhunsplash/Hannah Busing

Jika kamu memang ingin memaafkan pasanganmu yang telah ketahuan selingkuh, tentu boleh-boleh aja. Tapi, hindari untuk memaafkan pasangan begitu saja. Semua itu perlu proses komunikasi dan diskusi yang panjang. Penyebab, alasan, dan semua hal terkait kenapa dia memilih selingkuh harus sudah kalian bicarakan dengan jelas.

Karena, kalian wajib banget menemukan titik permasalahan dan menyelesaikannya hingga ke akar. Perselingkuhan bukan sesuatu yang bisa dimaafkan dengan mudahnya, gengs. Semua itu harus digali sampai ke pangkalnya agar bisa dipangkas dan diganti dengan kepercayaan yang baru.

Menjalin hubungan tentu harus diiringi dengan komitmen untuk setia. Namun, jika pasanganmu sampai memutuskan untuk selingkuh, kamu harus mengambil keputusan dan langkah yang tepat agar gak sampai menyesal di kemudian hari.

Baca Juga: Mantan Pernah Selingkuh, Tanggung 5 Risiko Ini Kalau Sampai Balikan

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya