Comscore Tracker

5 Hal yang Harusnya Gak Jadi Patokan Satu-satunya saat Ingin Menikah

Jangan nilai hanya dari fisik

Sebelum menikah dengan seseorang, tentu punya banyak hal untuk dipertimbangkan. Bukan hanya soal cinta, menikah akan membuat kita berhadapan dengan berbagai masalah hidup yang lebih kompleks. Itulah kenapa memilih partner yang tepat akan membantu kita melewati semua ujian tersebut satu persatu. 

Jangan sampai kita mudah termakan bujuk rayu dan menikah dengan seseorang yang salah. Terlebih jika hanya satu penilaian utama yang kita jadikan patokan. Seperti misalnya satu dari lima poin berikut ini.

1. Fisik yang sempurna

5 Hal yang Harusnya Gak Jadi Patokan Satu-satunya saat Ingin Menikahilustrasi pasangan (pexels.com/Gustavo Fring)

Fisik adalah sebuah pelengkap dalam diri manusia. Hindari melakukan penilaian yang terlalu condong kepada hal ini. Terlebih jika yang kamu cari adalah pendamping seumur hidup. 

Gak ada jaminan satu pun soal fisik seseorang yang begitu sempurna bisa mencerminkan sifatnya. Apalagi jika sedari awal kamu sudah merasa ada yang gak beres dengan caranya memperlakukan orang lain. Ini justru wajib banget kamu telusuri. 

2. Materi yang berlebihan

5 Hal yang Harusnya Gak Jadi Patokan Satu-satunya saat Ingin Menikahilustrasi orang bekerja (pexels.com/Jopwell)

Harta dan kekayaan adalah hal nomor sekian yang seharusnya dipertimbangkan dalam diri pasangan. Hanya mengutamakan harta bisa membuat kamu kecewa. Sebab belum tentu dibalik itu semua dia punya sifat yang baik dan pengertian terhadap pasangan. 

Belum lagi jika jiwa kerja kerasnya terlalu rendah dan semua harta kekayaan tersebut hanyalah milik orangtuanya. Waduh, bisa-bisa penyesalan akan datang belakangan nih kalau begini. 

Baca Juga: 5 Alasan Perlunya Persiapan Mental Sebelum Menikah, Harus Lebih Matang

3. Kepopuleran yang luar biasa

5 Hal yang Harusnya Gak Jadi Patokan Satu-satunya saat Ingin Menikahilustrasi content creator (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Menikah dengan seorang yang populer pasti terasa menyenangkan, ya. Kamu jadi ikut bisa merasakan kepopulerannya dan menjadi bahan perhatian. Tapi ingatlah bahwa itu semua hanyalah kebahagiaan semu. 

Pernikahan akan mendatangkan banyak sekali masalah lain terutama yang berkaitan dengan sifat pasangan. Jadi, alih-alih fokus pada seberapa populer dirinya, lebih baik mulailah mempertimbangkan hal lain juga dari dirinya. 

4. Pekerjaan yang sangat mapan

5 Hal yang Harusnya Gak Jadi Patokan Satu-satunya saat Ingin Menikahilustrasi orang bekerja (Pexels.com/Alena Darmel)

Hanya karena seseorang punya pekerjaan yang mapan, sama sekali bukan alasan bagimu untuk segera menerima orang tersebut sebagai pasangan seumur hidup. Pekerjaan bisa tiba-tiba berubah dan berganti, lho. Apalagi jika kamu gak senang meng-upgrade diri. 

Menjadikan pasangan sebagai patokan juga akan membuatmu kecewa nantinya. Sebab, semakin mapan pekerjaan seseorang, biasanya semakin banyak pula waktu yang dia perlukan untuk bekerja. Kamu siap gak selalu dinomor duakan? 

5. Romantis yang begitu menghanyutkan

5 Hal yang Harusnya Gak Jadi Patokan Satu-satunya saat Ingin Menikahilustrasi pasangan serasi (Pexels.com/Leeloo Thefirst)

Si dia yang begitu romantis, senang memberi kejutan, pandai membuat kata-kata pujian, pasti bikin gampang melayang, ya. Seolah rasanya kamu bisa hidup bersamanya hingga selama-lamanya. Eits, jangan terlena dulu. 

Romantis gak boleh berdiri sendiri dan jadi patokan utama saat kamu ingin menikah dengan seseorang. Pertimbangkan juga hal lain seperti kepribadian dan sifat yang dia miliki. Sebab, jika nanti kalian menghadapi konflik, romantis sering kali gak bisa menyelesaikan masalah. 

Menikah adalah perjalanan panjang seumur hidup yang pastinya ingin kita alami sekali saja bersama dengan orang yang tepat. Namun, jika sedari awal proses pencarian partnernya pun sudah keliru, bagaimana perjalanan pernikahan menjadi hal yang berisi keindahan?

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Menikah dengan Anak Bungsu Itu Membahagiakan 

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya