Comscore Tracker

Hentikan 5 Kebiasaan Sederhana Ini jika Gak Mau Persahabatanmu Hancur

Siapa nih yang ngomongin sahabat di belakang?

Sahabat bisa dibilang sebagai orang yang sangat berharga dalam hidup kita. Gimana gak, mereka yang gak ada hubungan darah, gak ada ikatan perjanjian apapun, bisa jadi sangat dekat dan sangat memahami kita. Belum lagi, mereka rela melakukan apa saja agar kita bisa bahagia.

Namun, terkadang tanpa sadar kita melakukan kesalahan. Sikap kita yang berlebihan bisa bikin sahabat menjauh, lho. Sikap seperti apa aja itu? Nih poin-poinnya. 

1. Terlalu berlebihan dalam memproteksi sahabat

Hentikan 5 Kebiasaan Sederhana Ini jika Gak Mau Persahabatanmu Hancurpexels/Retha Ferguson

Sahabat bukanlah barang yang bisa kamu simpan untuk dirimu sendiri. Memproteksi sahabat karena dia begitu berharga bagimu bukanlah langkah yang tepat. Jika terus begini, kamu bisa aja malah bikin sahabatmu jengah dan enggan bersahabat lagi sama kamu, lho. 

2. Gampang ngambek dan marah

Hentikan 5 Kebiasaan Sederhana Ini jika Gak Mau Persahabatanmu Hancurpexels/Elojah O'Donnell

Gampang ngambek sama sahabat karena hal yang gak jelas juga termasuk dalam langkah yang keliru. Sahabat memang bisa memahami dan mengerti dirimu. Namun, jika kamu terus ngambek apalagi marah-marah hanya karena kamu merasa sahabatmu akan mengerti, kamu bisa ditinggal pergi sama sahabatmu lho. 

Baca Juga: 5 Langkah Anti Baper untuk Peringatkan Sahabat yang Bucin, Yuk Dicoba!

3. Terlalu bergantung dalam segala hal pada sahabat

Hentikan 5 Kebiasaan Sederhana Ini jika Gak Mau Persahabatanmu Hancurunsplash/Priscilla Du Preez

Minta tolong sama sahabat tentu sah-sah aja untuk dilakukan. Tapi, terlalu bergantung sama dia setiap saat harus segera dihentikan, guys. Siapa sih yang senang kalau terus menerus direpotin. Apalagi kalau mereka juga punya urusannya sendiri yang sudah cukup merepotkan. 

4. Hanya mau dinomorsatukan tapi gak pernah bersikap sebaliknya

Hentikan 5 Kebiasaan Sederhana Ini jika Gak Mau Persahabatanmu Hancurpexels/Sheep .

Saat curhat, kamu pernah gak meluangkan waktu untuk mendengar cerita sahabatmu? Atau jangan-jangan cuma kamu doang yang terus menerus minta didengarkan. Duh, kalau hal ini gak diperbaiki, sahabatmu bisa gak betah nih bersahabat sama kamu. 
Cobalah untuk selalu menomorsatukan sahabat juga, ya. Jangan egois. 

5. Membicarakan rahasia dan kejelekan sahabat di belakangnya

Hentikan 5 Kebiasaan Sederhana Ini jika Gak Mau Persahabatanmu Hancurpexels/Retha Ferguson

Poin nomor lima nih yang paling harus kamu hentikan. Mengetahui banyak rahasia sahabat memang bikin kita gatel banget pengin membeberkan hal itu pada orang lain. Tapi kamu gak boleh melakukannya ya. Bagaimanapun juga dia sudah menaruh kepercayaan padamu untuk menyimpan cerita dan rahasianya.

Sahabat memang sangat memahami dan mengerti kita. Namun mereka tetaplah manusia yang punya hati dan perasaan. Jika terus diperlakukan semena-mena, siapa sih yang mau jadi sahabatmu? Hentikan lima kebiasaan di atas kalau gak mau sahabatmu pergi. Siap? 

Baca Juga: Meski Menyebalkan, Kita Suka Gak Bisa Marah Sama 5 Sikap Sahabat Ini 

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya