Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini Saat Pasangan Terlihat Menutup Diri, Beri Dia Ruang!

#IDNTimesLife Penyebabnya gak selalu kamu, kok!

Menjalin hubungan dengan seseorang memang selalu dipenuhi lika-liku dan gak selalu berjalan mulus. Terkadang, kita terlibat konflik dengan si dia namun kemudian berbaikan dan akur kembali. Dan di waktu yang lain, dia bisa terlihat sangat berbunga-bunga dan bahagia namun gak lama kemudian dia jadi menutup dan menarik diri darimu.

Gak usah heran, mungkin dia punya pikiran atau masalah yang sedang berkecamuk yang masih belum siap untuk dibagi sama kamu. Tugasmu bukan untuk memaksanya menceritakan apa yang terjadi. Tapi, kamu bisa melakukan lima hal di bawah ini nih biar hubungan kalian tetap harmonis meski terkadang dia terlihat menutup diri.

1. Hindari bertanya tapi pastikan dia tau bahwa kamu selalu ada untuknya

Lakukan 5 Hal Ini Saat Pasangan Terlihat Menutup Diri, Beri Dia Ruang!Unsplash.com/Radu Florin

Jika pasanganmu mulai menutup diri, pertama-tama kamu harus menghindari yang namanya bertanya terlalu banyak. Mencecar dia dengan berbagai pertanyaan dan memaksanya membagi keresahannya denganmu hanya akan membuat perasaannya semakin berkecamuk. Jangan sampai dia merasa kamu gak pengertian.

2. Jangan bersikap menyebalkan hanya untuk menarik perhatiannya

Lakukan 5 Hal Ini Saat Pasangan Terlihat Menutup Diri, Beri Dia Ruang!pexels.com/Ketut Subiyanto

Ada juga nih tipe orang yang malah dengan sengaja bersikap menyebalkan ketika pasangannya terlihat gak seperti biasanya. Ingat, ini adalah cara kekanak-kanakan yang justru bisa bikin hubungan kalian merenggang. Kamu cukup menunjukkan sama dia kalau kamu selalu ada untuknya. Nanti, dia akan berusaha mendekati kamu lagi kok.

3. Berikan jeda dan jarak jika memang diperlukan

Lakukan 5 Hal Ini Saat Pasangan Terlihat Menutup Diri, Beri Dia Ruang!pexels.com/Polina Zimmerman

Jika memang diperlukan, atau dia memang tipe orang yang lebih suka sendiri ketika ada masalah, kamu bisa memberi jarak dulu untuknya. Biarkan dia menikmati waktu sendiri dan memikirkan semuanya matang-matang sebelum memutuskan untuk berbagi denganmu. Sabar ya, dia pasti akan kembali seperti biasa lagi.

Baca Juga: 5 Tips Jaga Jarak dengan Teman Lawan Jenis saat Sudah Pacaran

4. Jika sudah berlarut-larut, ajak dia untuk mengkomunikasikan masalahnya

Lakukan 5 Hal Ini Saat Pasangan Terlihat Menutup Diri, Beri Dia Ruang!pexels.com/freestocks.org

Pastikan juga kamu punya rentang waktu untuk membiarkan dia berpikir. Ketika sudah berlarut-larut, ada baiknya kamu mengajak dia untuk berkomunikasi. Katakan padanya bahwa kamu sudah gak bisa melihat dia menutup diri seperti itu lagi. Jika memang memahami keadaanmu, dia juga pasti akan berusaha untuk bercerita kok.

5. Berusahalah untuk mengerti dan memahami lebih dalam lagi

Lakukan 5 Hal Ini Saat Pasangan Terlihat Menutup Diri, Beri Dia Ruang!pexels.com/Khoa Vo

Yang namanya hubungan tentu gak selamanya indah, perubahan sikap dari pasangan adalah sesuatu yang akan sering kamu hadapi ke depannya. Jadi, gak ada salahnya untuk berusaha mengerti dan memahami si dia. Jangan terus menerus menuntut pengertian tapi kamu gak mau melakukan hal yang sama.

Saat pasangan sedang menutup diri, penyebabnya bisa banyak banget dan gak selalu menyangkut dirimu. Jadi, tetaplah berpikir positif dan cobalah lima cara di atas. Hindari bertindak berdasarkan ego dan justru memancing pertengkaran ya. Setuju?

Baca Juga: Gaya Pacaran Berdasarkan 12 Zodiak, Cocok Style Kamu dan Pasangan?

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

Berita Terkini Lainnya