Comscore Tracker

5 Resep agar Gak Kecewa Hadapi Pasangan yang Kurang Peka, Jangan Emosi

Turunkan ekspektasi!

Sifat pasangan memang ada aja yang bikin kita merasa dia masih memiliki banyak kekurangan. Sebab, ketika menjalin hubungan kita memang terkadang jadi menginginkan terlalu banyak hal sehingga lupa bahwa sebelumnya kita bisa aja menerima dia apa adanya.

Namun semakin jauh, kita justru semakin menuntut dirinya agar mendekati kriteria yang kita idam-idamkan. Salah satunya adalah pasangan yang kurang peka. Yang ketika kita berada dalam situasi sulit dan itu dia ketahui dengan jelas, tapi dia malah gak berbuat apa-apa. Pasti bikin kesal, ya. Eits, jangan langsung emosi. Kamu bisa menerapkan lima hal berikut, nih demi menghilangkan kekesalanmu padanya. 

1. Bicarakan, karena pasanganmu gak akan pernah tau kalau kamu gak bilang

5 Resep agar Gak Kecewa Hadapi Pasangan yang Kurang Peka, Jangan Emosiilustrasi orang ngobrol (Pexels.com/Duong Nhan)

Apa pun yang kamu inginkan atau harapkan dari pasangan, usahakan untuk bilang. Jangan dipendam sendiri dan berharap dia akan tau dengan sendirinya. Pasanganmu bukan peramal yang bisa membaca isi hatimu.

Dengan mengungkapkan apa yang kamu inginkan, kamu juga jadi merasa lebih lega dan terhindar dari kekecewaan. Sebab rasa kecewa bisa mendatangkan kesedihan yang mendalam dan bikin hubungan jadi hambar, lho. 

2. Beri contoh, gak semua orang langsung paham hanya dengan bicara, kamu harus tunjukkan caranya

5 Resep agar Gak Kecewa Hadapi Pasangan yang Kurang Peka, Jangan Emosiilustrasi pasangan (Pexels.com/Amina Filkins)

Terkadang, ngomong aja juga gak cukup. Harus tunjukkan caranya dan bagaimana jenis kepekaan yang kamu inginkan dari pasangan. Misal, ketika kamu ingin dia segera memberi bantuan saat kamu kesulitan, tunjukkan hal itu padanya. Kemudian katakan bahwa kamu juga ingin diperlakukan demikian.

Intinya, setiap kali kamu menunjukkan contoh kepekaan yang diinginkan, jangan diam aja. Katakan agar dia lebih mengerti dan memahami maksudmu. 

Baca Juga: 5 Pertimbangan sebelum Berkencan agar Tidak Salah Pilih Pasangan

3. Tanyakan pendapatnya, jangan-jangan dia memang gak nyaman jika harus menunjukkan kepekaannya

5 Resep agar Gak Kecewa Hadapi Pasangan yang Kurang Peka, Jangan Emosiilustrasi pasangan ngobrol (Pexels.com/Bethany Ferr)

Jangan lupa untuk juga menanyakan pendapatnya soal hal itu. Bisa jadi dia adalah tipe orang yang merasa canggung jika harus menunjukkan kepeduliannya dengan cara yang kamu inginkan tersebut. Sebab, cara orang menunjukkan cintanya itu memang berbeda-beda.

Kamu harus bisa menerima perbedaan itu jika dia memang bukan tipe orang yang menunjukkan cinta lewat tindakan. Mungkin dia punya caranya sendiri dalam menunjukkan cintanya padamu. 

4. Turunkan ekspektasi, agar kamu gak sering kecewa saat dia gak peka

5 Resep agar Gak Kecewa Hadapi Pasangan yang Kurang Peka, Jangan Emosiilustrasi pasangan bahagia (Pexels.com/Vanessa Garcia)

Wajib banget untuk belajar menurunkan ekspektasi agar kamu gak sering kecewa ketika melihat pasanganmu yang gak peka. Sebab, sering kali yang mengecewakan diri kita adalah harapan yang kelewat tinggi bahwa si dia akan mengerti dan langsung tanggap dengan situasi kita. Padahal hal romantis seperti itu sangat jarang terjadi dan hanya ada dalam drama Korea aja. 

Jadilah pasangan yang lebih realistis terutama dalam hal kepekaan. Bahkan kamu sendiri aja pasti deh sering melewatkan hal-hal di dirinya yang harusnya bisa kamu pahami. 

5. Selalu berpikir positif, demi kelanggengan hubungan kalian

5 Resep agar Gak Kecewa Hadapi Pasangan yang Kurang Peka, Jangan Emosiilustrasi orang ngobrol (Pexels.com/mentatdgt)

Demi kelanggengan hubungan kalian, jangan membuat-buat masalah yang kecil jadi besar. Perkara kepekaan ini salah satunya. Ini adalah hal yang harus terus dibicarakan dan dikomunikasikan. Bukan malah kamu pendam sendiri dan jadi bikin hubungan gak menyenangkan.

Kalau sudah terlanjur merasa kecewa dengan pasangan, apa pun yang dia lakukan jadi gak baik terus di matamu. Bahkan ketika dia menunjukkan cintanya dengan cara lain pun kamu sudah gak berminat untuk mengapresiasinya. Duh, jangan begini ya.

Peka atau gaknya seseorang itu gak selalu sama. Ada orang yang memang terlahir peka dan sangat peduli hingga bisa tau apa yang kita inginkan. Namun ada pula yang cuek dan terlihat gak peduli tapi sebenarnya diam-diam dia juga memperhatikan. Intinya, kalau mau hubungan tetap langgeng, lakukan lima cara di atas saat pasanganmu gak peka, ya. Siap? 

Baca Juga: 5 Hidden Sign Pasangan Ingin Lebih Diperhatikan, Peka, dong!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya