Comscore Tracker

5 Tanda yang Bahwa Kamu dan Pasangan Harus Mulai Introspeksi Diri!

Deteksi sebelum terlambat!

Hubungan yang selalu harmonis nampaknya adalah suatu hal yang mustahil terjadi ya. Namun, kita pasti bisa membedakan dong, mana hubungan yang gak harmonis namun bisa diperbaiki, dan mana yang sudah gak bisa diselamatkan lagi. Nah, ketika sudah merasakan gejala-gejala awal tanda ketidakharmonisan mulai muncul, kita dan pasangan harusnya sudah mulai melakukan sebuah tindakan pencegahan nih.

Jangan sampai, kita sudah terlanjur berada dalam hubungan yang amat sangat berantakan. Karena nantinya sudah banyak yang hancur dan gak bisa diperbaiki lagi. Ada beberapa tanda paling umum dimana kamu dan pasangan sudah saatnya untuk introspeksi diri masing-masing, simak poinnya berikut ini.

1. Kalian mulai sering cekcok karena kurangnya toleransi satu sama lain

5 Tanda yang Bahwa Kamu dan Pasangan Harus Mulai Introspeksi Diri!pexels.com/Polina Zimmerman

Biasanya di awal hubungan kalian masih bisa menolerir kesalahan pasangan, masih ada keinginan untuk memaafkan dan menerima pasangan beserta kekurangannya. Namun, di pertengahan hubungan mungkin hal ini mulai berkurang. Hal ini wajar karena kalian sudah merasa nyaman satu sama lain. Tapi, jadi gak wajar jika urusan hal ini menjadi masalah yang semakin sering menimbulkan perselisihan dan cekcok di antara kalian.

Kalau sudah begini, tandanya kalian perlu segera introspeksi diri masing-masing. Agar, cinta yang semula bisa tumbuh di antara kalian jadi gak gampang layu.

2. Kamu dan dia mulai merasa nyaman tanpa kehadiran satu sama lain

5 Tanda yang Bahwa Kamu dan Pasangan Harus Mulai Introspeksi Diri!unsplash.com/Semen Borisov

Tanda berikutnya adalah ketika kamu dan dia mulai merasa nyaman tanpa kehadiran satu sama lain. Kamu gak lagi sibuk menghubungi dia ketika seharian tanpa kabar, begitupun sebaliknya. Jika dibiarkan tanpa diambil tindakan, rasa nyaman seperti ini akan membuat kalian bubar jalan, lho. Gak mau kan?

3. Kamu dan dia sering mengeluh soal satu sama lain, bahkan di media sosial

5 Tanda yang Bahwa Kamu dan Pasangan Harus Mulai Introspeksi Diri!unsplash.com/Clem Onojeghuo

Mengeluh soal sikap atau kelakuan pasangan sejatinya gak perlu untuk dilakukan. Bukankah kamu sedari awal sudah berkomitmen untuk menerima dia dan kekurangannya? Gak cuma mau menerima kelebihannya aja kan? Kalau begitu sih namanya kamu egois.

Jadi, ketika kamu ataupun pasangan mulai sering mengeluh di media sosial soal kekurangan satu sama lain, maka wajib banget untuk segera lakukan introspeksi diri nih, guys. Sebelum semuanya terlambat!

Baca Juga: 6 Zodiak yang Cocok Jadi Pasangan Seorang Ekstrover, Serasi Banget!

4. Tuduhan soal pasangan mulai berubah juga lebih sering terdengar

5 Tanda yang Bahwa Kamu dan Pasangan Harus Mulai Introspeksi Diri!unsplash.com/Pavel Badrtdinov

Semua hal itu mengalami perubahan, gak terkecuali kamu dan juga pasanganmu. Pertanyaannya adalah apakah kalian berubah menjadi lebih baik, lebih mesra, lebih harmonis, atau justru sebaliknya? Lebih sering berantem, berkonflik, dan mulai menarik diri satu sama lain?

Jika tuduhan soal perubahan pada diri pasangan mulai sering kamu dengar atau kamu lontarkan, maka ini saatnya untuk segera introspeksi diri. Siapa tau, perubahan tersebut terjadi karena kesalahan kalian juga.

5. Saking bosennya berantem, kalian jadi saling mengabaikan

5 Tanda yang Bahwa Kamu dan Pasangan Harus Mulai Introspeksi Diri!unsplash/Roselyn Tirado

Tanda terakhir yang bisa dibilang paling fatal dan menjadi tanda darurat bahwa kalian harus segera introspeksi diri adalah ketika saking seringnya berantem kalian sampai bosan dan mengabaikan satu sama lain. Pengabaian adalah puncak dari hilangnya rasa cinta yang harus segera diperbaiki oleh kamu dan pasangan. Melalui introspeksi diri inilah kalian bisa lebih sedikit melihat permasalahan dari sudut pandang yang berbeda.

Selalu menyalahkan pasangan atas apa yang terjadi bisa membuat kamu dan pasangan kehilangan ikatan yang semula ada. Siapa sih yang senang disalahkan terus menerus? Makanya, daripada membiarkan masalah jadi berlarut-larut, sebaiknya segeralah introspeksi diri dan kembali menata hubungan seperti masa-masa awal kebersamaan kalian dulu. Siap mencoba?

Baca Juga: 5 Cara Mengikhlaskan Pasangan saat Orangtuanya Gak Merestui Hubunganmu

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya