Comscore Tracker

5 Cara Mengikhlaskan Pasangan saat Orangtuanya Gak Merestui Hubunganmu

Kamu harus tetap kuat!

Mengakhiri hubungan karena terkendala oleh restu orangtua adalah hal yang paling menyakitkan karena kamu dan dia berpisah saat masih sama-sama saling mencintainya. Bersikap egois saat ini bukanlah hal yang harus dilakukan. 

Yang harus kamu lakukan adalah ikhlas untuk saling melepaskan dan memendam cinta kalian. Untuk langkah-langkah biar semuanya lebih mudah dijalani, maka cobalah tips mengikhlaskan di bawah ini. 

1. Mengertilah tentang keadaan dan beri pasanganmu pengertian juga

5 Cara Mengikhlaskan Pasangan saat Orangtuanya Gak Merestui Hubunganmupexels.com/Emma Bauso

Jangan bersikap egois dengan mempersulit keadaan hanya karena kamu tidak bisa menerima semua ini. Mengertilah tentang keadaan ini bahwa hubunganmu dengannya tidak bisa dipaksakan. Beri juga pengertian pada pasanganmu untuk segera mengakhiri hubungan karena jika memang dipaksakan, kalian tidak akan bahagia tanpa restu dari orangtuanya. 

2. Buang pikiran negatif dan yakini bahwa tujuan orangtua pasti baik

5 Cara Mengikhlaskan Pasangan saat Orangtuanya Gak Merestui Hubunganmupexels.com/Ric Rodrigues

Jangan berpikiran negatif bahwa orangtuanya membencimu dan tidak ingin anaknya menikah denganmu. Kamu harus tetap berpikir positif, yakinkan dirimu bahwa tujuan orangtuanya tidak merestui hubunganmu dengannya karena mereka ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Tentunya, kamu juga ingin dia bahagia, meski tidak bersama denganmu, kan? 

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Dibicarakan saat Orangtua Doi Tidak Memberikan Restu

3. Yakinlah bahwa akan ada pengganti yang akan membuatmu jauh lebih bahagia

5 Cara Mengikhlaskan Pasangan saat Orangtuanya Gak Merestui Hubunganmupexels.com/Mann Quang

Jangan memandang pesimis hidupmu hanya karena kamu gagal menikah dengannya, kamu harus yakin bahwa akan ada sosok pengganti yang Tuhan berikan dan bisa membuat hidupmu jauh lebih bahagia. Tidak apa-apa bersedih di awal karena itulah prosesnya. Kamu harus terus maju dan menemukan kebahagiaanmu sendiri, meski tidak bersamanya. 

4. Temukan support system biar kamu bisa melangkah maju

5 Cara Mengikhlaskan Pasangan saat Orangtuanya Gak Merestui Hubunganmupexels.com/Jopwell
Putus cinta itu memang menyakitkan dan akan membuat hidupmu jadi hampa gak karuan. Namun, kamu harus tetap maju karena hidupmu tetap berjalan, meski tanpa kehadirannya lagi.
 
Biar kamu semangat kembali, maka temukanlah support system yang bisa bikin kamu berdamai dengan takdir. Kamu bisa lebih sering berkumpul dengan keluarga, maupun bertemu dengan teman-temanmu. 

5. Bukalah dirimu untuk hubungan yang baru

5 Cara Mengikhlaskan Pasangan saat Orangtuanya Gak Merestui Hubunganmuunsplash.com/Allef Vinicius
Jangan menutup diri hanya karena kamu tidak bisa hidup bersamanya lagi. Ketika kamu menutup diri, maka kamu pun tidak akan bisa move on darinya. Mulai sekarang, bukalah dirimu untuk bisa menemukan sosok yang baru dan menjalin hubungan yang baru agar ingatanmu tentangnya perlahan bisa terlupakan. 
 
Memilih untuk melepaskan dia karena tidak mendapatkan restu dari keluarga memang hal yang sulit. Namun, kamu bisa melalui semuanya, asalkan mengikuti tips di atas dan jangan biarkan dirimu berlarut-larut lagi dalam kesedihan.

Baca Juga: 5 Hikmah dari Sulitnya Mendapat Restu Orangtua untuk Hubunganmu

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya