Comscore Tracker

5 Bulan Baik untuk Melangsungkan Pernikahan Menurut Tradisi Jawa

Yang mau menikah bisa dicatat nih pilihan bulannya!

Menikah menjadi salah satu momen yang cukup sakral dan sekaligus membahagiakan bagi para pasangan pengantin. Banyak hal yang harus disiapkan, termasuk memilih tanggal untuk melangsungkan pernikahan itu sendiri.

Menurut tradisi dan penanggalan Jawa, ternyata ada beberapa bulan baik yang sangat dianjurkan bagi calon pasangan pengantin untuk melangsungkan sebuah pernikahan. Penasaran bulan apa saja? Yuk, langsung saja kita simak di bawah ini!

1. Bulan Besar

5 Bulan Baik untuk Melangsungkan Pernikahan Menurut Tradisi Jawainstagram.com/davidsalimphotography

Berdasarkan penanggalan Jawa, bulan besar biasanya bertepatan dengan jatuhnya bulan Idul Adha. Di bulan ini, para pasangan pengantin yang menikah konon akan dilimpahkan dengan rezeki, momongan, dan juga kebahagiaan yang berlimpah.

Dipercaya menjadi salah satu bulan baik untuk menikah, orang-orang jawa juga percaya bahwa pada tanggal 12, 14, dan 15 menjadi salah satu tanggal paling baik untuk menikahkan para pasangan pengantin pria dan wanita.

2. Bulan Jumadil Akhir

5 Bulan Baik untuk Melangsungkan Pernikahan Menurut Tradisi Jawainstagram.com/andienaisyah

Dalam kalender Jawa dan Hijriyah, bulan Jumadil Akhir merupakan bulan keenam yang termasuk ke dalam salah satu bulan baik untuk melangsungkan sebuah pernikahan. Pasangan pengantin yang menikah di bulan ini konon dipercaya akan senantiasa mampu melewati setiap masalah dan rintangan yang hadir ke dalam bahtera rumah tangga mereka. Tanggal 2, 10, dan 14 menjadi tanggal paling baik untuk melangsungkan pernikahan di bulan Jumadil Akhir.

3. Bulan Rajab

5 Bulan Baik untuk Melangsungkan Pernikahan Menurut Tradisi Jawainstagram.com/cacatengker

Selanjutnya adalah bulan Rajab. Bulan Rajab sendiri merupakan bulan ketujuh yang tercatat dalam penanggalan Jawa dan Hijriyah. Menikah pada bulan Rajab diyakini akan mendatangkan rezeki dan kekayaan yang berlimpah bagi para pasangan pengantin.

Selain dapat membawa kebahagiaan, menikah di bulan Rajab juga dipercaya akan mendatangkan banyak tamu undangan misalnya seperti keluarga, teman, ataupun kerabat yang nantinya akan ikut mendoakan kebahagiaan dalam berumah tangga. Berbeda dari yang sebelumnya, di bulan Rajab ternyata ada beberapa tanggal yang harus dihindari untuk menjauhkan diri dari kesialan, yaitu pada tanggal 1, 6, 11, dan 13.

Baca Juga: 7 Nilai Filosofis di Balik Pakaian Adat Pernikahan Gita & Paul

4. Bulan Ruwah

5 Bulan Baik untuk Melangsungkan Pernikahan Menurut Tradisi Jawainstagram.com/syahnazs

Bulan Ruwah atau bulan Sya'ban merupakan salah satu bulan yang sangat baik untuk melangsungkan sebuah pernikahan. Pasangan pengantin yang menikah di bulan ini konon dipercaya akan mendatangkan rezeki berlimpah, keselamatan, dan kedamaian dalam bahtera rumah tangga yang akan dijalani. Tanggal 1, 5, dan 14 menjadi tanggal terbaik untuk menikah di bulan Ruwah.

5. Bulan Syawal

5 Bulan Baik untuk Melangsungkan Pernikahan Menurut Tradisi Jawainstagram.com/vickyshu

Yang terakhir adalah bulan Syawal. Bulan Syawal menjadi salah satu bulan terbaik untuk melangsungkan sebuah pernikahan karena bertepatan dengan jatuhnya perayaan hari raya Idul Fitri.

Melangsungkan pernikahan di bulan ini konon akan mendapatkan kehidupan pernikahan yang bahagia, penuh dengan cinta, dan rezeki yang berlimpah. Untuk perihal tanggal, biasanya orang-orang Jawa akan memilih tanggal setelah perayaan hari raya Idul FItri dan sebelum berakhirnya bulan Syawal.

Jadi, itulah dia lima pilihan bulan baik untuk bisa melangsungkan sebuah pernikahan menurut penanggalan Jawa. Bagi kamu yang ingin menikah, lebih baik dicatat baik-baik, ya!

Baca Juga: 10 Mahkota Adat Pernikahan Tradisional Indonesia, Anggun & Ningrat

Topic:

  • Diana Ekawati
  • Pinka Wima

Just For You