Comscore Tracker

Ingin Bertengkar dengan Pasanganmu? Jangan Lakukan 5 Hal Ini

Bukan memperbaiki malahan memperkeruh keadaan...

Selama hidup di dunia, rasanya memang sulit untuk ideal 100 persen. Dalam suatu hubungan, apalagi sudah terikat pernikahan, kadang kamu akan melihat pasangan yang harmonis dan tak terlihat memiliki masalah. Padahal, mereka sebenarnya mempunyai masalah, namun bisa menanganinya dengan baik.

Nah, apabila kamu ada konflik dengan dia, usahakan tetap berlaku baik. Di bawah ini, ada lima hal yang bisa membuat pertengkaranmu makin runyam. Jika diterapkan, dijamin akan meninggalkan luka batin yang mendalam. Hindari, ya!

1. Melakukan kekerasan

Ingin Bertengkar dengan Pasanganmu? Jangan Lakukan 5 Hal Inihancinema.net

Mau itu kekerasan fisik atau verbal, sebaiknya tidak kamu lakukan. Dalam kondisi naik pitam, memang sulit rasanya menstabilkan emosi. Biasanya kalimat yang terlontar adalah hinaan, cacian, makian, bahkan isi kebun binatang. Jangankan masalah besar, yang kecil saja bisa membuat mulut tak bisa dikendalikan.

Belum lagi jika kamu melakukan kekerasan fisik yang bisa mencederainya. Jika dia adalah tipe orang yang tidak pernah sama sekali mendapatkan perlakuan seperti itu, percayalah dia perlahan akan menjauh darimu dan pergi membawa luka batin.

2. Mengungkit kekurangan pasangan

Ingin Bertengkar dengan Pasanganmu? Jangan Lakukan 5 Hal Inihancinema.net

Ini juga tidak dianjurkan ketika bertengkar. Masalah yang terjadi sekarang, ya, kamu perlu membahasnya sekarang. Jangan mencampuradukkan masalah yang lalu dengan saat ini. Dia akan berpikir yang lalu sudah kamu maafkan. Kalau kamu ungkit lagi, masalah yang ada bisa makin rumit dan tidak ada ujungnya.

Begitu juga dengan kekurangan yang dimiliki. Jika kamu ungkit dalam pertengkaran, hal itu hanya akan memojokkan dia dan memengaruhi perkembangan mentalnya. Jika dibiarkan, hubungan kalian akan memburuk karena tidak menemukan jalan keluarnya.

Baca Juga: 5 Alasan Humor Diperlukan dalam Suatu Hubungan, Bikin Langgeng!

3. Saling diam

Ingin Bertengkar dengan Pasanganmu? Jangan Lakukan 5 Hal Inihancinema.net

Memang tak ada yang salah dengan aksi diam. Guna berdiam diri biasanya untuk meredakan emosi yang bergejolak di dada. Namun, pertengkaran tidak bisa diselesaikan hanya dengan saling diam dalam jangka waktu yang lama, apalagi dalam berumah tangga. Bisa dibayangkan gimana suasana rumah kalau penghuninya saling diam?

4. Curhat dengan pihak ketiga

Ingin Bertengkar dengan Pasanganmu? Jangan Lakukan 5 Hal Inihancinema.net

Dalam pertengkaran yang belum menemukan solusinya, kadang ada hasrat ingin curhat ke pihak lain. Rasanya unek-unek yang mengganjal di hati bisa plong. Pihak ketiga ini bisa berupa media sosial atau orang-orang di sekeliling kamu. Namun, kamu harus hati-hati kalau curhat, ya.

Di era sekarang, beberapa orang ada yang curhat di media sosial tentang permasalahan rumah tangganya. Memang benar, tidak ada yang melarang untuk menyampaikan unek-unek. Namun, perlu diingat untuk tetap jaga nama baik pasangan kamu di media sosial, walau kamu dalam keadaan marah.

Nah, untuk curhat dengan seseorang pun juga harus berhati-hati. Pilihlah yang bisa membantumu dan bisa dipercaya, bukan memperkeruh keadaan. Bukannya buruk sangka, kadang ada tipe orang yang menginginkan hubungan kalian bubar jika tidak pandai memilih pihak ketiga.

5. Kabur

Ingin Bertengkar dengan Pasanganmu? Jangan Lakukan 5 Hal Inihancinema.net

Pertengkaran tidak akan menemukan solusi jika diselesaikan dengan cara melarikan diri. Ini sangat menyakiti hati dia, apalagi jika sudah terikat dalam hubungan yang sakral. Kabur sampai waktu yang tidak ditentukan bukanlah keputusan yang bijak, sekalipun dengan menghapus jejak dari media sosial. Dia dan keluargamu akan kesulitan mencari kamu.

Nah, itu tadi lima hal yang tidak etis dilakukan saat bertengkar. Bukan memperbaiki keadaan, justru akan memperkeruh. Sebaiknya, ambil waktu sejenak untuk meredam emosi yang mendidih dan komunikasikan secara baik-baik dengan pasanganmu. 

Baca Juga: Waspadai Kehadiran Orang Ketiga dalam Hubungan! Ini 5 Tips Mencegahnya

Dyan Yudhistira Photo Community Writer Dyan Yudhistira

IG: @dyanyudhis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You