Comscore Tracker

5 Hal yang Gak Perlu Dilakukan Saat Jalani LDR, Bikin Banyak Drama!

Katanya mau langgeng, kok ribut melulu?

Jadi pasangan yang dipisahkan jarak memang berat. Di saat orang lain bisa semaunya bertemu, kamu dan dia harus memperhitungkan banyak hal untuk bertatap muka. Setiap harinya selalu ada saja masalah yang harus dihadapi, sampai-sampai ingin akhiri hubungan sampai di sini. 

Padahal kalau diingat-ingat, masalah yang sering bikin pasangan LDR ribut itu sepele, kok. Biar lebih tenang, yuk, ajak pasanganmu introspeksi diri bersama dan belajar hindari lima hal ini. Katanya mau langgeng sampai pernikahan, kok ribut melulu?

1. Melarang dia berteman dengan lawan jenis sampai cemburu buta? Duh, yakin kamu sudah dewasa?

5 Hal yang Gak Perlu Dilakukan Saat Jalani LDR, Bikin Banyak Drama!ilustrasi pasangan (unsplash.com/@jonathanborba)

Mana nih yang menganut kepercayaan 'cemburu itu tanda cinta'? It's was so yesterday, lah! Apalagi cemburu yang sampai membatasi kebebasan pasangan dengan melarangnya berteman dengan lawan jenis hanya demi memberi makan ego. 

Cemburu yang berlebihan justru akan membuat dia merasa terbatasi ruang gerak maupun ruang sosial. Pun buat dirimu, justru bikin hati gak tenang. Tenang, kalau pasanganmu baik, tanpa diminta ia akan jaga kesetiaan, kok.

2. Gak perlu pasang aplikasi pelacak di ponsel pasangan, itu justru bikin dia makin jauh darimu

5 Hal yang Gak Perlu Dilakukan Saat Jalani LDR, Bikin Banyak Drama!ilustrasi pasangan (unsplash.com/@jonathanborba)

Ada banyak cara memang untuk memantau gerak-gerik pasangan sejak teknologi kian maju. Mulai dari minta foto, video call, memasang penyadap dan aplikasi berbagi lokasi supaya bisa mengatahui ke mana saja pasangan melangkah.

Kalau kamu adalah salah satu yang melakukannya, yuk, berhenti mulai dari sekarang? Bukannya bikin pasangan jadi setia, tapi tindakan toxic ini malah menjadikannya gak leluasa. Ia akan merasa dimata-matai, padahal kegiatannya selama ini pun gak jauh-jauh dari bekerja dan bersosialisasi selayaknya orang biasa. 

Baca Juga: 5 Tips Lewati Masa-masa Rindu saat LDR dengan Penuh Cinta

3. Susah bertemu bukan jadi alasan untuk bisa bertengkar melulu

5 Hal yang Gak Perlu Dilakukan Saat Jalani LDR, Bikin Banyak Drama!ilustrasi pasangan (unsplash.com/@jonathanborba)

Iya, paham kok rasanya kangen karena sudah berbulan-bulan gak ketemu. Yang awalnya komunikasi rajin, kini gak seperti awal pacaran karena kesibukan masing-masing. Boro-boro video call, pesan dibalas saja rasanya sudah senang. 

Gak masalah kok untuk lebih sering mengalah, meredam ego dan rindu, juga berusaha lebih pengertian. Malah kalau kamu marah saat ia sedang sibuk, atau dia memilih menghilang saat kamu jengkel, urusan akan jadi runyam. Saling sadar diri bahwa keputusan LDR demi masa depan yang lebih baik, makanya usaha harus dikuatkan lagi. 

Tenangkan hati dan berusaha tekan emosi, jangan sampai sudah susah bertemu, kalian jadi ribut besar dan mengorbankan hubungan. 

4. Sengaja membuat pasangan cemburu demi dapatkan bukti cinta itu nggak lucu

5 Hal yang Gak Perlu Dilakukan Saat Jalani LDR, Bikin Banyak Drama!ilustrasi pasangan (unsplash.com/@jonathanborba)

Pasang status Whatsapp tengah makan berdua dengan teman lawan jenis, sok sibuk nongkrong dengan teman-temann, sampai membandingkan antara pacar yang jarang ada dengan teman yang selalu setia itu bukan langkah curi perhatian yang elegan. Boleh kok main kode-kodean saat rindu, tapi sengaja bikin cemburu bukan hal yang lucu. 

Niatmu mungkin hanya ingin melihat bagaimana ekspresinya atau apa yang akan dilakukannya jika kamu bertingkah seperti ini. Namun, jaga kepercayaan dan hati masing-masing jauh lebih diutamakan dari apapun. Gak enak tahu cemburu itu!

5. Memaksa kirim foto atau video sebagai bukti, malah bikin hubunganmu penuh emosi

5 Hal yang Gak Perlu Dilakukan Saat Jalani LDR, Bikin Banyak Drama!ilustrasi pasangan (unsplash.com/@beccatapert)
Kamu di mana, beb? 
Ini lagi di kampus, beb. 
Ah, yang bener? Coba foto sekarang!

Duh, ngaku deh kalau kamu masih lakukan hal yang seperti ini. Dikit-dikit minta pap atau kirim video sebagai bukti kalau apa yang dikatakan pacarmu adalah jujur. Selain jadi tanda kalau kamu adalah orang yang gak gampang percaya, hubunganmu jadi gak sehat karena bikin si dia jadi tertekan.

Lagipula, jika memang dia peselingkuh, akan selalu ada jalan baginya untuk membohongimu walau rajin kirim foto bahkan video. Jalani hubungan jarak jauh memang tidak segampang kata pujangga. Namun bukan berarti kamu bisa bertingkah seenaknya dan mempererat tali kekang ke pasangan. Sebab, hubungan yang dewasa adalah tetap membebaskan dan memberi kepercayaan penuh. 

Baca Juga: 5 Langkah Bijak Menyikapi Pasangan yang Jarang Komunikasi saat LDR

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya