Comscore Tracker

Ketahui 5 Kriteria Menantu Idaman Mertua, Pastikan Kamu Termasuk!

Yuk, pantaskan diri!

Begitu memutuskan untuk menikah dengan pasanganmu, artinya kamu sudah siap menerima dunianya juga. Bukan hanya pasanganmu, kamu juga harus menerima keluarganya beserta segala nilai-nilai mereka.

Salah satu masalah yang kerap dialami pasangan menikah adalah hubungan yang tidak akur dengan mertua. Perlu kamu ketahui, hubungan yang baik antara mertua dan menantu didapatkan dengan saling berusaha dan mencocok-cocokan satu sama lain. Sebagai pihak yang lebih muda, tidak ada salahnya kamu memulai lebih dulu untuk melakukan pendekatan dan menjadikan dirimu sosok menantu yang diinginkan mertua.

Memang, tiap keluarga memiliki tipe menantu idaman yang berbeda-beda, tapi secara umum inilah kriteria menantu idaman kebanyakan mertua.

1. Sayang pada orangtua

Ketahui 5 Kriteria Menantu Idaman Mertua, Pastikan Kamu Termasuk!Unsplash.com/Hian Oliveira

Setiap orangtua tentunya ingin memiliki menantu yang bukan hanya menyayangi anaknya tapi juga mereka sebagai mertua. Bagaimana cara mereka mengetahui hal tersebut? Tentunya dengan melihat bagaimana sikap calon menantu terhadap orangtuanya sendiri.

Anak yang terbiasa bersikap baik dan menyayangi orangtuanya harapannya juga akan mampu menyayangi mertua sama seperti orangtuanya. Sebaliknya, anak yang tidak menunjukkan rasa hormat dan sayang pada orangtuanya sendiri akan sulit bersikap baik terhadap mertua.

2. Luwes dan bisa membawa diri

Ketahui 5 Kriteria Menantu Idaman Mertua, Pastikan Kamu Termasuk!pexels.com/Nicole Michalou

Sedekat apa pun kamu dengan pasanganmu, tapi keluarga pasangan tetaplah orang asing. Sehingga, begitu kamu mencoba mengenal keluarganya, mungkin ada rasa canggung dan kaget saat mengetahui kebiasaan-kebiasaan dalam keluarga.

Kamu merupakan sosok menantu idaman mertua jika bisa memahami perbedaan tersebut dan berusaha beradaptasi dengan kebiasaan di sana. Kamu menunjukkan keinginan untuk membaur dan membawa diri tanpa kehilangan nilai-nilaimu yang sesungguhnya. Kalau sudah begini, mertua tentu akan menerima kamu dengan baik

Baca Juga: Walau Dikecewakan, Ini 5 Tanda Kamu Pribadi yang Luwes dan Pemaaf

3. Bisa berkompromi dan menurunkan ego

Ketahui 5 Kriteria Menantu Idaman Mertua, Pastikan Kamu Termasuk!pexels.com/Andrea Piacquadio

Karena dibesarkan dengan nilai-nilai yang berbeda, tentunya akan ada banyak perbedaan pendapat antara kamu dan pasangan nantinya setelah menikah. Inilah pentingnya belajar mengalah dan menekan ego untuk berkompromi dengan keinginan pasangan.

Tanpa kemampuan untuk menurunkan ego, bukan tidak mungkin akan ada banyak keributan dalam rumah tangga kalian. Orangtua dan mertua tentunya ingin jika kehidupan rumah tangga anak-anaknya akur dan jauh dari pertengkaran. Karenanya, mertua pastinya ingin melihat kemampuanmu dalam menurunkan ego dari sekarang.

4. Mampu menjaga perasaan mertua

Ketahui 5 Kriteria Menantu Idaman Mertua, Pastikan Kamu Termasuk!pexels.com/Daria Shevtsova

Bagaimanapun, mertua telah mendidik dan membesarkan pasanganmu. Sedangkan kamu datang di saat anak mereka sudah 'jadi'.

Mertua akan sangat berterima kasih jika kamu bisa menjaga perasaan mereka dengan tidak membuat mereka merasa kamu telah 'mencuri' anaknya. Caranya, rajin mengunjungi mereka jika memungkinkan, biarkan pasanganmu menunjukkan baktinya pada mereka, sering-sering memberikan hadiah, dan bersikap baik pada mereka.

5. Bisa memenuhi kebutuhan pasangan

Ketahui 5 Kriteria Menantu Idaman Mertua, Pastikan Kamu Termasuk!pexels.com/Jack Sparrow

Orangtua mana pun tidak akan mau melepas anaknya ke tangan orang yang salah. Supaya mertuamu bisa percaya padamu, kamu harus bisa membuktikan bahwa anak mereka akan bahagia bersamamu.

Untuk laki-laki, tunjukkan bahwa kamu mau bekerja keras, bertanggung jawab, dan berusaha mencukupi kebutuhan pasanganmu. Untuk perempuan, tunjukkan bahwa kamu bisa menjadi istri yang berbakti dan mengurus pasanganmu dengan baik. Dengan begitu, mertua akan rela melepaskan anaknya padamu.

Dengan berusaha menjadikan dirimu memiliki semua kualitas di atas, dijamin mertua akan menyayangi kamu layaknya anak mereka sendiri dan banyak membanggakan kamu. Jadi, yuk pantaskan diri!

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Hubungan Baik dengan Mertua agar Akur, Menantu Idaman!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya