Comscore Tracker

Jangan Dipaksakan! 5 Tanda Kamu Perlu Menjomlo untuk Sementara Waktu

Hidup gak melulu soal pacaran

Bagi sebagian individu, melajang dianggap sebagai keadaan alami dan sepenuhnya merasa baik-baik saja dengan keadaan tersebut. Tapi, sebagian yang lain merasa terobsesi berada dalam suatu hubungan. Pilihan untuk menjalin hubungan atau melajang sepenuhnya berada di tanganmu.

Keduanya juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Misalnya, saat menjalin hubungan, kamu belajar untuk mengalah dan menghargai orang lain. Dan saat melajang, kamu jadi bisa lebih fokus mengembangkan diri dan mengejar apa yang kamu cita-citakan.

Tapi, jika kamu merasakan hal ini, inilah waktunya untuk beristirahat dari pacaran dan menjomlo setidaknya untuk beberapa waktu.

1. Kamu sulit menghilangkan sikap egois

Jangan Dipaksakan! 5 Tanda Kamu Perlu Menjomlo untuk Sementara Waktupexels.com/Andrea Piacquadio

Perlu kamu sadari, dalam suatu hubungan, kamu harus banyak berkompromi. Dan jika selama ini kamu masih memiliki sikap egois yang menginginkan segala sesuatunya adalah tentangmu dan berjalan sesuai dengan keinginanmu, sebaiknya kamu tidak menjalin hubungan terlebih dahulu demi menghindari drama dalam hubungan.

Jika kamu merasa berhak atas semua hal yang kamu inginkan dalam hidup, itu artinya kamu masih belum cukup dewasa. Alih-alih mencari pasangan yang bersedia mengalah dan memberikan apa yang kamu inginkan, sebaiknya kamu gunakan waktu tersebut untuk menjomlo sementara waktu sambil terus belajar bahwa hidup tidak akan memberikan semua yang kamu inginkan.

Kamu harus berusaha untuk mendapatkan hal-hal yang kamu inginkan, dan berkomitmen pada tujuanmu. Jika kamu belum menyadarinya, berarti kamu belum cukup dewasa untuk menjalin hubungan.

2. Satu-satunya alasan untuk menjalin hubungan adalah karena kamu menyimpan rasa cemburu

Jangan Dipaksakan! 5 Tanda Kamu Perlu Menjomlo untuk Sementara Waktuunsplash.com/Rafael Leão

Kecemburuan tidak seharusnya menjadi sumber motivasi untuk apa pun. Jika satu-satunya alasan kamu ingin menjalin hubungan adalah merasa cemburu karena teman-temanmu sudah memiliki kekasih atau iri saat melihat mantan bahagia dengan pasangan barunya, maka motivasimu ini sangat tidak tepat.

Keinginan untuk menjalin hubungan seharusnya menjadi pengalaman sosial alami yang tidak dipaksakan atau didorong oleh rasa cemburu. Menjalin hubungan atas dasar gengsi kemungkinan tidak akan berjalan dengan baik.

Baca Juga: 5 Tips agar Kamu Terbiasa dengan Status Jomlo, Langsung Nyaman!

3. Ada hal lain dalam hidup yang perlu diprioritaskan

Jangan Dipaksakan! 5 Tanda Kamu Perlu Menjomlo untuk Sementara Waktuunsplash.com/Jonatas Domingos

Terkadang ada hal-hal lain dalam hidup yang lebih penting untuk dipikirkan daripada menemukan seseorang untuk menjalin hubungan. Mungkin kamu sedang sibuk membangun karier, ingin memulihkan kesehatan, atau memiliki anggota keluarga yang membutuhkan perhatian penuh.

Sebenarnya, perlu tidaknya memiliki hubungan dalam situasi seperti ini sepenuhnya bergantung pada dirimu sendiri. Tapi terkadang, lebih baik melajang selama beberapa saat hingga beberapa hal dapat ditangani.

4. Memiliki masalah kepercayaan atau trauma masa lalu

Jangan Dipaksakan! 5 Tanda Kamu Perlu Menjomlo untuk Sementara Waktupexels.com/Rafael Barros

Jika kamu memiliki trauma masa lalu yang belum ditangani, secara naluriah mungkin kamu akan cenderung menjaga jarak dan menghindari hubungan yang dekat karena ketakutan akan disakiti lagi. Perlu kamu ketahui, ini adalah masalah dalam suatu hubungan.

Jadi, alih-alih membangun hubungan dengan harapan dapat menghilangkan trauma yang kamu alami. Kamu harus mengatasi masalahmu terlebih dahulu, menyadari masalah kepercayaanmu, paham bagaimana hal itu akan memengaruhi hubungan, dan memiliki rencana untuk secara aktif mengatasinya sebelum menjalin hubungan.

5. Kamu merasa malu dengan status lajang

Jangan Dipaksakan! 5 Tanda Kamu Perlu Menjomlo untuk Sementara Waktuunsplash.com/Ernest Brillo

Hanya karena sering disinggung oleh orang-orang di sekitarmu perihal statusmu, bukan berarti kamu lantas merasa malu menjadi lajang dan bertekad menjalin hubungan dengan siapapun yang memberikan kesempatan. Padahal, malu menjadi lajang adalah bukti bahwa kamu belum cukup dewasa untuk mengembangkan harga diri bagi dirimu sendiri.

Akhir kata, memiliki pasangan tidak harus menjadi prioritas dalam hidup setiap saat. Keinginan untuk menjalin hubungan seharusnya berakar dari hati dengan pertimbangan matang, bukan paksaan. So, your life, your rules!

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Status Jomlo Kamu Semakin Akut, Hati-hati Lho!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya